Tips Menghindari Over Budget Saat Belanja Bulanan

Jakarta, Kirani – Sepertinya sudah menjadi rahasia umum, bahwa kita kaum wanita selalu menghabiskan uang lebih banyak dari yang sudah direncanakan dan dianggarkan, saat pergi berbelanja. Terlebih saat harus belanja bulanan. Padahal dari rumah sudah dipikirkan apa saja yang harus dibeli, akan tetapi sesampainya di supermarket, selalu ada saja barang diluar daftar yang ikut masuk ke dalam tas belanja.

 

Ada satu kata sakti yang selalu berhasil menggoda para wanita, ‘diskon’. Meski sebenarnya tidak dibutuhkan, kita akan menemukan alasan untuk membeli barang yang sedang diskon tersebut. Para pengelola supermarket pun tahu persis bagaimana ‘menggoda’ kaum wanita. Awal bulan atau akhir bulan, saat dompet mulai menebal, saat itulah diskon bertebaran. Kalau sudah begini dompet pun kebobolan dan belanja bulanan jadi over budget.

 

Bagaimana sih caranya agar hal ini tidak menjadi kebiasaan dan terjadi setiap bulan? Yuk simak tips berikut:

 

1. Buat dan Patuhi Daftar Belanja
Cukup banyak dari kita yang telah membuat daftar barang yang harus dibeli sebelum berangkat belanja. Akan tetapi sedikit dari kita yang mematuhi daftar yang telah kita buat sendiri. Selalu saja ada tambahan diluar daftar yang masuk ke dalam belanjaan kita. Ingat, penting untuk disiplin dan tegas pada diri sendiri. Beli hanya barang yang dibutuhkan sesuai dengan daftar yang telah dibuat, dan jangan biarkan diskon ataupun promo menarik menggoda, hingga Anda harus kembali berakhir dengan over budget!

 

 

2. Sempatkan Makan Sebelum Beragkat
Perut kenyang selalu membuat Anda tenang, tidak terburu-buru dan cenderung sedikit melakukan kesalahan. Bila berangkat dengan perut lapar, Anda pun akan ‘lapar mata’ dan membeli lebih banyak persediaan makanan daripada yang dibutuhkan.

 

3. Teliti Membaca Label
Teliti sebelum membeli produk. Pastikan harga barang sesuai dengan yang tertera di label. Perhatikan juga kandungan nutrisi, ukuran, serta tanggal kadaluwarsa.

 

4. Kurangi Membeli Makanan Beku
Memang menyenangkan memiliki persediaan makanan beku di lemari es. Saat ada beragam nugget di dalam freezer Anda akan merasa lebih tenang saat mempersiapkan sarapan atau bekal untuk si kecil berangkat sekolah. Akan tetapi, daripada memperbanyak persediaan nugget akan lebih sehat bila Anda membuatnya sendiri. Selain itu, sebaiknya hindari sayuran beku, karena bagaimanapun sayuran segar akan lebih sehat bagi anggota keluarga.

 

5. Pilih Makanan Segar Daripada Kemasan
Dari segi rasa, ikan dan daging segar tentu lebih nikmat dibandingkan yang dikemas di dalam kaleng, selain lebih sehat tentunya. Selain itu, dengan membeli daging dan ikan segar, Anda akan membatasi diri untuk tidak membeli terlalu banyak, karena khawatir rusak sebelum dikonsumsi. Sementara dengan membeli daging atau ikan kalengan, karena merasa memiliki kadaluarsa yang lebih panjang, Anda bisa membeli jauh lebih banyak yang pada akibatnya kembali berpotensi menjadi over budget.

 

Teks : Setia Bekti       Foto : Dok. Istimewa

 

Facebook Comments