Royal Wedding Pangeran Harry dan Meghan, Pernikahan Cinderella Jaman Now

Jakarta, Kirani – Bak dongeng cinta klasik pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle menjadi sorotan jutaan pasang mata di dunia pada Sabtu, 19 Mei 2018.

Boleh dibilang Meghan merasakan dirinya bak Cinderella Jaman Now, yang hari itu spesial dan istimewa resmi dipersunting Pangeran Kerajaan Inggris, Prince Harry. Pernikahan artis cantik asal Amerika ini dengan adik Pangeran William berlangsung di gereja, Kapel St. George di Kastil Windsor, Inggris.

Saat pemberkatan di gereja – Foto dari screenshoot IG princeharry2273

Gereja ini merupakan tempat Pangeran Harry dibaptis saat dirinya berusia tiga bulan, juga tempat pernikahan sang ayah, Pangeran Charles dengan Camilla Parker Bowles. Sama dengan sang kakak dan kakak ipar, Pangeran William dan Kate Middelton, pasangan ini juga tidak melakukan ciuman di dalam gereja usai pemberkatan pernikahan.

Meski tidak melakukan ciuman di dalam gereja usai menikah, Pangeran William dan Kate Middleton tetap melakukan ciuman di balkon gereja, tempat mereka melangsungkan pernikahan. Keduanya saat itu mengikat janji suci di gereja tertua di Inggris yang berada di Istana Buckingham.

Namun, melansir laman US Magazine, berbeda dengan Pangeran William dan Kate, Pangeran Harry dan Meghan Markle memutuskan tidak melakukan pose ikonik itu. Melansir laman People.com, hal ini kabarnya tidak dilakukan sebab gereja tersebut memang tidak memiliki balkon.

Sementara itu,  tempat yang memiliki balkon dan cukup layak untuk melakukan ciuman ada di Istana Buckingham. Namun, diperlukan waktu sekitar satu jam ke sana dari Kastil Windsor, tempat Harry dan Meghan menikah.

Tidak adanya balkon rupanya tak membuat pasangan Meghan dan Harry tidak melakukan ciuman pertama sama sekali di depan publik. Terlebih ciuman ini sudah sangat dinantikan masyarakat yang telah menunggu keduanya di luar gereja.

Usai melakukan pemberkatan pernikahan, Meghan dan Harry langsung berjalan keluar gereja dan menyapa masyarakat. Menariknya, pasangan pengantin baru ini berhenti di tengah tangga pintu depan kapel gereja.

Ciuman mesra di depan publik seusai sah menjadi suami isteri – Foto dari screenshoot IG princeharry2273

Di tangga itulah Meghan dan Harry saling memberi ciuman pertama usai resmi menikah. Ciuman ini dilakukan tepat sebelum keduanya meninggalkan gereja untuk melanjutkan rangkaian acara di pernikahan mereka. Tentunya, hal ini membuat sorak sorai masyarakat yang ada di lokasi, yang turut berbahagia dalam perhelatan Royal Wedding.

Sebagai informasi, ciuman di Balkon gereja usai menikah ini sudah menjadi tradisi setiap Royal Wedding. Tradisi ciuman di balkon dilakukan sejak pernikahan Pangeran Charles dan Putri Diana pada 1981. Selanjutnya, William dan Kate juga melakukan hal yang sama usai menikah pada April 2011.

Kemesraan tampak pada pada pasangan ini, dimana Pangeran Harry tak segan memuji Meghan, “Kamu terlihat luar biasa,” katanya sambil terus memandangi mesra dan takjub pada belahan hatinya ini. “Saya sungguh beruntung,” lanjut Pangeran Harry sambil tertawa, sementara sang kekasih, Meghan hanya tersipu malu. Sungguh suasana ini sangat romantis alami ala mereka berdua.

Meghan mendapat gelar Duchess of sussex  menjadi menantu Kerajaan Inggris berbekal Instrumen Persetujuan dari Ratu Elizabeth. Untuk pernikahaannya dengan Pangeran Harry tertulis “Rachel Meghan Markle”. Sementara pada pernikahaan Pangeran William dan Kate Middleton disebut “Our Trusty and Well-lived Catherine Elizabeth Middleton” atau “Yang Terpercaya dan Dicintai Catherine Elizabeth Middleton”.

