The Colours of Indonesia Hadirkan Ruang Mimpi-Ruang Penuh Imaji Tempat Refleksi Diri

Jakarta, Kirani – Menyambut kembali digelarnya pameran dan hadirnya situs The Colours of Indonesia, ID12 menghadirkan sebuah ide kreatif yang sangat unik dan asik untuk dinikmati, bernama Ruang Mimpi.

Ruang Mimpi adalah sebuah presentasi atau visualisasi dari “ruang” sangat pribadi, di mana setiap orang dapat meraih keindahan, kelembutan perasaan, bahkan menemukan perasaan negatif seperti ketakutan, dan keburukan. Ruang yang dapat memproyeksikan diri sendiri dan merefleksikan pribadi ini terdapat di dalam pikiran.

Dalam Ruang Mimpi tersuguh sebuah ruang yang mampu membiaskan batasan antara dunia nyata dengan dunia maya dalam bentuk digital tiga dimensi dan memaknai atmosfir interior yang artistik sebagai sebuah ruang pribadi mereka sendiri.

Kita akan dibawa pada sebuah pengalaman virtual berada di dalam ruang yang mengandung unsur-unsur interior dengan suasana yang berganti-ganti. Presentasinya ringan karena ingin mengajak masyarakat, terutama remaja, untuk mulai mengenal dunia interior desain.

Kirani.id beruntung mendapatkan kesempatan memasuki ruang ini dan merasakan pengalaman visual yang memproyeksikan elemen interior dan sentuhan personal dari setiap anggota ID12 tersebut.

“Ruang Mimpi ID12” dengan ragam gambar dan warna di sekelilingnya menjadi pembuka video mapping, berlanjut dengan ilustrasi perempuan tengah membaca buku, serta credit title mereka yang terlibat.

Berlanjut dengan refleksi kubus besar yang bergerak-gerak hingga definisi dari “shape” atau bentuk yang dijabarkan dalam bahasa Inggris. Muncul pula bentuk kursi berbagai warna yang bergerak tak tentu arah hingga pengunjung di ajak menyusuri bentuk layaknya lorong warna merah. Sentuhan interior modern dalam sebuah hunian turut dimunculkan.

Di menit ke sekian kita dibawa memasuki sebuah lorong megah dengan lapisan warna mulai dari oranye, biru, merah muda, ungu, hingga kuning, berujung jendela yang lalu membuka dan mengantarkan kita ke lautan lepas.

Ada pula motif batik yang terproyeksi, sebagai cerminan dalamnya kecintaan beberapa anggota ID12 kepada wastra warisan leluhur bangsa tersebut. Bukan hanya itu, bahkan kita pun akan bertemu ikan paus di dalam ruang tersebut. Sungguh sebuah ruang yang menarik dan menginspirasi.

Ada tugas yang diemban oleh Ruang Mimpi, yaitu menstimulus seseorang untuk berpikir. Eko Priharseno berharap anak-anak muda dapat merasakan apa yang ditimbulkan oleh ruang tersebut. “Mereka teredukasi terhadap dunia ruangnya, tadi ada sedikit tekstur, titik hilang, perubahan naik turun, sampai skala manusia adalah sebuah bentuk ruang itu bukan hanya kotak yang dibuat karena kalau ada ruangan bagus, pikiran akan melayang-layang,” ujarnya.

Sebelum memasuki Ruang Mimpi, kita akan bertemu dengan Museum of Toy yang juga akan memamerkan karya-karya patung baik koleksi lama dan baru mereka.

Dibuka untuk umum sejak 24 Agustus 2022 hingga 30 September 2022, untuk masuk dan menikmati Ruang Mimpi pengunjung dikenakan Harga Tiket Masuk (HTM) sebesar Rp. 30.000,- Para pengunjung dapat melakukan swa foto selama berada di ruang imersif yang terletak di G-10 Ground Floor, Senayan City, Jakarta ini. Setiap sesi dibatasi hanya 10 orang untuk menjaga protokol kesehatan. Total ada 22 sesi dalam satu hari yang dapat dipilih.

Cara mendaftarkan diri untuk masuk ke Ruang Mimpi:

– Masuk ke www.tco.id

– Klik Menu Ruang Mimpi

– Pilih Tanggal Hadir

– Pilih Sesi Jam Hadir

– Registrasi

– Lakukan Pembayaran

– Muncul QR Code

– Simpan.

Teks: Setia Bekti  | Foto: Tim Muara Bagdja

Facebook Comments