Wow! Serial Musikal Nurbaya Dapat Penghargaan PR Awards 2022 di Singapura!

Jakarta, Kirani – Teman-teman tentu masih ingat dengan Serial Musikal Nurbaya yang sempat menghibur dan menemani kita beberapa waktu lalu, di saat kita tak bisa keluar rumah karena angka penderita Covid-19 di Indonesia masih tinggi.

Serial musikal persembahan www.indonesiakaya.com bekerja sama dengan Garin Nugroho, kelompok Teater Musikal Nusantara (TEMAN), dan BOOW Live yang diproduksi dan ditayangkan pada 2021 lalu mengemas cerita legendaris dari novel Sitti Nurbaya: Kasih Tak Sampai karya Marah Rusli dalam sebuah suguhan yang merupakan kombinasi dari keindahan visual, akting dan koreografi mumpuni, juga balutan komposisi musik yang ear catchy.

Dan, Serial Musikal Nurbaya ini juga berhasil mendapatkan penghargaan BRONZE pada kategori Best PR Campaign: Entertainment dalam acara MARKETING-INTERACTIVE PR AWARDS 2022 yang diselenggarakan di Ballroom Shangri-La Singapura, pada Jumat (13/5) yang lalu.

Pembacaan kategori dan pemberian penghargaan dilakukan oleh Leslie Chong, Vice President Corporate Affairs Suntory Beverage & Food Asia Pacific dan diterima langsung oleh Renitasari Adrian, Program Director www.indonesiakaya.combeserta tim produksi Serial Musikal Nurbaya.

“Penghargaan ini merupakan kabar baik sekaligus kebanggaan karena untuk pertama kalinya produksi ini diikutsertakan dalam kompetisi internasional dan berhasil menorehkan prestasi. Ini merupakan hasil dukungan para pekerja seni, rekan media serta para penikmat seni yang telah menyaksikan tayangan ini lebih 20 juta kali di Youtube Indonesia Kaya. Ini juga menjadi pendorong bagi kami untuk terus menyajikan tayangan yang mengangkat berbagai kekayaan budaya Indonesia dengan kemasan unik dan kreatif sehingga semakin menarik minat masyarakat untuk terus mendukung dan mencintai budaya Indonesia,” ujar Renitasari Adrian.

MARKETING-INTERACTIVE PR AWARDS 2022 ini merupakan penghargaan definitif bagi praktisi PR di seluruh kawasan Asia Tenggara, Asia Selatan, dan Australia – New Zealand. Untuk tahun ini, ada 42 kategori yang dinilai oleh juri independen yang terdiri dari pemimpin industri dan pakar komunikasi senior. Acara ini telah digelar selama lebih dari satu dekade oleh MARKETING-INTERACTIVE, sebuah perusahaan periklanan, pemasaran, dan intelijen media terkemuka di Asia yang menjangkau seluruh Singapura, Hong Kong, Malaysia, Filipina, Indonesia, dan Thailand.

Sedangkan Best PR Campaign: Entertainment  merupakan kategori yang melibatkan anggota media untuk meningkatkan kesadaran akan produk entertainment (hiburan) yang dapat mencakup film, acara TV, musik, konser, buku, surat kabar, acara olahraga, dan sebagainya. Dalam kategori ini, juri akan melihat peran dan kontribusi komunikasi dalam strategi kampanye yang mampu menguraikan elemen kreatif dan inovatif, eksekusi yang sukses, dan mampu membuktikan kemampuan kampanye untuk meningkatkan kesadaran publik di media.

Diadaptasi dari novel Sitti Nurbaya: Kasih Tak Sampai karya Marah Rusli, serial ini diproduksi dengan kemasan baru tanpa meninggalkan unsur kedaerahan masyarakat Minang. Ada keseruan tersendiri dalam produksi serial musikal ini. Diawali dengan pencarian para seniman muda berbakat Indonesia sejak Desember 2020 melalui program online Mencari Siti, diikuti oleh 800 peserta dan kemudian terpilih 28 peserta dari Jakarta, Padang, Bandung, Malang, dan Mataram, setelah melewati dua tahap audisi.

Serial Musikal Nurbayayang terdiri dari 6 episode ini menampilkan paduan harmonis antara visualisasi dan musik pengiring cerita yang menjadikan produksi ini kaya makna. Terdapat sekitar 23 lagu yang ditampilkan untuk keseluruhan episode Serial Musikal Nurbaya ini kental dengan pengaruh musik Minang dan pop era 70-an, seperti ada dalam lagu Harta, Tahta, Nurbaya dan Takdir dan Pilihan. Selain itu ada juga genre musik dangdut yang merupakan akulturasi musik Melayu dan India pada lagu Etek Rahma.

Serial Musikal Nurbaya adalah sebuah proses panjang untuk semua yang terlibat dalam pembuatannya. Ada banyak cerita menarik selama proses pembuatan musikal online ini yang dilakukan selama masa pandemi sampai akhirnya menjelma menjadi dunia Nurbaya yang penuh cerita dan lagu. Terima kasih sekali lagi untuk semua tim yang terlibat, para penikmat seni dimana saja, dan rekan media yang membantu untuk menyebarluaskan informasi Serial Musikal Nurbaya ini pada masyarakat. Penghargaan ini merupakan kebanggaan bagi Indonesia,” ujar Renitasari.

Teks Setia Bekti | Foto Indonesia Kaya