Tokopedia dan TikTok Hadirkan Kampanye ‘Beli Lokal’ di Harbolnas 12.12

Jakarta, Kirani – Siapa sih yang tak tergiur dengan yang namanya promo? Sepertinya hampir tidak ada ya. Apalagi, di penghujung tahun seperti sekarang, beragam promo menarik biasanya ditawarkan oleh para pelaku usaha termasuk UMKM di Indonesia. Tentu saja, salah satunya adalah Hari Belanja Nasional (Harbolnas) 2023 yang merupakan kolaborasi antara pemerintah dan pelaku industri digital di Indonesia.

“Harbolnas merupakan kesempatan untuk mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk makin bangga dalam menggunakan produksi buatan Indonesia. Salah satu cara untuk mewujudkan rasa bangga itu adalah dengan membeli dan menggunakan produk-produk buatan dalam negeri,” ujar Zulkifli Hasan, Menteri Perdagangan Republik Indonesia.

Pada tahun 2022, Harbolnas mencatat transaksi sebesar Rp22.7 triliun atau meningkat 26% dari transaksi di tahun sebelumnya. UMKM kebagian mendapat keuntungan, karena pembelian produk lokal ikut meningkat hampir 18% dari pembelian tahun lalu dengan nilai Rp18 triliun.

“Kami berharap transaksi pada Harbolnas 2023 ini juga akan meningkat seperti tahun-tahun sebelumnya, tentunya dengan pembelian produk lokal yang juga akan terus meningkat. Para pelaku usaha terutama pelaku usaha lokal dapat memanfaatkan momen ini untuk meningkatkan penjualannya dan memperluas pasar,” tambah Zulkifli.

Menperindag Zulkifli Hasan, didampingi Presiden Tokopedia, Melissa Siska Juminto, dan Direktur Eksekutif E-Commerce, Tik Tok, Indonesia, Stephanie Susilo, mengunjungi booth para pelaku UMKM lokal Tokopedia dan TikTok

Tokopedia bersama TikTok Dukung Harbolnas 2023 dengan Menghadirkan Kampanye ‘Beli Lokal’

Momen belanja online jelang akhir tahun yang selalu ditunggu-tunggu masyarakat adalah Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) pada tanggal 12 Desember. “Tokopedia berkomitmen untuk terus mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan, termasuk pada saat momen 12.12, lewat deretan inisiatif dan menghadirkan berbagai promo agar masyarakat dapat berbelanja online dengan lebih terjangkau. Salah satunya dengan menghadirkan kampanye ‘Beli Lokal’,” ungkap Presiden Tokopedia, Melissa Siska Juminto.

Selain menguntungkan bagi pembeli, momen Harbolnas 12.12 dan kampanye Beli Lokal juga diharapkan bisa mendongkrak penjualan para pelaku usaha di Indonesia, khususnya UMKM lokal. “Tokopedia sebagai perusahaan teknologi buatan Indonesia bersama mitra strategis selalu berupaya mendorong produk buatan lokal menjadi pilihan utama masyarakat,” tambah Melissa.

Tokopedia berkolaborasi dengan pemerintah dalam meluncurkan kampanye Beli Lokal agar pelaku usaha, khususnya UMKM lokal, bisa mendapatkan panggung yang lebih luas termasuk saat momen Harbolnas 12.12. Di kampanye ini, ada pula deretan promo diskon hingga Rp100.000 agar masyarakat bisa belanja produk lokal dengan lebih hemat.

Menperindag Zulkifli Hasan, didampingi Presiden Tokopedia, Melissa Siska Juminto, dan Direktur Eksekutif E-Commerce, Tik Tok, Indonesia, Stephanie Susilo, mengunjungi booth para pelaku UMKM lokal Tokopedia dan TikTok

Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional Lewat Pemanfaatan Kanal Digital

Tokopedia selalu berkolaborasi dengan seluruh mitra strategis untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional terutama lewat pemanfaatan kanal digital. Salah satu kolaborasi yang dijalankan oleh Tokopedia adalah melalui kerja sama dengan TikTok Indonesia untuk kampanye ‘Beli Lokal’ di momen Harbolnas 12.12.

Sebagai komitmen dalam mendorong pertumbuhan UMKM lokal dan mempermudah masyarakat untuk belanja online, TikTok turut mendukung Hari Belanja Nasional dengan ikut menghadirkan kampanye ‘Beli Lokal’ bersama Tokopedia. Kampanye ini dapat ditemukan juga di aplikasi TikTok Indonesia untuk dapat memperluas jangkauan para pelaku usaha terutama UMKM. “Dengan hadirnya kampanye ‘Beli Lokal’ pada aplikasi TikTok, para pelaku usaha, terutama UMKM lokal dapat berinteraksi secara langsung dengan pembeli dengan lebih atraktif,” ujar Direktur Eksekutif E-Commerce, Tik Tok, Indonesia, Stephanie Susilo.

Diharapkan, kampanye Beli Lokal Tokopedia dan TikTok dapat mendorong pertumbuhan UMKM Indonesia di penghujung tahun 2023. Selain itu, kampanye Beli Lokal ini diharapkan juga dapat turut mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Teks: Setia  | Foto: dok. Tokopedia