Musim Hujan dan Banjir, Siapkan 8 Hal Penting Ini!

Jakarta, Kirani – Hujan rutin dengan curah yang tinggi setiap hari mengguyur sejumlah wilayah di Jakarta, Bekasi, Tangerang, Depok, Bogor dan Bekasi. Bahkan Badan Meterologi dan Geofisika (BMKG) memberikan informasi hujan dengan curah hujan yang tinggi masih akan turun hingga akhir Januari 2020 ini.

 

Ya awal tahun 2020 memang disambut dengan hujan bercurah tinggi, cuaca yang dingin bahkan banjir yang terjadi di berbagai wilayah. Dampak lainnya beberapa orang mulai mengalami penyakit musiman, seperti demam, flu, bahkan demam berdarah.

 

Nah, berikut adalah yang bisa dilakukan demi menjaga kesehatan tubuh sepanjang musim hujan:

 

1. Melindungi diri dari hujan
Orang sering menganggap sepele soal hujan, bahkan ketika basah kuyup terkena hujan diabaikan begitu saja. Padahal dengan kondisi begini kita akan lebih rentan mengalami demam. Para peneliti menemukan bahwa tubuh yang dingin, terutama kaki, bisa memunculkan gejala demam pada tubuh yang sudah rentan terhadap virus flu.

Karena itu perlu waspada diri dan usahakan menjaga tubuh tetap hangat. Sebab kondisi tubuh yang dingin akan mengganggu kelancaran aliran darah, termasuk ke area hidung. Nah, pada hidung yang dingin menjadi faktor yang lebih disukai virus penyebab demam. Jadi, jangan biarkan tubuh Anda basah kehujanan tanpa perlindungan apapun.

 

Biasakan minum hangat

 

2. Sebaiknya selalu konsumsi vitamin C
Seperti diketahui vitamin C bisa membantu mempercepat pemulihan tubuh yang terjangkit virus demam. Vitamin C bisa dikonsumsi dalam bentuk alami sebagai makanan atau pun suplemen, bisa juga mengkonsumsinya pada makanan-makanan yang mengandung vitamin ini. Misalnya pada buah-buahan seperti jeruk, nanas dan pepaya. Juga terdapat dalam cabai hijau dan merah.

Secara khasiatnya vitamin ini untuk mengobati demam, meski masih menjadi perdebatan di kalangan para dokter. Yang pasti, dengan memenuhi asupan Vitamin C, bisa menjadi salah satu cara antisipasi dan membantu menguatkan antibodi, selain berkhasiat mengurangi gejala demam.

 

3. Membiasakan diri mandi air hangat
Hujan yang mengguyur kadang sering diabaikan begitu saja. Padahal ada bahaya juga membiarkan badan yang sudah terguyur hujan. Karena itu segeralah mandi dan sebaiknya dengan air hangat.

Karena mandi dengan air hangat dipercaya tak hanya menyebabkan suhu tubuh perlahan naik, namun juga bisa membersihkan tubuh dari infeksi. Nah, apabila tidak ingin mandi, Anda juga bisa merendam kaki di dalam baskom air hangat.

 

4. Sediakan anti bakteri untuk kaki
Pada cuaca dingin dan musim hujan, terutama yang terkena banjir dan tanpa sadar akibat wira-wiri pada genangan air, sangat memungkinkan masuknya kuman dan penyakit yang biasa menyerang kulit.

Maka disarankan untuk merendam kaki dengan sabun atau obat anti bakteri dan jamur seperti PK(Kalium Permanganat), atau sabun cair Detol yang mengandung antiseptic.

 

5. Disarankan bersantap minuman dan makanan yang hangat atau panas
Ketika cuaca dingin, konsumsi minuman hangat menjadi langkah yang tepat. Artinya disarankan saat hujan, cuaca dingin sebaiknya minum yang hangat, boleh susu, cokelat, teh, minuman berenergi sereal, atau kopi.

Bahkan, bersantap semangkuk sup panas menjadi pilihan tepat dalam situasi cuaca dingin dan musim hujan. Karena mengkonsumsi minuman atau makanan berkuah hangat dan panas bisa membantu mencegah demam atau infeksi lainnya yang mungkin terjadi karena perubahan temperatur.

 

Stok makanan untuk berjaga-jaga

 

6. Disarankan untuk selalu perbanyak minum air putih
Lagi-lagi cuaca nan dingin sering membuat orang tidak merasa haus, sehingga kita lebih jarang minum. Padahal, disarankan sebaiknya saat cuaca dingin atau musim hujan perbanyak minum air putih.

Hal ini bertujuan supaya tubuh terhindar dari dehidrasi. Selain itu, dengan banyak minum air putih juga akan membantu membersihkan tubuh dari racun karena pada cuaca begini kita akan sering ke belakang buang air kecil.

 

7.Selalu menjaga tempat tinggal tetap bersih dan rapi
Pada musim hujan, banyak orang memilih berdiam di dalam ruangan agar tetap hangat. Meskipun terdengar nyaman, penyebaran kuman penyakit juga tidak bisa terhindarkan. Karena itu selalu memastikan tempat tinggal agar tetap bersih dan rapi. Tentu saja hal ini juga untuk mencegah penyebaran kuman penyakit yang memang rentan di cuaca begini.

 

8. Menyediakan Stok Makanan
Pepatah bilang sedia payung sebelum hujan. Artinya mengantisipasi segala sesuatu sebelum akan terjadi sebuah peristiwa. Sering kita lupa mengabaikan bila masuknya musim hujan begitu saja tanpa persiapan, menyediakan stok makanan yang cukup.

Maklum saat musim hujan, cuaca dingin bahkan ketika menghadapi banjir disarankan untuk selalu menyediakan stok makanan. Dalam kondisi begini kebutuhan soal makan sangatlah tinggi. Karena itu, pastikan di rumah untuk selalu menyediakan atau menyiapkan stok makanan yang cukup. Kadang saat musim hujan apakagi pada saat situasi banjir, akan sulit mendapatkan makanan karena sering pasar tutup, terkendala akses banjir atau sedikit bahkan jarang yang berjualan.

 

 

Teks : Hadriani. P/ berbagai Sumber                  Foto : Dok. Istimewa

 

 

 

Facebook Comments