Sinergi Tokopedia dan ShopTokopedia Tingkatkan Pendapatan UMKM

Jakarta, Kirani  – Saat ini, dapat dikatakan Tokopedia dan ShopTokopedia merupakan dua e-commerce yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Kolaborasi keduanya yang sudah berjalan selama satu tahun, mencatat berbagai pencapaian signifikan.

Berdasarkan riset Tempo Data Science bersama dengan Tokopedia dan ShopTokopedia (2024), sinergi Tokopedia dan TikTok melalui ShopTokopedia meningkatkan pendapatan pelaku UMKM hingga 95%. Hal ini memperkuat komitmen kedua platform dalam memberdayakan pelaku usaha lokal di seluruh Indonesia dengan memanfaatkan teknologi, salah satunya dengan menggencarkan kampanye ‘Beli Lokal’.

Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Dr. Budi Santoso, M.Si., menyampaikan, “Pada tahun 2023, transaksi e-commerce mencapai Rp453 triliun, dan pada tahun 2024 diproyeksikan naik menjadi Rp487 triliun. Sedangkan pengguna platform e-commerce juga terus naik, pada tahun 2024 jumlah pengguna e-commerce mencapai 65,65 juta, angka ini naik 11% persen dari tahun lalu. Hal ini membuktikan bahwa e-commerce sudah menjadi bagian yang lekat dengan kehidupan masyarakat.”

“Kementerian Perdagangan RI memiliki tiga program, yakni pengamanan pasar dalam negeri, perluasan pasar ekspor, dan peningkatan UMKM BISA (Berani Inovasi Siap Adaptasi) Ekspor. Untuk mendukung produk lokal semakin maju, diperlukan kerja sama yang erat antara berbagai pihak, mulai dari pemerintah, pelaku usaha hingga masyarakat. Kampanye ‘Beli Lokal’ dari Tokopedia dan ShopTokopedia adalah salah satu contoh konkret bagaimana kolaborasi dapat mendukung pelaku usaha lokal berkembang dan meningkatkan daya saing. Mari bersama-sama membantu produk lokal semakin maju dengan #PakaiProdukSendiri,” lanjut Mendag.

Presiden Direktur Tokopedia dan TikTok E-commerce, Melissa Siska Juminto bersama Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Dr. Budi Santoso, M.Si.

Sementara itu, Presiden Direktur Tokopedia dan TikTok E-commerce, Melissa Siska Juminto, mengatakan, “Pada 12 Desember 2023 lalu, bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas), Tokopedia memasuki babak baru dengan berkolaborasi bersama TikTok menghadirkan ShopTokopedia dan meluncurkan kampanye ‘Beli Lokal’. Dengan dukungan dari Kementerian Perdagangan RI, kampanye ‘Beli Lokal’ terus menjadi panggung khusus untuk menampilkan karya terbaik dari para brand lokal di Indonesia, termasuk Dear Me Beauty, No Void Minds dan Minimal. Para pelaku usaha tersebut merupakan bagian dari puluhan juta penjual di Tokopedia dan ShopTokopedia, yang 100%-nya berada di Indonesia dan mayoritasnya adalah UMKM.”

Kolaborasi Tokopedia dan ShopTokopedia yang telah berjalan selama 1 tahun terbukti memberikan dampak positif bagi pelaku usaha lokal di Tokopedia dan ShopTokopedia. Riset yang sama juga mengungkapkan bahwa UMKM yang memiliki akun di kedua platform, baik Tokopedia maupun ShopTokopedia, mengalami kenaikan penjualan hingga 118% sepanjang 2024.(Sumber: Riset Tempo Data Science, 2024).*

Memeriahkan satu tahun berjalannya kampanye ‘Beli Lokal’, Tokopedia dan ShopTokopedia menyelenggarakan ‘Beli Lokal’ Challenge yang diikuti seluruh masyarakat Indonesia. Pada kompetisi ini, Tokopedia dan ShopTokopedia memberikan hadiah dengan total saldo Gift Card Tokopedia senilai Rp360 juta bagi 120 pemenang, termasuk Rp2 juta untuk 9 pemenang harian dan Rp12 juta untuk 12 pemenang utama.

