Jakarta, Kirani – Pandemi global yang melanda dunia selama dua tahun, kini mulai memasuki tahap akhir. Hal ini memberikan angin segar terutama bagi dunia traveling yang kini semakin dipandang sebagai gaya hidup. Banyak masyarakat Indonesia yang menyukai aktivitas traveling atau bepergian. Tak terkecuali Generasi Z yang sering menggunakan kata ‘healing’ sebagai istilah kekinian liburan.
Salah satu agen perjalanan ternama, Golden Rama Tours & Travel, melihat potensi pasar dimana Generasi Z mampu mendorong pertumbuhan transaksi perjalanan hingga 105 persen. Karena itu, agen perjalanan ini terus melakukan inovasi dan adaptasi terhadap perluasan pasar bisnis yang terjadi.
Di penghujung tahun 2022, agen perjalanan ini memperkenalkan inovasi terbarunya berupa pembaruan tampilan situs goldenrama.com guna mempermudah pelanggan dalam mengakses serta melakukan transaksi di situs tersebut. Seiring dengan peluncuran tampilan barunya, situs ini mengusung kampanye “Holiday Serum” yang bertujuan mengenalkan manfaat dari liburan atau traveling sekaligus memperluas segmentasi pasar.
Sosok di balik kampanye Holiday Serum
Adalah Ricky Hilton, seorang senior di bidang komunikasi pemasaran yang telah bekerja di berbagai bidang industri, sebut saja industri FMCG serta media agensi dan telekomunikasi. Ricky melihat industri agen perjalanan merupakan salah satu industri yang memiliki ketahanan bisnis luar biasa, oleh karena itu perlu adanya dorongan strategi pemasaran berbasis kreatif untuk dapat terus bergerak maju.
Holiday Serum merupakan sebuah bentuk simbolis dari situs ini, di mana pada kandungan serumnya terdiri dari bahan-bahan yang dapat menunjang kebutuhan traveling, seperti tiket pesawat, akomodasi, dan paket wisata. Bahan-bahan tersebut bisa didapatkan dalam situs Golden Rama. Ibarat serum yang biasanya berbentuk praktis dan dapat dibawa ke mana-mana, begitu juga dengan situs ini yang begitu mudah diakses di mana saja dan kapan saja.
“Dengan adanya Holiday Serum yang hadir sebagai creative campaign tampilan baru dari situs ini, saluran distribusi digital diharapkan dapat mengkontribusikan 5 persen total penjualan di tahun awal.” ujar Ricky.
Saat ini, Ricky menjabat sebagai Head of Marketing Communications Golden Rama Tours & Travel dan bertugas untuk mengelola portfolio jajaran produk dari Golden Rama. Ada pun portfolio produknya mencakup tiket pesawat dengan 550 maskapai penerbangan, 895.000 properti penginapan yang tersebar di berbagai destinasi domestik dan internasional, mitra kapal pesiar, institusi perbankan, serta perwakilan pariwisata (tourism board) dari sejumlah negara untuk mendukung kinerjanya.
“Berdasarkan beberapa studi atau literasi perilaku konsumen dimana Gen Z kerap membutuhkan proses ‘healing’ dalam bentuk liburan, tentunya produk ini menjadi sesuai. Tugas utama tim pengembang kami adalah memastikan akses produk dan layanan berbasis online ini harus sejalan dengan performa dari bisnis offline kami yang berorientasi pada layanan profesional serta prima.” Ungkap Ricky panjang lebar.
Tiga Pilar Bisnis Golden Rama Tour&Travel
Situs perjalanan goldenrama.com menghadirkan tiga pilar bisnis utama yang berorientasi pada:
1.Tourism Inspirational Center
Pada situs ini juga terdapat beragam katalog paket perjalanan ke destinasi unggulan serta artikel – artikel yang berisi inspirasi liburan yang kemudian ditunjang dengan media sosial sebagai tambahan informasi terkini terkait dunia pariwisata.
2.Integrated Travel Solution
Situs ini menawarkan solusi liburan praktis dan instan dengan menghadirkan berbagai produk tour ke beragam destinasi unggulan di dunia. Selain itu juga menawarkan tiket pesawat, hotel, dan juga cruise.
3.Personalization and Concierge Service
Menjadi sebuah keunggulan utama, di mana konsumen dapat merancang perjalanan sesuai dengan anggaran, jadwal, dan pilihan destinasi yang ingin ditentukan secara bebas dan personalisasi. Situs ini menyediakan perjalanan insentif atau bisnis yang dirancang untuk sebuah perusahaan atau pun perjalanan pribadi.
“Situs goldenrama.com yang hadir dengan fitur lebih lengkap ini akan menjadi solusi bagi pelanggan yang membutuhkan layanan perjalanan, baik untuk pribadi ataupun korporasi, dan tentunya kami harapkan proses digitalisasi akan semakin cepat di mana layanan prima yang telah dimiliki dalam basis offline oleh Golden Rama dapat diakses secara optimal melalui layanan digital,” ujar Ricky.
Dalam sejarahnya agen perjalanan ini berdiri berdiri sejak 1971 dan merupakan travel agent terdepan di Indonesia. Hingga kini memiliki 11 kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia, hadir dengan berbagai layanan perjalanan untuk memenuhi kebutuhan individu dan korporasi yang mengukuhkan posisi Golden Rama sebagai pintu gerbang anda menuju destinasi yang luar biasa.
Teks Hadriani Pudjiarti | Foto dok.Istimewa