Biaya Nikah Fantastis

Pernikahan yang menjadi pusat perhatian dunia ini, kabarnya memakan biaya tinggi. Seperti dilansir situs The Sun, Bridebook mengulas penikahan Pangeran Harry dan Meghan menelan biaya lebih mahal dibanding pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton yang diduga menghabiskan 20 juta pound sterling atau Rp 379,46 miliar. Wow fantastis biayanya!

Untuk kue pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle berbentuk bunga unik memiliki kisaran harga sekitar $784.80 (Rp. 14.915.000,-) untuk 150 porsi. Sementara Pangeran Harry dan Meghan mengundang sekitar 600 tamu undangan ke pesta pernikahan mereka. Belum termasuk biaya untuk hiasan bunga segar yang dihargai sekitar ₤100 (Rp. 1.900.000,-) untuk beberapa ikat bunga, belum lagi biaya pengiriman yang tidak tercantum.

Lemon Elderflower Cake, demikian nama kue pernikahan mereka yang terdiri dari sponge lemon cake, yang dicampur dengan 10 botol sirup bunga elderflower, dan ditutupi buttercream terbuat dari 200 buah lemon Italia, yang dikirim langsung dari Amalfi.  Kue ini dibuat oleh baker handal asal California, Claire Ptak yang memiliki toko kue Violet Bakery di London.

Lemon Elderflower Cake menjadi pilihan Pangeran Harry dan Meghan Markle – Foto screenshoot Youtube Royal Family

Dilansir Delish (19/05). kue ini dibuat untuk 600 tamu undangan. Akan disajikan ketika acara jamuan makan siang di St. George’s Hall yang diadakan oleh Ratu Elizabeth, setelah upacara pernikahan mereka.

Kemudian untuk pengamanan sangat ekstra termasuk penembak runduk (sniper), polisi dalam penyamaran, dan sejumlah teknologi militer, seperti sistem antidrone. Total pengamanan tersebut, menurut Bridebook, menghabiskan biaya 30 juta pound sterling atau Rp 569,19 miliar.

Diperkirakan untuk masalah pengamanan jauh lebih ketat dibanding pada pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton. Hal itu disebabkan karena belakangan ini tingginya ancaman teroris di seluruh dunia.

Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle mengambil konsep BYOF: Bring Your Own Food,  dihadiri sekitar 2000 undangan. Para tokoh dan pesohor dunia yang hadir di acara ini antara lain Victoria Beckham dan Victoria Beckham, lalu keponakan Putri Diana, Lady Kitty Spencer, bintang George dan Amal Clooney, Carey Mulligan, Tom Hardy, Priyanka Chopra, Sarah Rafferty rekan yang sama-sama membintangi Suits, kemudian Serena Williams, Oprah Winfrey, Idris Elba dan sebagainya.

Di sisi lain, banyak juga yang mengkritisi pernikahan Pangeran Harry dan Meghan dari sisi make up atau riasan pengantin yang dikenakan sang mempelai wanita terbilang sederhana. Dikutip dari laman Harpers Bazaar, pulasan make up itu memang disesuaikan dengan kesederhanaan yang ditampilkan dari gaun pengantin rancangan rumah mode kenamaan Prancis, Givenchy.

Cantik, klasik dan sederhana sosok Megan Markle – Foto dari screenshoot IG princeharry2273

Meghan yang berusia 36 tahun ini memulai debutnya sebagai seorang istri anggota keluarga Inggris dengan menampilkan kecantikan khasnya. Meghan yang berkulit eksotis pada hari besarnya ini tampak glowing. Dan diitangani make up artis, Daniel Martin yang memulas Meghan cenderung nude atau warna kulit. Menurut Daniel hal ini memberikan kesan natural untuk penampilan Meghan pada momen istimewanya.

Gaun pengantin yang dikenakan Meghan meski terlihat sederhana namun tetap elegan. Apalagi dengan detail detail boat neckline dan long sleeves serta dipadukan tiara milik Ratu Mary. Membuat Meghan benar-benar tampil seperti di dongeng Cinderella. Selamat untuk Pangeran Harry dan Meghan!

Hadriani P I Berbagai Sumber The Sun, US Magazines, Harpers Bazaar

Facebook Comments