Momen ini juga sekaligus merayakan keberagaman produk hasil karya UMKM, dimana ShopTokopedia melibatkan 12 pelaku usaha dari berbagai kategori, mulai dari makanan dan minuman seperti ikan asin dan jamu, hingga fesyen seperti batik, untuk berpartisipasi dalam sesi live streaming selama 12 hari.

Selain itu, sebagai salah satu program turunan dari kampanye ‘Beli Lokal’, Tokopedia dan ShopTokopedia melalui #SatuDalamKopi juga bekerja sama dengan pelaku usaha lokal kopi, Arutala Coffee, untuk meluncurkan produk biji kopi hasil kolaborasi dengan para petani kopi Lahat, Sumatra Selatan. Inisiatif ini merupakan kelanjutan dari pelatihan pascapanen kepada lebih dari 1.000 petani kopi yang telah dilakukan Tokopedia dan ShopTokopedia bekerja sama dengan Sustainable Coffee Platform of Indonesia (SCOPI).

Baca juga: ShopTokopedia Gelar ‘Mega Guncang 12.12 PlayGround’ di Taman Literasi Blok M

Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Dr. Budi Santoso, M.Si. bersama Presiden Direktur Tokopedia dan TikTok E-commerce, Melissa Siska Juminto mengunjungi booth live shopping salah satu pelaku usaha lokal.
Kampanye “Promo Guncang” Tingkatkan Pendapatan UMKM hingga 115%

Selain melalui ‘Beli Lokal’, Tokopedia dan ShopTokopedia rutin mengadakan “Promo Guncang” yang berlangsung di setiap tanggal kembar untuk mempermudah masyarakat menjangkau produk kebutuhan, mulai dari fesyen, kecantikan dan perawatan tubuh, elektronik, perlengkapan rumah tangga dan masih banyak lagi, dengan lebih murah lewat beragam penawaran, seperti bebas ongkir, cashback, dan diskon.

Menurut riset Tempo Data Science pada 2024, kampanye “Promo Guncang” berhasil meningkatkan pendapatan UMKM mencapai 115%.** Selain itu, kampanye “Beli Lokal”juga mampu mendorong penjualan produk UMKM naik hingga 70% (Sumber: Riset Tempo Data Science, 2024).*

[kedua kiri-kanan] Chief of Business Unit Retail Officer Minimal, Ruth Setiaty, Associate Vice President of Public Policy and Government Relations Tokopedia and TikTok E-commerce, Muhammad Hilmi Adrianto, Direktur Perdagangan Melalui Sistem Elektronik dan Perdagangan Jasa Kementerian Perdagangan RI, Rifan Ardianto, S.Si, M.Si, Ph.D, CEO dan Co-Founder Dear Me Beauty, Nikita Wiradiputri, CEO No Void Minds, Verrell Gunawan
Live Shopping Hadirkan Pengalaman Belanja Online yang Interaktif

Tokopedia dan ShopTokopedia terus mendukung pelaku usaha untuk menawarkan pengalaman belanja online yang lebih menarik dan interaktif melalui fitur Live Shopping di ShopTokopedia. “Pelaku usaha yang melakukan live shopping di ShopTokopedia rata-rata mengalami kenaikan penjualan hampir 7 kali lipat jika dibandingkan dengan penjual lainnya yang tidak melakukan live shopping,” jelas Melissa.

Melissa menambahkan bahwa salah satu cara meningkatkan penjualan live shopping adalah berkolaborasi dengan kreator konten sekaligus afiliator. Saat ini, ada lebih dari 8 juta kreator yang mendapatkan penghasilan dari ShopTokopedia. Lewat kolaborasi, brand lokal bisa meningkatkan penjualan, sedangkan afiliator bisa memperoleh penghasilan.

Fitur Live Shopping di ShopTokopedia ini sangat diminati masyarakat, termasuk saat ada momentum gajian maupun tanggal kembar. Hal ini terbukti dari data internal yang mencatat bahwa pada jam pertama puncak “Promo Guncang” 11.11 tahun ini, nilai transaksi di ShopTokopedia melalui fitur Live Shopping di TikTok meningkat hingga 26 kali lipat dibandingkan dengan rata-rata transaksi harian.

Baca juga: 5 Tips Memilih Host Live Streaming TikTok Agar Penjualan Produk Fashion Melesat

Teks: Setia | Foto: Tokopedia