Tokopedia & TikTok Shop Partner JFW 2026

Tokopedia & TikTok Shop jadi Exclusive E-commerce Partner JFW 2026

Jakarta, Kirani – Sinergi Tokopedia dan TikTok Shop by Tokopedia (TikTok Shop) mendorong lonjakan pesanan kategori Fashion sebesar 82% secara nasional pada 2025. Untuk mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan, Tokopedia dan TikTok Shop menjadi mitra e-commerce resmi dalam perhelatan Jakarta Fashion Week (JFW) 2026.

Langkah ini diharapkan bisa menjadi katalis positif bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia, mempertimbangkan bahwa industri fesyen berkontribusi 17,6% terhadap nilai tambah ekonomi kreatif, yaitu sebesar Rp225 triliun.[1] Selain itu, industri fesyen menyumbang 17% dari total 25 juta lapangan kerja yang dihasilkan oleh sektor ekonomi kreatif Tanah Air.[2]

“Kolaborasi Tokopedia dan TikTok Shop bersama JFW 2026 menjembatani pengalaman belanja online dengan ajang mode bergengsi untuk mendukung merek fesyen lokal; penyokong ekonomi kreatif Indonesia. Sebagai exclusive e-commerce partner, koleksi khusus JFW 2026 dari berbagai merek fesyen—yang seluruhnya merupakan jenama lokal—dapat diakses dengan aman, mudah, dan terjangkau hanya melalui Tokopedia dan TikTok Shop,”ujar Stephanie Susilo, Senior Director of Tokopedia and TikTok E-commerce.

Beberapa merek yang berpartisipasi antara lain Vivi Zubedi, Mayoutfit, Minimal, Bwbyaz, Geulis, dan Heaven Lights. Masyarakat dapat menikmati berbagai promo menarik seperti diskon hingga cashback spesial untuk produk eksklusif JFW 2026 dari merek-merek tersebut, hanya di Tokopedia dan TikTok Shop.

#BelanjaAman Koleksi Eksklusif JFW 2026 di Tokopedia & TikTok Shop

Menurut Stephani, mayoritas merek yang berkolaborasi di ajang JFW 2026 memiliki toko berstatus ‘Mall’. “Toko-toko Mall di Tokopedia maupun TikTok Shop menjamin produk 100% asli, bebas ongkos kirim, dan gratis retur 15 hari. Artinya, selain menyediakan diskon hingga cashback spesial untuk produk eksklusif JFW 2026, merek-merek tersebut mengedepankan pengalaman #BelanjaAman bagi pengguna,” jelas Stephanie.

Koleksi terbaru khusus JFW 2026 dari Vivi Zubedi, Mayoutfit, Minimal, Bwbyaz, Geulis, dan Heaven Lights bisa diakses dengan lebih terjangkau oleh pengguna lewat kampanye New Arrival Day di Tokopedia dan TikTok Shop. Koleksi dari para jenama lokal tersebut mengusung tema Earthly Allure–mengedepankan palet warna alami bersaturasi rendah, dipadukan dengan aksesori elegan–yang diharapkan memberikan inspirasi tren fesyen di Indonesia.

Merek Resmi JFW 2026 Bisa #JualanNyaman di ‘Mall’ Tokopedia & TikTok Shop

Ekosistem Mall di Tokopedia dan TikTok Shop diperuntukkan bagi para penjual yang telah memiliki sertifikat kekayaan intelektual (KI) dan lisensi resmi lainnya agar dapat #JualanNyaman. Penjual Mall–seperti sebagian besar partisipan JFW 2026–juga berhak memperoleh berbagai manfaat tambahan, seperti akses terhadap fitur eksklusif atau kampanye pemasaran spesial–seperti JFW 2026–guna mendorong kenaikan transaksi.

Pada semester I 2025, TikTok Shop by Tokopedia mencatat kenaikan jumlah penjual Mall sebesar 4 kali lipat. Sejumlah penjual Mall bahkan mengalami pertumbuhan transaksi tertinggi rata-rata lebih dari 15 kali lipat. “Daftar merek dengan pertumbuhan transaksi tertinggi didominasi oleh brand lokal, termasuk UMKM. Ini membuktikan ekosistem Mall yang bersifat sangat inklusif dan memberdayakan,” tutup Stephanie.

Teks: Setia | Foto: Tokopedia

[1]Antaranews

[2] Media Indonesia