Tips Tingkatkan Penjualan di Bulan Ramadan dari Tokopedia dan TikTok

Jakarta, Kirani – Memasuki bulan Ramadan, beberapa produk mengalami peningkatan penjualan di aplikasi Tokopedia dan TikTok.

Pada platform ‘Shop | Tokopedia’ di aplikasi TikTok, produk Baju Muslim Wanita, Skincare dan Atasan Wanita mengalami peningkatan transaksi sebesar 1,4 kali lipat dibandingkan dengan rata-rata transaksi mingguan di bulan Februari 2024. Sedangkan di Tokopedia, produk Hadiah, Fashion Muslim serta Daging dan Seafood mengalami peningkatan transaksi sebesar hampir 5 kali lipat dibandingkan dengan rata-rata transaksi mingguan di bulan Februari 2024.

Head of Communications Tokopedia, Aditia Grasio Nelwan mengungkapkan, “Kenaikan transaksi pada sejumlah produk tersebut menandakan bulan Ramadan menjadi momen yang tepat bagi para pelaku usaha di Indonesia khususnya UMKM untuk makin meningkatkan penjualan. Tokopedia bersama TikTok pun membagikan lima tips meningkatkan penjualan di bulan puasa untuk para pelaku UMKM lokal,” kata Head of Communications Tokopedia, Aditia Grasio Nelwan.

Berkaitan dengan hal tersebut, Tokopedia memberikan tips bagi UMKM untuk meningkatkan penjualan selama bulan puasa, yaitu:

  • Keruk untung dengan bundling produk

Strategi bundling produk bisa meningkatkan penjualan dan dapat diterapkan UMKM khususnya yang berjualan produk kebutuhan sehari-hari atau Fast Moving Consumer Good (FMCG). Gabungkan maksimal 3 produk dan tambahkan diskon khusus agar menarik minat calon pembeli.

Pelaku UMKM bisa memanfaatkan fitur Paket Bundling di Tokopedia maupun Shop | Tokopedia. Gunakan nama unik yang identik dengan Ramadan, misalnya, ‘Paket Beduk’ yang berisi produk yang berkaitan dengan buka puasa, seperti teh celup, gula pasir dan kurma.

Agar pembeli makin loyal, gunakan fitur ‘Produk untuk Hadiah’ di Tokopedia atau ‘Gift with Purchase’ di Shop | Tokopedia pada aplikasi TikTok. Lewat fitur ini pelaku UMKM bisa memberikan hadiah pada setiap transaksi.

  • Buat hampers edisi spesial Ramadan

Menjelang Idulfitri, masyarakat biasanya saling berkirim hampers untuk kerabat atau teman. Ini Gunakan kesempatan ini untuk menaikkan penjualan dengan cara membuat hampers edisi spesial Ramadan. Lakukan penamaan produk secara tepat dengan memakai kata kunci yang paling banyak dicari pembeli. Rekomendasi kata kunci untuk berjualan hampers, antara lain: hampers, hadiah, gift, kado, parsel.

Pelaku usaha juga bisa memberikan kesempatan bagi pembeli untuk mengkustom hampers sesuai preferensi dengan mengaktifkan fitur Pelengkap Produk di Tokopedia. Fitur ini memungkinkan pembeli menambah kartu ucapan dan kemasan (bungkus kado, goodie bag, kemasan ramah lingkungan dsb) pada produk apa pun. Jadi, pembeli bisa mengirim produk itu sebagai hadiah.

  • Kolaborasi dengan KOL yang relevan

Pemilihan KOL untuk mendukung strategi marketing atau sales sebaiknya disesuaikan dengan anggaran dan objektif penjual. Jika punya anggaran besar dan ingin meningkatkan brand awareness, penjual bisa berkolaborasi bersama KOL dengan ratusan ribu hingga jutaan pengikut (Macro/Mega KOL) yang relevan dengan produk. Namun untuk menyasar calon pembeli yang lebih niche, Nano KOL dengan pengikut 1.000-10.000 bisa menjadi pilihan yang lebih terjangkau.

Salah satu fitur Tokopedia yang dapat membantu penjual berkolaborasi dengan Nano KOL atau Tokopedia Affiliate adalah Dipromosikan Affiliate. Fitur ini memungkinkan penjual yang memenuhi kriteria untuk menawarkan komisi tambahan hingga 20% kepada Affiliate. Di sisi lain, penjual di Shop | Tokopedia juga dapat bekerja sama dengan affiliate creator yang sudah terdaftar di TikTok.

  • Live streaming dengan konten yang menarik

Untuk menjangkau target audiens yang tepat, manfaatkan fitur LIVE shopping di Shop | Tokopedia. Beberapa tips untuk memastikan LIVE tersebut menarik untuk pengguna antara lain: pastikan untuk selalu menyambut audiens baru, menjaga konten tetap menarik, dan meningkatkan waktu tayang LIVE dan mendorong pembeli. Pelaku usaha juga dapat menyerukan promosi terus-menerus karena selalu ada penonton baru di ruang LIVE.

Penjual juga bisa memanfaatkan kanal streaming video ‘Tokopedia Play’ untuk melakukan live streaming dan memasarkan produknya dengan menambahkan beragam promo menarik. Jangan lupa siapkan peralatan live streaming seperti tripod, membuat konten secara konsisten, berinteraksi dengan penonton dan promosikan live streaming sebelum mulai lewat media sosial.

  • Terapkan strategi jitu pasang iklan

Penjual bisa memanfaatkan solusi pemasaran komprehensif Tokopedia Marketing Solutions, salah satunya fitur beriklan TopAds. Agar produk tampil di hasil pencarian teratas, penjual bisa mengaktifkan Biaya Iklan Otomatis agar anggaran dan kata kunci diatur secara otomatis oleh sistem TopAds dengan tingkat relevansi terbaik.

Sedangkan penjual di Shop | Tokopedia dapat menggunakan fitur Iklan untuk menjangkau audiens yang lebih luas lagi serta mempromosikan toko serta produk yang dijual. Penjual dapat mengakses materi online di tautan berikut untuk mempelajari bagaimana menggunakan fitur Iklan dengan tepat di Shop | Tokopedia.

Foto: dok. Tokopedia