Jakarta, Kirani – Menjadi cantik dan tampil cantik dalam keseharian sepertinya telah menjadi kebutuhan setiap wanita baik tua maupun muda. Kebutuhan untuk tampil cantik ini sejalan dengan kian pesatnya perkembangan industri kecantikan tanah air. Tak heran bila kebutuhan masyarakat Indonesia akan produk kecantikan dan perawatan tubuh juga terus meningkat. Bahkan, menurut data pemerintah, produk kosmetik dan perawatan tubuh masuk dalam tiga besar kategori dengan penjualan tertinggi di marketplace.*
ShopTokopedia pun merasakan dampak dari tren ini. Seperti dikatakan oleh Ita Puspita Megawati, Beauty, Personal Care, Health and Home Supplies Category Senior Director Tokopedia and TikTok E-commerce, “Kategori Kecantikan dan Perawatan Tubuh termasuk salah satu dari berbagai kategori yang paling laku di ShopTokopedia sepanjang 2024. Bahkan penjualan kategori Kecantikan dan Perawatan Tubuh ini naik hampir 9 kali lipat jika dibandingkan dengan tahun 2023. Deretan produk seperti serum eksfoliasi, clay mask, deodoran, dan krim tirai matahariadalah yang terpopuler di kategori tersebut pada 2024.”
Tingginya antusiasme masyarakat mendorong ShopTokopedia untuk meluncurkan kampanye ‘Semua Jadi Syantik’ yang fokus mengusung makna kecantikan yang inklusif.
“Lewat ‘Semua Jadi Syantik’, kami memberikan kesempatan bagi semua kalangan, termasuk berbagai latar belakang, umur, dan kondisi kulit, untuk bisa menemukan produk kecantikan dan perawatan tubuh yang sesuai dengan preferensi mereka. Kampanye ini juga menjadi panggung bagi deretan brand lokal untuk memperluas jangkauan pasar mereka,” ujar Ita.
Kolaborasi dengan Tasya Farasya
Ita juga menjelaskan, ShopTokopedia berkolaborasi dengan kreator konten Tasya Farasya sebagai Brand Ambassador kampanye ‘Semua Jadi Syantik’. Menurutnya, produk-produk yang ada di kampanye ini telah mendapat approval dari Tasya Farasya, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir. Bukan hanya itu, ada juga promo diskon hingga 70% sampai voucher hingga 20% yang bisa didapat saat live shopping.
Tasya Farasya, selaku CEO and Founder Mother of Pearl, menyambut positif kolaborasi ini, “Sebagai Brand Ambassador ‘Semua Jadi Syantik’, saya ingin menyampaikan bahwa industri kecantikan Indonesia punya potensi besar untuk terus maju. Bagi pelaku usaha, ini saatnya berinovasi dan menghadirkan produk berkualitas dengan lebih banyak nilai tambah. Untuk beauty enthusiasts, mari kita dukung brand lokal dan menemukan produk di ShopTokopedia yang memudahkan untuk menemukan kecantikan versi terbaik diri sendiri.”
“Menurut saya, tren produk kecantikan di tahun 2025 mendatang akan lebih fokus pada produk kecantikan yang hybrid dan praktis. Di sisi lain, menurut saya tren kecantikan keseluruhan di tahun 2025 akan bersifat lebih personal karena setiap individu memiliki preferensi masing-masing, ditambah dengan semakin banyak orang yang mengenali dirinya melalui tes analisis warna dan metode lain,” ujar Tasya.
Kisah Sukses Friska Marpaung Banting Setir dari Industri Perbankan jadi Kreator Affiliate
ShopTokopedia juga mempermudah pengguna untuk menikmati pengalaman belanja online yang lebih interaktif lewat live shoppingyang dilakukan oleh para penjual. Sebesar 60% konten promosi di TikTok mendukung produk lokal di ShopTokopedia.
“Saat ini, ada lebih dari 8 juta kreator yang menghasilkan pendapatan dari ShopTokopedia. Para kreator affiliate ini memainkan peran penting dalam mendukung pelaku usaha lokal. Program ini tidak hanya membantu penjual meningkatkan penjualan, tetapi para kreator tersebut juga dapat menghasilkan pendapatan tambahan dengan mempromosikan produk penjual lewat konten yang interaktif, edukatif dan inspiratif,” ujar Ita.
Salah satu kreator affiliate sukses di ShopTokopedia adalah Friska Marpaung (@friskamrp05), yang berhasil meraup pendapatan tambahan hingga ratusan juta rupiah dengan membantu mempromosikan produk-produk dari para pelaku usaha, termasuk brand lokal, melalui TikTok.
Sempat berkarier di industri perbankan, Friska lalu memutuskan untuk berhenti bekerja demi keluarga. Namun, keinginannya untuk tetap produktif muncul setelah melihat peluang menjadi affiliate di TikTok. Dengan dukungan suaminya, Friska lalu mencoba membuat konten. Kesuksesan Friska dimulai pada 2022 ketika video unboxing baju bayi yang dibuatnya menjadi trending.
“Pada akhir 2023, saya mencoba untuk live streaming dan konten video seputar produk kecantikan. Video seputar sabun menjadi awal keberhasilan saya sebagai creator affiliate, yang menghasilkan komisi hingga ratusan juta rupiah,” cerita Friska.
Perlahan-lahan, Friska menjalin kolaborasi dengan berbagai brand kecantikan dan perawatan tubuh. “Setiap hari, saya melakukan live streaming dan merekomendasikan berbagai produk ke penonton. Menurut saya, unsur storytelling dan edukasi penting untuk meningkatkan engagement dari penonton. Saya bisa membantu para brand tersebut menghasilkan rata-rata nilai penjualan sekitar Rp5 miliar,” ungkap Friska.
Seiring perkembangannya sebagai kreator affiliate yang cukup pesat, kini Friska memiliki tim khusus berisi 4 karyawan untuk mendukung kegiatan operasionalnya. Ibu muda dengan 87 ribu followers ini menekankan pentingnya konsistensi, optimisme, dan autentisitas dalam membangun karier sebagai kreator affiliate. Ia percaya bahwa mengutamakan kepercayaan pengikut serta menyajikan konten yang relevan dengan keseharian adalah kunci untuk sukses di dunia konten dan affiliate marketing.
Deretan Inisiatif di ShopTokopedia untuk Mendukung Pelaku Usaha
Selain menghadirkan kampanye ‘Semua Jadi Syantik’, ShopTokopedia bersama Tokopedia menggencarkan berbagai inisiatif lainnya untuk mendukung kemajuan pelaku usaha lokal, termasuk berbagai brand lokal kecantikan yang telah menjadi bagian dari puluhan juta penjual di kedua platform.
“Misalnya, ShopTokopedia bareng Tokopedia juga menggelar bazaar offline For You Beauty Fair yang disambut dengan sangat baik oleh masyarakat. Selain itu, kita juga memiliki Promo Guncang di setiap tanggal kembar, hingga kampanye Beli Lokal yang didukung oleh Kementerian Perdagangan RI sebagai komitmen bersama untuk mendukung brand lokal menjadi raja di negeri sendiri,” tutup Ita.
Baca juga: Sinergi Tokopedia dan ShopTokopedia Tingkatkan Pendapatan UMKM
Baca juga: Tokopedia ‘For You Beauty Fair’ Hadirkan Koleksi Brand Lokal Terbaik
Teks: Setia | Foto: Tokopedia