Studi Terbaru Klaim Kemampuan Spasial Pria dan Perempuan Sama

Jakarta, Kirani – Kemampuan spasial yang lebih baik biasanya diidentikkan dengan IQ yang lebih tinggi. Selama hampir 40 tahun, para peneliti percaya, laki-laki memiliki spatial cognition — kemampuan terkait navigasi, seperti membaca peta — yang lebih baik daripada perempuan, khususnya terkait hasil tes rotasi mental.

 

Dengan tujuan untuk mempelajari spatial cognition pada individu dan gamer, Mark Campell dan Adam Toth dari Lero Esports Science Research Lab melakukan penelitian di University of Limerick, Irlandia. Berdasarkan riset tersebut, diketahui bahwa kemampuan spatial cognition laki-laki dan perempuan sama.

 

“Nilai yang lebih tinggi pada tes spatial cognition biasanya berarti seseorang memiliki IQ yang lebih tinggi dan pemahaman yang lebih baik tentang mata pelajaran STEM (Science Technology Engineering and Math) di sekolah dan universitas,” kata Campbell dalam laporan Technology Network baru-baru ini.

 

Kemampuan pria dan wanita sama dalam membaca peta

 

Sementara Toth mengatakan bahwa studi yang mereka lakukan menunjukkan bahwa pria tidak memiliki kelebihan dalam tes rotasi mental. Dengan memperpanjang durasi tes, pria tidak pasti mendapatkan nilai yang lebih tinggi dari perempuan. Atau jika laki-laki mendapatkan nilai yang lebih tinggi, biasanya ada alasan lain yang menyebabkan hal itu dan bukannya gender.

 

Untuk melakukan studi ini, Campbell dan Toth menggunakan teknologi eye-tracking paling canggih. Satu hal menarik lainnya yang ditemukan dari riset yang dirilis di Nature Scientific Reports ini adalah strategi yang digunakan oleh pria dan perempuan dalam menyelesikan tes biasanya berbeda. Itu menunjukkan, untuk mencapai hasil yang sama, perempuan dan laki-laki menggunakan cara yang berbeda.

 

 

Teks : Wiwied | Foto : Dok. Istimewa

 

 

 

 

Facebook Comments