Jakarta, Kirani – Perkembangan industri kosmetik Indonesia semakin pesat, dengan komposisi 95% pelaku usaha kosmetik lokal merupakan Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang mampu menyerap tenaga kerja sekitar 59.886 orang pada tahun 2022, mendorong Tokopedia dan ShopTokopedia untuk memberikan panggung seluas-luasnya kepada pelaku usaha, termasuk di kategori Kecantikan, Kesehatan dan Perawatan Tubuh, agar bisa menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia.
“Demi mendukung perkembangan pelaku usaha kategori produk Kecantikan, Kesehatan dan Perawatan Tubuh, Tokopedia dan ShopTokopedia menggelar ‘For You Beauty Fair’. Kampanye ini berlangsung secara offline pada 6-8 September 2024 di Laguna Atrium, Central Park Mall dan online pada 2-8 September 2024 di aplikasi Tokopedia dan ShopTokopedia pada aplikasi TikTok,” jelas Communications Senior Lead Tokopedia and TikTok E-commerce, Rizky Juanita Azuz.
Kampanye online dan offline For You Beauty Fair menghadirkan puluhan pelaku usaha terutama brand lokal dari industri kecantikan, kesehatan, dan perawatan tubuh, termasuk Facetology, Somethinc, Crusita, H&H Skincare, NPURE, True to Skin, Iswhite, ESQA Cosmetics, Emina Cosmetics, Guèle Cosmetics, Noera by Reisha, Madame Gie Cosmetics, Kahf dan banyak lagi.
“Dari deretan pelaku usaha yang berpartisipasi dalam kampanye online dan offline For You Beauty Fair yang digelar oleh Tokopedia dan ShopTokopedia, masyarakat bisa mendapatkan berbagai produk kecantikan, kesehatan dan perawatan tubuh seperti foundation, cushion, facial wash, lipstick, serum, toner, multivitamin, dan masih banyak lagi,” tambah Rizky.
Beragam aktivitas juga dapat diikuti pengunjung pada kegiatan offline For You Beauty Fair, seperti hair styling demo, beauty talk show, make up class, live streaming di booth ShopTokopedia serta keseruan lainnya yang melibatkan banyak influencer serta kreator konten favorit masyarakat.
Selama acara berlangsung, masyarakat juga bisa memanfaatkan berbagai promo, seperti flash sale hingga 90%, diskon besar-besaran serta beragam hadiah menarik bagi Top Spender dan games seperti Spin The Wheel.
Baca juga: Tokopedia Ungkap Tren Belanja Online Produk Kecantikan Sepanjang 2023
Tokopedia dan ShopTokopedia Rutin Dorong Pertumbuhan UMKM Lokal Industri Kecantikan dan Perawatan Tubuh
Selain menggelar kampanye For You Beauty Fair, Tokopedia dan ShopTokopedia juga secara konsisten memberikan panggung khusus bagi pelaku usaha lokal di kategori Kecantikan dan Perawatan Tubuh, lewat kampanye rutin Tokopedia Beauty, dan menyelenggarakan ajang penghargaan tahunan Tokopedia Beauty Awards agar produk kecantikan dan perawatan tubuh lokal menjadi pilihan masyarakat Indonesia.
Ada pula kampanye Beli Lokal yang mengusung brand lokal dari berbagai kategori agar menjadi pilihan utama masyarakat. “Kampanye Beli Lokal terbukti membantu mendongkrak penjualan. Contohnya, kategori Kecantikan dan Perawatan Tubuh mengalami kenaikan jumlah transaksi hampir 1,5 kali lipat lewat kampanye Beli Lokal di Tokopedia,” jelar Rizky.
Sedangkan di ShopTokopedia, yang bisa ditemukan dalam aplikasi TikTok, tercatat deretan produk yang paling diburu masyarakat di berbagai kategori lewat kampanye Beli Lokal. Misalnya, dalam kategori Kecantikan di ShopTokopedia, produk-produk yang terlaris adalah moisturizer atau pelembab wajah, masker wajah, lipstick dan lipgloss, sunscreen atau krim tirai matahari, dan parfum.
“Agar belanja harian masyarakat semakin hemat, Tokopedia dan ShopTokopedia mengadakan Promo Guncang 9.9 dengan Flash Sale Rp9.000 yang berlangsung setiap hari sampai tanggal 9 September 2024, Bebas Ongkir. Ada pun berbagai promo menarik lainnya, termasuk diskon 99% untuk pembayaran tagihan,” ujar Rizky.
Baca juga: Serunya Belajar Meracik Parfum Bersama Tokopedia
Tren Belanja Online Produk Kecantikan dan Perawatan Tubuh selama Kuartal II 2024
Melalui berbagai inisiatif yang dilakukan, Tokopedia dan ShopTokopedia mendorong pertumbuhan penjualan para pelaku usaha di berbagai daerah di Indonesia, dan turut berkontribusi pada tren belanja online masyarakat sekaligus perekonomian tanah air.
“Di Tokopedia sendiri, khususnya pada kategori Kecantikan, beberapa produk yang terlaris selama kuartal II 2024 adalah krim wajah, toner, cleanser, serum wajah hingga krim tirai matahari. Sedangkan di ShopTokopedia pada kategori Kecantikan, serum, pelembap wajah, masker wajah, lipstick dan paket skincare adalah beberapa produk yang paling diburu masyarakat,” tutur Rizky.
Di sisi lain, Tokopedia mencatat sejumlah wilayah yang mengalami peningkatan tertinggi penjualan produk kecantikan dan perawatan tubuh sepanjang kuartal II 2024 dibandingkan kuartal II 2023, antara lain Lampung, Sumatra Selatan, Jawa Tengah, Jawa Timur dan D.I. Yogyakarta, dengan rata-rata kenaikan lebih dari 1,5 kali lipat.
“Sementara di ShopTokopedia selama kuartal II 2024, sejumlah wilayah yang mengalami peningkatan tertinggi penjualan produk kecantikan dan perawatan tubuh yaitu Sumatra Selatan, Lampung Jawa Timur, Bali hingga Nusa Tenggara Barat dengan rata-rata kenaikan lebih dari 3 kali lipat,” tutup Rizky.
Baca juga: ‘Senin Selasa Stylish’ Dari Tokopedia untuk Tampil Cantik di Musim Kemarau
Teks: Adhisty | Foto: youngster.id