Cuaca Dingin dan Hujan? Ini Olahraga Yang Cocok Dilakukan Di Musim Hujan

Jakarta, Kirani – Musim hujan, cuaca dingin, memang cenderung membuat kita enggan untuk keluar. Bersembunyi di balik selimut yang menghangatkan sudah pasti lebih nyaman dibandingkan harus melakukan aktivitas apapun, termasuk berolahraga.

 

Akan tetapi, ingat lho akibat yang ditimbulkan bila malas olah raga. Seperti badan terasa pegal-pegal, mudah lelah, mudah stress, hingga terus-menerus makan dan berakibat berat badan semakin meningkat. Tidak ingin kan? Jadi, jangan malas dan mulai gerakkan tubuh, cukup banyak kok olah raga yang tetap bisa dilakukan meski cuaca sedang hujan.

 

1. Lari di tempat
Jogging di taman sambil menikmati pemandangan bunga-bunga bermekaran, dan menyaksikan tingkah polah mereka yang juga memanfaatkan taman, memang menyenangkan. Namun saat kondisi hujan, sulit untuk melakukan aktivitas ini bukan? Kalau hanya hujan rintik mungkin masih bisa, tapi kalau hujan turun dengan lebatnya? Alternatif lain pun harus dipikirkan. Salah satunya adalah dengan lari di tempat. Ya, meski tanpa treadmill, Anda masih bisa melakukan jogging di dalam ruangan atau lari di tempat. Mungkin intensitasnya lebih kecil dibandingkan dengan jogging di luar ruangan, tak apalah, yang penting tetap bergerak dan tubuh tetap sehat.

 

2. Lompat tali atau skipping
Anda pernah main lompat tali saat masih kecil? Istilahnya “lompat karet atau main karet”. Nah, sebenarnya permaianan ini tidak terlalu jauh berbeda dengan skipping, hanya alat yang digunakan saja yang berbeda. Pegang kedua pegangan tali di masing-masing tangan, lalu lakukan gerakan memutar ke depan tubuh Anda, saat tali menyentuh lantai, lakukan lompatan sekitar 1 inch dari tanah. Mudah bukan?

 

Kabarnya, olahraga ini sapat meningkatkan kebugaran, fleksibilitas, serta koordinasi kardio-pernafasan. Dapat membakar hingga 560 kalori bila dilakukan dalam satu jam, olahraga ini juga baik untuk kesehatan tulang, membentuk pinggul, paha, dan paha bagian samping.

 

3. Latihan beban
Latihan mudah ini bahkan bisa Anda lakukan sambil menonton televisi di rumah. Hanya bermodalkan satu set dumbbell, kanan dan kiri, latihan selama kurang lebih satu jam saja Anda dapat membakar sekitar 200 kalori.

 

Plank

 

4. Plank
Ada yang belum tahu apa itu plank? Beda dengan prank atau video lucu-lucuan itu lho ya. Plank dikenal sebagai latihan yang bertujuan untuk memperkuat otot perut. Caranya cukup mudah. Posisikan tubuh seperti saat melakukan push-up, akan tetapi bukan telapak tangan Anda yang menahan beban, melainkan gunakan lengan hingga siku. Lalu tahan tubuh hingga 30 detik. Bagi pemula, latihan ini memang terasa cukup berat, bisa dicoba beberapa 5-10 detik dulu, lalu perlahan ditambahkan durasinya.

 

5. Yoga
Semua pasti kenal dengan olahraga yoga. Namun tentu saja tak semua pernah melakukannya. Jangan khawatir, sekarang ini cukup banyak video tutorial yoga yang bisa Anda ikuti saat tak bisa keluar rumah. Dikenal sebagai olahraga yang dapat menenangkan tubuh, otak, dan pikiran, yoga juga baik untuk memperbaiki postur tubuh dan melatih fleksibilitas. Bahkan, beberapa studi menyebutkan, rutin berlatih yoga sangat baik untuk penderita hipertensi, penyakit jantung, dan nyeri otot.

 

6. Pilates
Seperti yoga, berbegai gerakan pilates pun sudah tersedia videonya, sehingga Anda bisa mengikutinya dari rumah. Gerakan pilates dapat melatih fleksibilitas tubuh, memperlancar peredaran darah dan pernafasan. Berlatih pilates selama satu jam mampu membakar hingga 260 kalori.

 

Yuk, keluar dari selimut nyaman lalu mulai gerakkan tubuh Anda. Dijamin tubuh Anda akan tetap sehat meski cuaca dingin terkadang membuat daya tahan tubuh melemah.

 

 

Teks : Setia Bekti    Foto : Dok. Istimewa

 

 

Facebook Comments