Mbak Tutut Mantu, Keluarga Cendana Bersuka Cita Dengan Tema Pernikahan Bhinneka Tunggal Ika

Jakarta, Kirani Siti Hardijanti Indra Rukmana alias Mbak Tutut menggelar hajat khusus di bulan penuh cinta, Februari 2020.

 

Ya, Mbak Tutut menikahkan putranya Danny Bimo Hendro Utomo dengan gadis Makassar bernama Raiyah Chitra Caesaria. Danny merupakan putra ketiga Mbak Tutut.

 

Pernikahan ini berlangsung di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta, diawali dengan akad nikah pada Sabtu, 15 Februari pagi, dan malam hari di tempat yang sama digelar resepsi pernikahan

 

Menurut juru bicara keluarga Tutut Suharto, Dandy Indra Rukmana menjelaskan, acara akad nikah menggunakan adat Bugis-Makassar. Sementara acara resepsi menggunakan perpaduan adat Jawa dengan Sunda.

 

“Jadi pengantin di pelaminan menggunakan adat Jawa, sementara keluarga dan among tamu menggunakan busana adat Teluk Belanga, Sunda,” kata Dandy kepada wartawan, tiga hari sebelum acara pernikahan berlangsung.

 

Menurut Dandy, perpaduan adat Jawa dan Sunda dalam resepsi pernikahan Danny dengan Raiyah Chitra kali ini merupakan kesepakatan antara sang ayah Indra Rukmana dengan Ibunda, Tutut Soeharto. Kebetulan Tutut Soeharto berasal dari Jawa Tengah, sementara Indra Rukmana berdarah Sunda.

 

Akad nikah dalam balutan busana penganitn Makassar

 

Tema Pernikahan Bhinneka Tunggal Ika

 

“Jadi ini Bhinneka Tunggal Ika,” kata putra sulung Mbak Tutut ini sambil menjelaskan  bahwa di kediaman Ibunya, di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, dilakukan pemasangan Bleketepe, simbol dalam sebuah prosesi pernikahan adat Jawa dan juga pengajian.

 

Melalui akun Instagramnya @TututSoeharto pada 13 Februari 2020 lalu menuliskan, “Saya mendampingi Mas Indra memasang Bleketepe  atau anyaman daun kelapa sebagai tanda dimulainya prosesi pernikahan anak kami,  Bimo Hendro  (Danny Rukmana) dengan Raiyah Chitra, gadis asal Makassar.

 

Bleketepe itu dalam adat Jawa sebagai penanda dimulainya suatu hajatan, ini sebenarnya bukan doa, hanya penanda. Kemudian saya didampingi Mas Indra melanjutkan dengan memasang padi-padian di pintu masuk yang disebut Tuwuhan. Tuwuhan sendiri memiliki harapan agar acara bisa berjalan lancar.

 

Yang menjadi sorotan dalam pernikahan cucu mantan Presiden Soeharto ini adalah mas kawin yang diberikan. Keduanya menikah dengan mas kawin emas 20,2 gram dan uang tunai berupa 88 Riyal Saudi yang dimasukan dalam sebuah kotak kecil dan dibentuk seperti pohon.

Kabarnya kisah cinta dua sejoli ini bermula di Singapura. Keduanya berkenalan pada akhir Februari 2018 melalui sang sepupu. Sebelumnya, Danny pernah menikah dengan artis Lulu Tobing pada tahun 2006 dan akhirnya bercerai di tahun 2016 lalu.

 

Danny Bimo Hendro Utomo danRaiyah Chitra Caesaria, diapit kedua pasang orang tua

 

Keluarga Cendana Bersukacita

 

Pernikahan ini melalui sederet prosesi adat yang sakral yang disambut sukacita oleh Keluarga Cendana, keluarga besar Mbak Tutut. Tampak adik dan kakak Mbak Tutut menghadiri pernikahan ini yaitu Sigit, Bambang dan istrinya, Mayangsari, lalu Titiek, Mamiek juga Tommy Soeharto.

 

Prosesi pernikahan dimulai dari menggelar Mappaci, ritual pernikahan adat Bugis-Makassar, yang digelar tepat pada perayaan Hari Valentine, Jumat 14 Februari 2020, hingga resepsi mewah sehari di Hotel Mulia, Jakarta.

 

Adapun tujuan dan makna digelarnya prosesi Mappacci sebagai bagian dari ritual pernikahan adat Makassar, adalah agar calon pengantin perempuan diberkati dengan doa restu dari keluarga terdekatnya. Dalam prosesi adat ini calon pengantin perempuan tampak mengenakan baju bodo dan sarung yang merupakan busana khas kota asal Angin Mamiri.

 

Pada saat pesta resepsi, tampak Raiyah Chitra  mengenakan kebaya mewah warna blue night sky rancangan desainer ternama, Anne Avantie. Bak Putri Jawa nan anggun penampilan Raiyah Chitra yang disulap menjadi perempuan Jawa, membuat pangling tamu yang hadir. Tentu saja dengan riasan makeup alis hitam tebal dan bibir yang dipulas merah merona.

 

Perias Langganan Keluarga Cendana

 

Kemudian Raiyah Chitra juga tampil menawan dengan untaian bunga melati dan tujuh tusuk konde bunga emas di kepalanya, serta riasan paes hitam klasik Jawa.

 

Bukan perias sembarangan yang mendandani Raiyah Chitra. Tak lain adalah Tienuk Rifki, yang memang biasa mendadani dan menjadi langganan keluarga Cendana.

 

Melalui sentuhan tangan  dingin Ibu Tienuk yang merupakan ahli paes ternama Indonesia ini, maka kecantikan Raiyah Chitra Caesaria sangat terpancar dan membuat decakan kagum para tamu undangan.

 

Resepsi pernikahan ini dibanjiri para tamu dari para selebriti hingga pejabat. Seperti Nabila Syakieb, Eko Patrio, Nia Daniati, Reza Artamevia, Mantan Wapres Jusuf Kalla, Menhan Prabowo Subianto, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti dan sebagainya.

 

Selamat untuk Mbak Tutut, Keluarga Cendana, juga kedua mempelai. Semoga pernikahan Danny dan Raiyah Chitra selalu bahagia, rukun dan selamanya penuh cinta!

 

 

Teks Hadriani.P | Foto Dok. Istimewa

 

 

Facebook Comments