Tokopedia dan ShopTokopedia Rayakan Hari Batik dengan Tingkatkan Penghasilan UMKM

Jakarta, Kirani – Merayakan Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober, Tokopedia dan ShopTokopedia menunjukkan komitmennya untuk terus membantu UMKM lokal batik memulai dan membangun bisnis di era digital serta meningkatkan tren belanja online fashion termasuk batik melalui berbagai inisiatif. Misalnya, dengan mengedepankan kampanye khusus produk fashion termasuk batik, seperti Tokopedia Fashion dan Selasa Bergaya.

Fashion Apparel and Campaign Senior Director Tokopedia and TikTok E-commerce, Desey Muharlina Bungsu, menyebutkan bahwa kampanye-kampanye tersebut, termasuk juga Beli Lokal, bertujuan meningkatkan transaksi produk lokal, termasuk batik dari UMKM, dan Pasar Berdaya Digital, untuk mempercepat digitalisasi pedagang produk fashion di sejumlah pasar di Indonesia agar produk mereka makin mudah diakses oleh lebih banyak pembeli.

“Kami pun konsisten meningkatkan kapasitas dan kapabilitas perajin batik di berbagai wilayah di Indonesia agar memiliki daya saing lebih tinggi dan produk yang makin diminati lewat Melokal Dengan Batik,” jelas Desey.

Baca juga: ‘Senin Selasa Stylish’ Dari Tokopedia Untuk Tampil Cantik di Musim Kemarau

Desey Muharlina Bungsu – Fashion Apparel and Campaign Senior Director Tokopedia and TikTok E-commerce

Melokal Dengan Batik dongkrak transaksi UMKM batik

“Lewat Melokal Dengan Batik, Tokopedia dan ShopTokopedia–bersama pemerintah, kreator konten, dan berbagai instansi–berupaya meningkatkan kapasitas dan kapabilitas perajin batik untuk menghidupkan ekonomi lokal di era digital. Inisiatif ini dimulai awal tahun 2024 dan mengintegrasikan sejumlah inisiatif kunci, antara lain: akselerasi digitalisasi UMKM lokal batik, halaman khusus, shoppertainment batik, dan peningkatan kapasitas produksi UMKM lokal batik,” papar Desey.

Menurutnya, Tokopedia dan ShopTokopedia telah memberdayakan lebih dari 550 perajin batik di Yogyakarta, Solo, dan Pekalongan; 50%nya bergabung dengan ShopTokopedia. Di sisi lain, ada ribuan penjual baru batik yang bergabung di Tokopedia selama dua minggu pertama peluncuran kampanye. Penjual yang berpartisipasi di Melokal Dengan Batik mengalami rata-rata kenaikan transaksi lebih dari 90%. (sumber: ShopTokopedia, data 25 Januari-7 Februari 2024).

Melalui Tokopedia Fashion dimana Tokopedia dan ShopTokopedia memberikan etalase khusus bagi brand fashion termasuk batik, serta menghadirkan diskon Rp500.000 dan flash sale 90%, penjualan di sejumlah wilayah mengalami peningkatan tinggi. Begitu pula dengan kampanye Selasa Bergaya dimana para pembeli akan menemukan penawaran menarik dari berbagai brand fashion bahkan diskon hingga 90%.

Kenaikan transaksi yang cukup tinggi di sejumlah daerah seperti Jepara, Cirebon, dan Ciamis, juga terjadi dengan adanya kampanye Beli Lokal. Selain itu ada juga Pasar Berdaya Digital yang fokus memberdayakan pedagang dari kategori produk fashion termasuk batik. Dimulai sejak Agustus 2024 di Pasar Tanah Abang, Jakarta, dan Pasar Beringharjo, Yogyakarta, sampai saat ini Pasar Berdaya Digital telah memberikan pelatihan bisnis online kepada ratusan pedagang produk fashion.

Baca juga: Serunya Belajar Meracik Parfum Bersama Tokopedia

Koleksi Oemah Etnik (OE)

Inisiatif Tokopedia dan ShopTokopedia tingkatkan tren belanja online

Selain berdampak positif bagi penjual, inisiatif Tokopedia dan ShopTokopedia, yaitu Melokal Dengan Batik, Tokopedia Fashion, Selasa Bergaya, Beli Lokal, dan Pasar Berdaya Digital, juga berkontribusi meningkatkan tren belanja online fashion termasuk batik.

Misalnya, berkat Melokal Dengan Batik di Tokopedia, ada beberapa produk batik dengan kenaikan tertinggi nilai transaksi, antara lain: jaket, syal, blouse, dengan rata-rata lebih dari 1,5 kali lipat. Sedangkan dengan adanya Melokal Dengan Batikdi ShopTokopedia, terdapat beberapa produk batik dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi, antara lain: kain, kemeja, dan sarung, dengan rata-rata lebih dari 3 kali lipat.

Di sisi lain, Tokopedia Fashion membuat sejumlah produk fashion, seperti aksesoris wanita (contoh: kalung dan gelang), sneakers, dan kaos, menjadi produk paling laris pada kuartal III 2024. Sedangkan melalui Selasa Bergayadi Tokopedia, sejumlah produk fashion paling laris pada bulan September 2024 antara lain: kaos, sneaker dan blouse muslim.

Baca juga: Rekomendasi Tampil Cantik dan Modis di Hari Batik dari Tokopedia

Koleksi Nona Rara

Beli Lokal di samping itu memungkinkan masyarakat mendapatkan produk dari brand lokal terkurasi dengan penawaran menarik, dan memberikan dampak positif terhadap tren belanja online di Indonesia. Dan lewat Pasar Berdaya Digital, masyarakat bisa lebih mudah mengakses produk dari para pedagang di Pasar Tanah Abang, Jakarta, dan Pasar Beringharjo, Yogyakarta.

“Lewat berbagai inisiatif yang telah dilakukan Tokopedia dan ShopTokopedia bersama para mitra strategis, kami berharap akan lebih banyak lagi brand fashion lokal–khususnya batik–yang merasakan kemudahan dan manfaat berbisnis online, serta makin banyak masyarakat yang bangga menggunakan produk fashion lokal termasuk batik,” tutup Desey.

Baca juga: Festival Beli Lokal –  Upaya Tokopedia Dukung UMKM Lokal Menjadi Penopang Ekonomi Digital

Baca juga: Manjakan Pelanggan, Tokopedia Luncurkan Fitur ‘Ambil di Tempat’

Teks: Setia | Foto: Tokopedia