Festival Beli Lokal –  Upaya Tokopedia Dukung UMKM Lokal Menjadi Penopang Ekonomi Digital

Jakarta, Kirani – Teriknya matahari tak menyurutkan minat para pembeli untuk menemukan barang-barang incaran mereka  di Festival Beli Lokal. Acara yang dilangsungkan pada 24-25 Agustus 2024 di Plaza Timur Senayan, Jakarta ini digelar dalam rangka merayakan HUT ke-15 Tokopedia bersama ShopTokopedia.

Menghadirkan ratusan merek lokal dari beragam industri dan wilayah di Indonesia, pengalaman belanja online-to-offline, serta sejumlah musisi ternama tanah air, acara ini bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital dengan memperkuat UMKM lokal.

President Director of Tokopedia and TikTok E-commerce, Melissa Siska Juminto, mengungkapkan, “UMKM dalam negeri adalah tulang punggung ekonomi. Pertumbuhan ekonomi baru dapat diakselerasi jika kita bisa merespon peluang baru melalui pemanfaatan teknologi dengan cara baru, serta berbagai inovasi. Maka selain mengadakan Festival Beli Lokal, Tokopedia dan ShopTokopedia akan terus berupaya membantu lebih banyak pelaku usaha khususnya UMKM lokal memaksimalkan pemanfaatan konten video termasuk live streaming untuk membangun brand, memperluas pasar, dan meningkatkan penjualan.”

Baca juga: Kampanye Tokopedia Coffee Fest Dongkrak Penjualan Pelaku UMKM Kopi

Melissa juga menyampaikan bahwa Tokopedia dan ShopTokopedia mengadakan sederet pelatihan untuk membuat penjual makin fasih membuat konten video promosi, karena para penjual yang melakukan live shopping di ShopTokopedia rata-rata mengalami kenaikan penjualan hampir 7 kali lipat. Tokopedia dan ShopTokopedia juga telah berkolaborasi bersama sederet menteri dan pemerintah terkait lainnya untuk mempromosikan produk lokal melalui live shopping.

Tokopedia dan ShopTokopedia di sisi lain melakukan beragam program pemberdayaan seperti membantu petani kopi meningkatkan kualitas dan nilai jual biji kopi. Pada Juli 2024, Tokopedia dan ShopTokopedia mengedukasi 1.000 petani kopi di Lahat, Sumatra Selatan. Selain itu, pemberdayaan perajin batik melalui dukungan dari hulu ke hilir, mulai dari pemberian mesin cetak dan pengering, desain baru, promosi digital menyeluruh, hingga akses ke pinjaman modal. Sejak Januari 2024, kampanye ini sukses memberdayakan lebih dari 550 perajin batik di Solo, Yogyakarta, dan Pekalongan; 50%nya bergabung dengan ShopTokopedia. Ada ribuan penjual batik baru yang bergabung di Tokopedia selama dua minggu pertama peluncuran kampanye.

Baca juga: Senin Selasa Stylish Dari Tokopedia Untuk Tampil Cantik di Musim Kemarau

Beli Lokal Tokopedia dan ShopTokopedia buat transaksi naik 9 kali lipat

Beli Lokal merupakan kampanye Tokopedia dan ShopTokopedia yang diluncurkan pada momen 12.12 tahun 2023 bersama pemerintah, untuk meningkatkan eksistensi produk dan brand lokal. Kolaborasi tersebut berhasil mendongkrak transaksi sejumlah kategori produk lokal hingga 19 kali lipat.(Sumber: Tokopedia, transaksi harian bulan Desember 2023 dibandingkan November 2023).

Sejumlah wilayah mengalami kenaikan tertinggi jumlah transaksi melalui kampanye Beli Lokal di Tokopedia, yaitu: Jepara (Jawa Tengah), Cirebon (Jawa Barat), dan Ciamis (Jawa Barat), dengan rata-rata peningkatan jumlah transaksi hampir 2 kali lipat. Di Tokopedia, beberapa produk dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi melalui kampanye Beli Lokal, antara lain: popok, hampers, dan aksesoris kamera dengan rata-rata peningkatan jumlah transaksi hampir 9 kali lipat. (Sumber: Tokopedia, Semester I 2024 dibandingkan Semester II 2023)

Sejumlah wilayah mengalami kenaikan tertinggi jumlah transaksi melalui kampanye Beli Lokal di ShopTokopedia, yaitu: Sumatra Selatan, Sulawesi Barat, dan Kalimantan Selatan. Di ShopTokopedia, beberapa produk dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi melalui kampanye Beli Lokal, antara lain: parfum, deodoran, dan hijab, dengan rata-rata peningkatan jumlah transaksi lebih dari 3,5 kali lipat. (Sumber: ShopTokopedia, Mei 2024 dibandingkan Januari 2024).

Baca juga: Produk Fashion dan Groceries di Tokopedia Laris Manis Pada Ramadan-Lebaran 2024

Teks: Setia  | Foto: Tokopedia