Ramadan Seru

Tokopedia-ShopTokopedia Kembali Hadirkan ‘Ramadan Ekstra Seru’

Jakarta, Kirani  – Bulan Ramadan datang lagi. Berbagai promo pun digelar menyambut persiapan berpuasa. Tahun lalu, berkat salah satu kampanye terbesar Tokopedia dan ShopTokopedia, Ramadan Ekstra Seru 2024, transaksi penjual melonjak rata-rata lebih dari 3 kali lipat.[1]

“Melihat kesuksesan itu, Tokopedia dan ShopTokopedia tahun ini kembali mengadakan Ramadan Ekstra Seru, mulai 25 Februari hingga 25 Maret 2025, untuk membantu makin banyak pelaku usaha di Indonesia khususnya UMKM lokal meningkatkan penjualan di bulan Ramadan, mengingat jumlah penjual pada periode menjelang Ramadan 2025 naik sekitar 40%,” kata Head of Communications Tokopedia and TikTok E-commerce, Aditia Grasio Nelwan.[2]

Jelang Ramadan, Daging Paling Laris di Tokopedia, Camilan di ShopTokopedia

Menjelang Ramadan 2025, pada kategori produk Makanan dan Minuman, salah satu produk paling laris di Tokopedia adalah daging, sedangkan di ShopTokopedia, camilan seperti kurma. Pada kategori produk Elektronik, pendingin ruangan seperti ac menjadi salah satu produk paling laris di Tokopedia, sedangkan di ShopTokopedia, pompa galon listrik.[3]

Adanya perbedaan antara Tokopedia dan ShopTokopedia dipicu oleh keunggulan masing-masing platform. Di Tokopedia, masyarakat cenderung sudah mengetahui apa yang akan dibeli, sedangkan di ShopTokopedia, masyarakat cenderung mengonsumsi video di TikTok lalu terinspirasi membeli produk dari penjual.

“Namun jika dilihat dari sisi kategori produk, ada kesamaan. Beberapa kategori produk dengan jumlah pesanan paling tinggidi Tokopedia maupun ShopTokopedia jelang Ramadan 2025, yaitu: Makanan dan Minuman, Perlengkapan Rumah Tangga, Fashion Muslim, Kecantikan dan Perawatan Diri, serta Elektronik.3 Perlengkapan Umroh bahkan mengalami peningkatan pesanan hampir 9 kali lipat.2 Agar masyarakat makin mudah menjangkau beragam produk kebutuhan Ramadan, kami menghadirkan Ramadan Ekstra Seru 2025 dengan berbagai promo khusus, seperti gratis ongkir, flash sale 50%, dan diskon Rp100.000,” jelasAditia.

Paling Laris Jelang Ramadan 2025
Kategori ProdukContoh Produk
TokopediaShopTokopedia
Makanan dan MinumanDagingMinuman (teh, kopi)Bahan masakan (gula, minyak)Camilan(kurma, puding)Minuman (teh, jahe)Bahan masakan (beras, cuka apel)
Perlengkapan Rumah TanggaAlat masak (kompor)Alat kebersihan (pel, sikat)Rak serbagunaTisuSabun cuci piringRak serbaguna
Fashion MuslimPeralatan ibadah (mukena, sarung)HijabBaju muslim wanitaPeralatan ibadah (mukena, sarung)HijabBaju muslim wanita
Kecantikan dan Perawatan DiriAlat styling rambut (hair dryer)SkincareMake upPerawatan hidung dan mulut (mouth spray)SkincareMake up
ElektronikPendingin ruangan (ac)TelevisiElektronik dapur (blender)Pompa galon listrikPeralatan membuat konten videoElektronik dapur (blender)

 

Peluang Ekstra Seru di Bulan Ramadan bersama Tokopedia dan ShopTokopedia

Dengan menyusun strategi yang tepat saat Ramadan, pelaku usaha bisa meningkatkan penjualan. Hal bisa dicari tahu secara gratis melalui webinar edukasi #SIAPRAMADAN di Pusat Edukasi Seller Tokopedia atau ShopTokopedia Academy. CEO Kals Corpora, Brand Principal ZM Zaskia Mecca, Haykal Kamil, mengatakan, “Berkat strategi berpartisipasi dalam Ramadan Ekstra Seru 2024, penjualan ZM Zaskia Mecca (akun/produk: Tokopedia dan ShopTokopedia) naik 5 kali lipat dibandingkan hari biasa.”

Bukan hanya pelaku usaha, momen Ramadan juga bisa dimanfaatkan oleh kreator konten di TikTok untuk meningkatkan pendapatan, dengan mempromosikan produk penjual di ShopTokopedia sebagai affiliate content creator lewat video pendek (short video) maupun live streaming. Affiliate content creator, Ma’e Arik (akun TikTok: @siswanto140688) mengatakan, “Di Ramadan 2024, dengan live streaming di TikTok, pendapatan kami sebagai affiliate content creator naik 5 kali lipat dibanding hari biasa.”

Profesi kreator konten hingga affiliate content creator makin diminati masyarakat khususnya menjelang Ramadan. Peralatan membuat short video dan live streaming,seperti lighting, tripod, dan ringlight, menjadi sejumlah produk elektronik paling laris jelang Ramadan 2025.3

Ramadan Ekstra Seru 2025 menghadirkan penawaran terbaik bagi konsumen untuk mempersiapkan dan merayakan Ramadan serta Lebaran dengan promo khusus sepanjang bulan. Selain online, kampanye ini juga akan digelar offline di Main Atrium, Kota Kasablanka, pada 13-16 Maret 2025, mendatangkan sederet brand penyedia produk kebutuhan Ramadan seperti fesyen.

Teks: Setia | Foto: Tokopedia

[1] ShopTokopedia, 23 Februari-5 April 2024 dibandingkan rata-rata mingguan pada Februari 2024

[2] ShopTokopedia, 1-14 Februari 2025 dibandingkan 26 Februari-10 Maret 2024 (dua minggu sebelum Ramadan tahun lalu)

[3] Tokopedia dan ShopTokopedia, 1-14 Februari 2025