Hari Bhayangkara, Puan Maharani Ingatkan Amanah Tugas Kepolisian

Jakarta, Kirani – Ada kejutan yang tidak terduga dalam upacara Hari  Bhayangkara yang ke 74 di kediaman dinas  ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, Puan Maharani, di Jakarta,  pada Rabu (1/07) pagi.

 

Usai mengikuti upacara secara virtual, Puan Maharani memotong tumpeng  dan menyerahkannya kepada  Aiptu Jan Roverson Siagian (51 tahun), anggota Polantas yang setiap hari berjaga di perempatan Kuningan, Jakarta Selatan. Potongan tumpeng juga diberikan kepada Kombes (Pol) Totok Lisdiyanto, perwira menengah Polri yang ikut hadir mengikuti upacara di kediaman Dinas Ketua DPR RI itu.

 

Ketua DPR secara khusus meminta anggota Polantas yang bertugas di kawasan yang terdekat  dengan kediaman  dinasnya ikut acara tumpengan Hari Bhayangkara  2020.

 

Puan meminta kepada anggota Polantas yang setiap hari bersentuhan dengan masyarakat dan mewakili wajah Polri agar menjaga citra Polri.  “Jaga Amanah. Selamat Hari Bhayangkara,” ujar Puan sambil menyerahkan tumpeng kepada Siagian.

 

Secara umum, Ketua DPR berharap di hari Bhayangkara ke-74 tahun, Polri makin profesional. Sikap professional Polri diwujudkan dalam penegakan hukum yang berkeadilan dan terpercaya.

 

“Kita juga ingin proses hukum yang dilakukan Polri berlangsung cepat dan efektif sehingga tidak membebani masyarakat yang ingin mencari keadilan.”

 

Puan Maharani memberikan potongan tumpeng kepada Aiptu Jan Roverson Siagian dan Kombes (Pol) Totok Lisdiyanto

 

Pelayanan Publik yang Dilakukan Polri Harus Terus  Optimal

 

Ketua DPR yang mengenakan kebaya nasional saat mengikuti upacara juga meminta agar  pelayanan publik yang dilakukan Polri terus  dioptimalkan dan tetap memegang teguh prinsip transparansi dan akuntabilitas.

 

“Pengawasan internal perlu ditingkatkan agar disiplin anggota Polri terus meningkat sehingga tidak ada lagi kasus-kasus yang mencoreng citra Polri.”

 

Di masa pandemi seperti ini, Ketua DPR Puan Maharani mengharapkan agar Polri terus memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat sehingga masyarakat dapat menjalani new normal (kenormalan baru) dengan kondusif.

 

“Pemeliharaan keamanan dan ketertiban juga dibutuhkan untuk mempercepat pemulihan ekonomi dan sosial dari dampak pandemi Covid-19.”

 

Khusus menghadapi Pilkada serentak 2020, Desember nanti, Puan meminta Polri bersiap mengemban tugas berat.

 

“Kita semua berharap peran besar Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban agar Pilkada serentak dapat berlangsung aman, tertib, dan demokratis,” ujar Puan.

 

 

Teks Hadriani P | Foto Dok. Istimewa

 

 

Facebook Comments