Plataran Canggu, Surga Tersembunyi di Riuhnya Kuta Bali

Jakarta, Kirani – Siapa yang pernah menyangka, di antara hijaunya persawahan, di tengah asrinya perkampungan di Canggu, Bali, tersembunyi sebuah surga nan indah, Plataran Canggu Bali Resort & Spa.

Sepertinya baru 20 menit kami tinggalkan Bandara Internasional Ngurah Rai, dan baru sesaat lalu berada di keramaian Seminyak, tiba-tiba kami telah berada di teduhnya pekarangan Plataran Canggu Bali Resort & Spa. Sebuah kejutan yang menyenangkan yang dilanjutkan dengan kejutan menyenangkan berikutnya. Berkeliling menyusuri resort seluas 3 hektar ini, rimbunnya pohon di tengah hutan, gemericik air sungai yang mengalir jernih membelah resort, hingga merdunya kicau burung hadir menemani kami. Dan semua itu hanya beberapa ratus meter dari riuhnya area turis di Kuta, Bali.

 

Private Pool Villa

Eksotisme Indonesia

Dibangun dari rumah joglo yang berusia sekitar 250 tahun, beratapkan alang-alang, serta desain ruangan yang sangat khas Indonesia, setiap vila dari total 18 vila yang ada di Plataran Canggu mampu menghadirkan kenyamanan serta pengalaman eksotis bagi setiap tamu yang menginap. Kenyamanan yang semakin lengkap dengan hadirnya private pool yang dikelilingi rimbunnya pepohonan di masing-masing vila.

 

Melewati malam yang syahdu ditemani suara jangkrik, pagi yang indah terasa sempurna dengan menikmati segarnya kolam renang yang hanya selangkah dari kamar. Dari villa yang tersedia, yaitu One Bedroom Garden Villa, One Bedroom Private Pool Villa, One Bedroom Grand Private Pool Villa, Two Bedroom Family Private Pool Villa, Two Bedroom Duplex Private Pool Villa, hanya pada tipe One Bedroom Garden Villa tidak tersedia kolam renang di dalam vila. Namun jangan kecewa, berjalan beberapa langkah saja, kolam renang berbentuk setengah lingkaran dengan airnya yang biru jernih di antara taman cantik akan menggoda Anda untuk segera bersantai di dalamnya.

 

Saat lapar melanda, langkahkan kaki menuju Teras Canggu, resto utama di Plataran Canggu, dan bersiap untuk dimanjakan oleh beragam menu khas Bali dengan otentisitas rasa yang begitu menggugah. Salah satu menu yang sangat patut untuk dicicipi adalah Tuna Sambal Matah dan Lobster Bakso. Dijamin Anda akan tergoda untuk mencoba dan mencobanya lagi setiap kali rasa lapar memanggil.

 

Belajar Memasak di Paon Bali

Meski memanjakan Anda dengan suasana kamar yang begitu menenangkan, Plataran Canggu telah mempersiapkan beragam aktivitas untuk mengisi waktu selama menginap di resort ini. Cooking class adalah salah satunya. Kegiatan yang berlokasi di Paon Bali, sebuah dapur unik dengan setting tradisional Bali dilengkapi tungku kayu. Para peserta cooking class akan diajak ke pasar tradisional terdekat untuk berbelanja bahan-bahan yang dibutuhkan, lalu diajarkan memasak masakan khas dengan bumbu tradisional Bali. Dengan biaya sebesar Rp 550.000++, kegiatan menarik ini selalu mampu memikat dan menghibur para tamu yang sebagian besar berasal Eropa.

Kegiatan menarik lainnya dalah membuat jamu. Berbalut kebaya dan kain ala perempuan Bali, atau kameng dan udeng ala pria Bali, peserta diajak mempersiapkan jamu mulai dari memarut kunyit, mencampurnya dengan air dan jeruk nipis sesuai takaran, hingga menyaringnya dan menjadi jamu siap minum. Menarik dan menyehatkan.

 

Cooking Class

 

Aktivitas Luar Ruang Yang Menantang

Anda memiliki jiwa petualang dan tak betah tinggal diam? Beragam aktivitas seru siap mengajak Anda mengeksplorasi kawasan Canggu. Salah satunya adalah bersepeda. Tersedia sepeda yang dapat Anda gunakan kapan saja untuk berkeliling perkampungan di sekitar resort. Habiskan waktu sekitar satu jam bersepeda, Anda akan temukan betapa indah dan mengasikkan kawasan ini.

Ingin mengenal kawasan Bali lebih jauh lagi? Plataran Canggu siap memfasilitasi beberapa aktivitas luar seperti mengunjungi salah satu kampung tertua di Bali-Tenganan Village, dimana Anda dapat berinteraksi dengan penduduk lokal yang masih melakoni rutinitas tradisi. Atau berkunjung ke Jati Luwih, sebuah area persawahan dengan sistem ‘subak’ khas Bali. Bagi pecinta olahraga air, silakan melakukan rafting di sungai Ayung atau sungai Telaga Waja, salurkan hobi di jernihnya air sambil menikmati pemandangan indah.

 

Padma Spa

Akhirnya, setelah seharian beraktivitas, hilangkan lelah dan penat Anda melalui pijatan tangan terapis berpengalaman di Padma spa. Mengandung arti lotus suci, padma spa menghadirkan terapi dengan keharuman khas Indonesia yang mampu mengembalikan kesegaran tubuh dan ketenangan pikiran, memancarkan kembali pesona dalam diri Anda.

 

 

Teks : Tya Handayani     Foto : Dok. Plataran Canggu

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Facebook Comments