TRUST Orchestra – Album Orkestra yang Dikemas Kasual dan Tidak Membosankan

Jakarta, Kirani – Trinity Youth Symphony Orchestra (TRUST) meluncurkan album simfoni orkestra perdana berjudul “HARI INI INDAH” dalam platform digital. TRUST adalah yayasan non-profit dan menjadi bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) di bawah naungan Trinity Optima Production, salah satu perusahaan rekaman terbesar di Indonesia.



Berdiri sejak 9 tahun lalu hingga kini 150 generasi muda berusia 10-35 tahun telah menjadi anggota TRUST. Nathania Karina adalah sosok wanita enerjik multi talenta bergelar Doctor of Musical Arts dan Master of Music dalam bidang pertunjukan piano dan pendidikan musik dari University of Melbourne yang menjadi Konduktor dan Music Director sejak TRUST berdiri.


Sebagai sebuah grup orkestra muda, TRUST memiliki ciri khas repertoar musik orkestra yang variatif dan unik serta menghadirkan konsep yang segar. Mulai dari genre jazz, pop, rock hingga musik folk dengan aransemen yang jauh dari kesan kaku, dimana orkestra kebanyakan hanya membawakan musik-musik klasik.


“Melalui album ini, kami ingin menawarkan warna baru pada masyarakat untuk menikmati berbagai aliran musik yang dikemas dengan aransemen orkestra oleh anak-anak muda bertalenta. Konsep ini juga sebagai upaya mengenalkan generasi muda bahwa musik klasik bisa dikemas lebih ringan agar tak terasa membosankan,” jelas Yonathan Nugroho selaku CEO Trinity Optima Production.

 


Tak mudah membuat album idealis seperti ini di saat dunia orkestra sedang tidak baik-baik saja. Kejatuhan bisnis musik klasik di Eropa dan ledakan peminat musik klasik di Cina kerap membayangi proses produksi. Nathania mengungkapkan dengan budget lebih murah tetapi profesionalisme dan kualitas orkestra dari Cina sangat bagus. Namun karena ingin memberi wadah pada bibit berbakat dan meninggalkan jejak positif untuk masyarakat, karya luar biasa ini bisa terwujud.


“Pembatasan gerak masyarakat saat pandemi juga menjadi salah satu kendala saat proses latihan dan pembuatan album ini sebab beberapa anggota tinggal di luar Jakarta. Terwujudnya album ini adalah sebuah pembuktian perjuangan menghadapi berbagai kendala, khususnya dalam melakukan rekaman live dalam skala besar yang pertama kali dilakukan youth orchestra di Indonesia,” jelas Nathania.


Single Perdana Hari Ini Indah hadir dalam dua genre musik; Pop dan Simfoni Orchestra. Di album ini juga menghadirkan 5 lagu populer Indonesia yaitu Laskar Pelangi, Harta Berharga, Perahu Kertas, Jangan Menyerah, Mengejar Matahari. Lagu-lagu itu di aransemen ulang dalam versi orkestra oleh beberapa arranger Indonesia dengan berbagai gaya yang menunjukkan kepiawaian TRUST sebagai sebuah orchestra dalam menampilkan ragam rasa dalam karya aransemen mereka.


Kepiawaian itu telah dibuktikan dengan perolehan medali emas pada ajang World Orchestra Festival 2019 di Vienna, Medali Perak di World Orchestra Festival edisi virtual 2021 dan medali emas Australian International Music Festival di Sydney Opera House 2015.


TRUST juga pernah tampil sebagai home orchestra untuk acara-acara musik bergengsi dan pencetus Indonesia Orchestra & Ensemble sebuah festival orkestra dan ensemble pertama dan terbesar di Asia Tenggara yang menghadirkan penampilan berbagai musisi orkestra mancanegara.

 

 



Teks: Nana Hamid

Facebook Comments