Sambut Hari Sumpah Pemuda, Tokopedia Dukung Pelaku Usaha dan Kreator Muda

Jakarta, Kirani – Sambut Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober, Tokopedia dan ShopTokopedia memperingatinya dengan cara membantu para pelaku usaha di Indonesia, terutama anak muda, untuk memulai dan membangun bisnis di era digital lewat pemanfaatan teknologi.

Tak hanya itu, Tokopedia dan ShopTokopedia juga berupaya mencetak sebanyak-banyaknya kreator muda profesional yang diharapkan bisa membantu UMKM memperluas pasar dan memasarkan produk.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2024 kali ini mengusung tema ‘Maju Bersama Indonesia Raya’, sebuah tema yang mengusung pesan kuat tentang kolaborasi dan menjunjung tinggi semangat gotong royong untuk mengakselerasi pembangunan negara.

Head of Communications Tokopedia and TikTok E-commerce, Aditia Grasio Nelwan, mengatakan, “Hal tersebut sejalan dengan upaya kolaborasi Tokopedia dan ShopTokopedia bersama mitra strategis untuk membantu pelaku usaha muda mendapatkan panggung lebih luas sehingga produk mereka makin diminati masyarakat. Misalnya, dengan mengedepankan kampanye seperti Beli Lokal dan Melokal Dengan Batik. Kami juga mencetak lebih banyak kreator muda profesional lewat Creators Lab untuk membantu UMKM mempromosikan produk dengan cara yang lebih menarik dan relevan.”

Koleksi Dama Kara

Beli Lokal dan Melokal Dengan Batik dorong penjualan merek fesyen lokal

Sejumlah kategori paling laris di Tokopedia pada kuartal III 2024 adalah: Fesyen, Kecantikan dan Perawatan Tubuh, Kesehatan, Makanan dan Minuman, dan Rumah Tangga. Sedangkan di ShopTokopedia, antara lain: Fesyen, Kecantikan dan Perawatan Tubuh, Makanan dan Minuman, Home Supplies, dan Elektronik. Khusus pada kategori Fesyen, terdapat beberapa produk telaris, yaitu: atasan, sepatu, dan bawahan. Sedangkan di ShopTokopedia, yaitu: atasan, hijab, dan bawahan.

“Guna makin mendorong kontribusi merek fesyen lokal–khususnya UMKM–terhadap perekonomian digital, Tokopedia dan ShopTokopedia bersama mitra strategis melakukan berbagai upaya. Contohnya lewat kampanye Beli Lokal yang bekerja sama dengan pemerintah untuk memberikan etalase khusus bagi merek lokal–termasuk fesyen–agar makin menjadi pilihan masyarakat. Ada pula kampanye Melokal Dengan Batik yang bekerja sama dengan pemerintah, institusi pendidikan, kreator, dan lembaga keuangan, untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas perajin dan UMKM batik di era teknologi,” papar Aditia.

Berbagai brand lokal, termasuk dari bidang fesyen, yang dimotori oleh pelaku usaha muda dan ikut dalam berbagai kampanye di Tokopedia dan ShopTokopedia merasakan dampak positif. Contohnya, Dama Kara yang mengalami peningkatan penjualan 2 kali lipat berkat Beli Lokal, dan Batik Paduka yang mengalami kenaikan penjualan hingga 70% berkat berpartisipasi dalam Melokal Dengan Batik.

Aditia menambahkan, “Tokopedia dan ShopTokopedia sangat mengapresiasi anak muda pelaku usaha–seperti pemilik Dama Kara dan Batik Paduka–yang berani memulai dan membangun bisnis, serta memberdayakan komunitas, khususnya yang juga anak muda.”

Koleksi Batik Paduka

Tokopedia dan ShopTokopedia cetak kreator muda lewat Creators Lab

Untuk makin mendorong kemajuan pelaku usaha muda di era digital, Tokopedia dan ShopTokopedia mencetak sebanyak-banyaknya kreator muda profesional lewat Creators Lab. Kreator muda profesional diharapkan bisa membantu UMKM memperluas pasar dan memasarkan produk dengan cara yang lebih menarik dan relevan dengan menjadi affiliate creator Tokopedia dan ShopTokopedia.

Aditia menjelaskan, “Di era digital, affiliate creator bisa menjadi sebuah profesi berpenghasilan sekaligus menambah lapangan pekerjaan. Di tengah persaingan yang makin ketat, pelaku bisnis termasuk UMKM, perlu melakukan berbagai cara promosi dan pemasaran, salah satunya melibatkan affiliate creator. Kolaborasi UMKM dan affiliate creator akan menguntungkan semua pihak. UMKM bisa meningkatkan penjualan sedangkan affiliate creator dapat memperoleh penghasilan. Oleh karena itu, kami menghadirkan inisiatif Creators Lab.”

Creators Lab memberikan pemahaman utuh mengenaiprinsip afiliasi dan strategi pemasaran di platform digital kepada generasi muda untuk membantu pemasaran produk UMKM lewat kreativitas konten. Creators Lab terdiri dari sejumlah modul, yaitu: (1) Afiliasi dan Personal Branding, (2) Perancangan Skrip Video, (3) Strategi Konten dan Persiapan Live Streaming, (4) Evaluasi Performa Konten. Creators Lab diluncurkan Juli 2024 di Surabaya, Jawa Timur, bersama Surabaya Next Leader. Pada bulan September 2024, Creators Lab dilakukan di Tegal, Jawa Tengah, bersama BNI. “Hingga kini, kami telah memberikan pelatihan kepada ratusan generasi muda untuk menjadi affiliate creator yang andal. Sejalan dengan semangat gotong royong Sumpah Pemuda, Tokopedia dan ShopTokopedia, bersama para mitra strategis, akan terus berupaya menghadirkan Creators Lab di berbagai wilayah lain di Indonesia,” tambah Aditia.

“Tokopedia dan ShopTokopedia pun sangat mengapresiasi affiliate creator muda yang konsisten memberdayakan masyarakat lewat konten edukatif, sekaligus membantu pelaku usaha memperluas pasar dan memasarkan produk,” kata Aditia.

Salah satunya, Ravenna Ravika (Vika), seorang PCOS (Polycystic Ovary Syndrome)  survivor, sekaligus ibu satu anak, yang fokus mengedukasi komunitas mengenai kesehatan reproduksi lewat konten di media sosial. Vika juga mempromosikan produk dari para pelaku usaha untuk menjaga kesehatan reproduksi. Berkat menjadi affiliate creator Tokopedia dan ShopTokopedia, Vika mengaku memiliki waktu lebih banyak dengan keluarga dan bisa mendapatkan penghasilan yang bahkan melebihi saat bekerja sebagai karyawan.

Berkat affiliate creator muda, salah satunya Vika, transaksi produk kesehatandi Tokopedia dan ShopTokopedia mengalami pertumbuhan yang positif. Pada kuartal III 2024, beberapa produk kesehatan paling laris di Tokopedia, yaitu: obat-obatan, perlengkapan medis, serta vitamin dan suplemen. Sedangkan di ShopTokopedia, antara lain: vitamin dan suplemen, masker dan perlengkapan medis.

Teks: Setia | Foto: Tokopedia