Persiapkan Perlengkapan Sebelum Berangkat Liburan

Jakarta, Kirani – Travelling atau bepergian memang menyenangkan. Terlebih bila dilakukan bersama orang-orang tersayang. Akan tetapi kegiatan ini akan berkurang atau bahkan menjadi tidak menyenangkan bila Anda tidak mempersiapkannya dengan baik. Persiapan yang kurang dapat mengakibatkan timbulnya masalah yang dapat mengganggu atau bahkan menyusahkan Anda sepanjang perjalanan. Masih bagus kalau Anda hanya merencanakan liburan singkat dan tak terlalu jauh. Bagaimana bila Anda tengah berada dalam sebuah liburan panjang namun terjadi hal yang tidak diinginkan karena kurangnya persiapan Anda?

 

Agar perjalanan menyenangkan, Anda perlu mempersiapkan barang-barang yang sebaiknya dibawa untuk memenuhi kebuhan sepanjang perjalanan.  Benda-benda yang ringkas dan fungsional akan sangat membantu dan memudahkan perjalanan. Yuk, kita buat daftar barang-barang yang akan membuat perjalanan Anda terasa mudah dan menyenangkan.

 

Ukuran koper penting untuk dipertimbangkan

 

1.Koper

Untuk Anda yang melakukan perjalanan normal dan bukan backpacker, koper adalah salah satu keperluan utama. Memilih koper yang tepat sangatlah penting. Salah membawa koper akan membua t perjalanan Anda terganggu. Pertama yang harus diperhatikan adalah ukuran koper. Untuk bepergian 2-3 hari tanpa agenda yang padat, Anda cukup membawa koper yang tidak terlalu besar sehingga tidak memberatkan. Namun untuk perjalanan yang cukup lama, seperti 5-7 hari atau lebih, bawalah koper yang cukup besar. Terlebih bila agenda Anda cukup padat, koper dengan ukuran besar dapat memuat segala keperluan Anda.

 

Selain ukuran, satu hal lagi yang perlu diperhatikan mengenai koper adalah materialnya. Secara general, kita bisa membaginya menjadi menjadi hardcase dan softcase. Hardcase , karena sifatnya yang anti air, bisa memberi perlindungan dari resiko barang-barang yang basah saat di dalam koper. Jenis penutup dan penguncinya juga lebih bervariasi, sehingga bisa lebih menjaga keamanan barang. Sementara koper softcase mampu menyerap guncangan relatif lebih baik dibandingkan koper hardcase. Jadi si pengguna tidak perlu khawatir akan resiko koper rusak karena retak atau pecah saat dipindahkan.

 

2.Tas pinggang

Bila koper diperlukan untuk menyimpan semua barang bawaan Anda, satu lagi yang Anda perlukan adalah tas pinggang. Kegunaan tas pinggang ini untuk menyimpan  barang-barang penting seperti uang, kartu kredit, kartu identitas atau paspor. Mungkin Anda berfikir ransel atau tas selempang saja cukup. Akan tetapi, ada saat Anda meninggalkan mereka, seperti saat duduk di kereta, saat makan di restoran, pergi ke kamar kecil, dan lainnya.  Terutama saat Anda bepergian ke daerah yang termasuk rawan, penting untuk memastikan bahwa barang-barang penting melekat di tubuh Anda. Saat ini cukup banyak tas pinggang dengan model yang tipis dan tidak mengganggu penampilan.

 

3.Tas lipat (foldable reusable bag)

Tas lipat atau tas belanja yang bisa dilipat seringkali diperlukan saat bepergian. Selipkan tas lipat ke dalam tas selempang saat Anda berjalan-jalan di destinasi tujuan, sehingga tak perlu membawa tas ukuran besar. Dan bila ada sesuatu barang yang unik dan menarik minat, Anda dapat membeli dan mengeluarkan tas ini untuk membawanya. Simpel bukan?

 

Dokumen penting harus selalu melekat pada Anda

 

4. Map atau amplop untuk menyimpan dokumen

Di era  digital seperti sekarang ini, memang segala sesuatu serba digital. Dengan segala hal berbau digital ini, kita tak lagi merasa harus mencetak tiket, voucher hotel, atau dokumen apapun, cukup tunjukkan dokumen elektronik dari ponsel. Akan tetapi mungkin saja ada hal tak terduga yang membuat Anda tidak bisa mengakses ponsel, entah baterei habis atau masalah lain.

Untuk mengantisipasi hal-hal seperti ini, biasakan mencetak setiap dokumen yang diperlukan seperti e-ticket, e-voucher, dan lainnya. Lalu simpan di dalam map plastik bersama dengan dokumen lain seperti  rute kereta, informasi mengenai destinasi tujuan, serta salina dokumen penting seperti ktp atau paspor. Bila terjadi hal buruk yang tidak diinginkan seperti kehilangan atau kecopetan, setidaknya Anda masih menyimpan salinan dokumen yang diperlukan.

 

5.Kartu Kontak Darurat

Tuliskan kontak-kontak darurat yang Anda perlukan pada selembar kertas kaku yang tidak mudah koyak. Buat beberapa salinan dan simpan tersebar di tas, koper, dompet, atau kantong Anda. Kebanyakan orang lupa untuk melakukan hal ini. Namun ini penting untuk mengantisipasi terjadinya hal buruk seperti kehilangan ponsel atau bahkan kecelakaan. Daftar kontak itu bisa berisi misalnya nomor telepon asuransi, bank, serta orang yang bisa Anda andalkan dalam kondisi darurat.

 

6.Syal atau pashmina

Memiliki banyak fungsi seperti menjaga Anda untuk tetap hangat, aksen berpakaian, melindungi kepala, penyangga leher ketika tidur di transportasi umum, ataupun sebagai selimut ekstra. Untuk bepergian pada musim panas cukup bawa syal tipis, tapi bila musim dingin ada baiknya Anda membawa syal yang lebih tebal.

 

 

Teks : Setia Bekti                   Foto : Dok. Istimewa

 

 

Facebook Comments