Malaysia Healthcare 2020, Hadirkan Pelayanan Kesehatan Kelas Dunia

Jakarta, Kirani – Sudah bukan rahasia lagi, bahwa Malaysia menjadi salah satu destinasi wisata medis bagi masyarakat Indonesia. Sejumlah rumah sakit di beberapa daerah dengan peralatan kedokteran yang cukup canggih membuat cukup banyak masyarakat negera kita yang melakukan pemeriksaan medis atau bahkan pengobatan di rumah sakit  – rumah sakit di negeri jiran ini.

 

Untuk mengajak masyarakat Indonesia lebih mengenal lagi pelayanan kesehatan di negara tetangga ini, digelarlah Malaysia Healthcare Expo 2020, sebagai bagian dari Malaysia Year of Healthcare Travel 2020. Dikenal juga dengan MyHT2020, program ini ditelah diluncurkan bersamaan dengan kampanye pariwisata Visit Malaysia (VM) 2020. Malaysia Healthcare mengajak masyarakat  Indonesia untuk mendapatkan layanan kesehatan secara holistic sekaligus menikmati atraksi wisata di negeri jiran.

 

ki-ka : Marischka Prudence (Travel Blogger), Datuk Zainal bidin Bakar, Nik Yazmin Nik Azman

 

Acara yang diselenggarakan pada 6-9 Februari 2020 di Mall Kelapa Gading 3, Jakarta Utara ini  dibuka langsung oleh Duta Besar Malaysia Untuk Indonesia YTY Datuk Zainal Abidin Bakar. Dalam pidatonya Datuk Zainal Abidin Bakar menyampaikan bahwa layanan kesehatan di Malaysia dapat memberikan value for money yang baik bagi masyarakat Indonesia yang berminat melakukan perawatan kesehatan di Negeri Jiran. Mengingat nilai tukar RM lebih rendah dibandingkan negeri jiran lain. Di samping itu, jarak yang dekat serta jarang ditemukan kesulitan berkomunikasi karena bahasa akan memudahkan pasien selama di Malaysia.

 

“Kerjasama kami dengan pemerintah Indonesia dalam bidang kesehatan berjalan dengan baik apalagi kami melihat ada potensi besar sehingga diharapkan dapat sektor ini dapat terus berkembang,” sambungnya.

 

Dikenal dengan julukan ‘Healthcare Marvel’, Malaysia telah berkembang menjadi destinasi perjalanan kesehatan kelas dunia. Hal ini terlihat dari tingginya jumlah wisatawan kesehatan yang mengunjungi Malaysia pada tahun 2019, yaitu hampir 1,3 juta jiwa.

 

Nik Yazmin Nik Azman, Marketing Director Indonesia MHTC Farah Delah Suhaimi, YTY Datuk Zainal Abidin Bakar mengunjungi salah satu booth perwakilan Rumah Sakit peserta Malaysia Healthcare Expo 2020

 

Dalam kesempatan ini juga, Nik Yazmin Nik Azman, Chief Commercial Officer Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) mengatakan,”Dari segi wilayah, Asia diperkirakan akan menjadi pusat pertumbuhan baru di industri perawatan kesehatan. Selama pameran berlangsung, masyarakat Indonesia dapat mencari lebih banyak informasi mengenai layanan kesehatan kelas dunia yang mudah diakses dan terjangkau secara kompetitif, dihadirkan secara hangat, ramah dan bersahabat.”

 

“Kami ingin mengundang wisatawan kesehatan di Indonesia untuk menikmati pengalaman perjalanan end-to-end bebas hambatan yang berkualitas tinggi dan terjangkau selama kampanya MyHT2020,” sambung Nik Yazmin.

 

Setelah Jakarta, Malaysia Healthcare 2020 juga akan hadir di kota-kota lain di Indonesia seperti Surabaya, Makassar, dan Pekanbaru. Dengan menghadirkan layanan perawatan kesehatan berkelas dunia seperti kebugaran, pemeriksaan kesehatan, kardiologi, onkologi, perawatan kesuburan dan ortopedi. Pada pembukaan pameran, Malaysia Year of Healthcare Travel 2020 memperkenalkan maskotnya, Dr. Enggang, seekor hornbill cum yang merepresentasikan keramahtamahan Malaysia serta sebagai elemen penting dalam pengalaman perjalanan kesehatan Malaysia.

 

 

Teks : Setia Bekti | Foto : Dok. MHTC

 

Facebook Comments