Konsumsi Makanan Ini Untuk Menjaga Mata Selalu Sehat

Jakarta, Kirani – “Mata adalah jendela dunia”

Melalui mata kita dapat melihat segala keindahan yang ada di sekitar kita. Baik secara langsung maupun melalui layar perangkat elektronik. Dengan mata kita dapat mengagumi kebesaran Tuhan melalui ciptaanNya. Oleh karenanya, penting agar sepasang mata, anugerah Tuhan Yang Maha Esa ini, terus kita jaga kesehatannya.

 

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan mata. Salah satunya adalah rajin mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan za-zat yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Beberapa makanan mengandung antioksidan yang terdiri dari berbagai vitamin seperti vitamin A, C, dan E yang sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan kesehatan mata. Makanan apa saja yang termasuk di dalamnya? Mari kita bahas bersama.

 

1. Wortel
Sebagian dari kita mungkin pernah mengalami, saat kecil dulu ibunda tersayang mewajibkan untuk konsumsi wortel setiap hari. Pasti kesal kan? Tapi jangan salah, manfaat dari kewajiban itu yang kita rasakan hingga saat ini. Mengapa? Karena wortel memiliki kandungan beta-karoten yang tinggi sehingga baik untuk mata. Tubuh kita mengubah beta-karoten menjadi vitamin A, yang berguna untuk meningkatkan system kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan mata, fungsi penglihatan, serta kesehatan kulit. Konsumsi satu buah wortel ukuran sedang, berarti kita memberikan tubuh sekitar 5.000 IU vitamin A, yang artinya juga membantu mata kita untuk tetap dalam kondisi prima.

 

2. Labu kuning dan ubi
Seperti wortel, sayuran dan buah lain yang berwarna kuning dan oranye juga mengandung beta-karoten yang kemudian akan diubah oleh tubuh menjadi bitamin A. Rutin mengonsumsi sayuran ini mampu mencegah rabun senja, yaitu kesulitan melihat jelas pada malam hari.

 

3. Brokoli, kubis, paprika
Brokoli, kubis, dan paprika, merupakan tiga jenis makanan yang wajib ada dalam menu untuk Anda yang inginmencegah masalah penglihatan. Ketiganya kaya akan vitamin C yang penting untuk sistem kekebalan tubuh dan penglihatan. Bekerja secara menakjubkan dalam mencegh kerusakan pada sel-sel mata, ketiga makanan ini juga dapat menurunkan resiko penyakit mata akibat usia, seperti makula, glaucoma, dan katarak.

 

4. Bayam dan beragam sayuran hijau
Sayuran hijau mengandung lutein dan zeaxanthin yang berfungsi melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas. Dalam aktivitas sehari-hari, mata kita terpapar sinar matahari, polusi udara dan asap rokok. Kehadiran lutein dan zeaxanthin sebagai antioksidan yang menyerap zat-zat berbahaya tersebut, sehingga tidak dapat lagi merusak sel mata. Berdasarkan penelitian, kedua zat ini juga berfungsi menurunkan resiko katarak dan penurunan daya penglihatan.

 

5. Telur
Mengandung protein, vitamin A dan E, lutein dan omega-3 membuat telur menjadi salah satu makanan terbaik untuk kesehatan mata. Selain mudah didapat, telur juga dapat diolah dalam berbagai bentuk menu, tergantung dari kreativitas Anda.

 

Makanan terbaik untuk kesehatan mata

 

6. Jeruk dan berbagai jenis buah beri
Jeruk dan strawberry serta berbagai buah beri dikenal kaya akan kandungan vitamin C. Selain sebagai antioksidan, buah-buahan ini juga mengurangi resiko penyakit mata degeneratif seperti makula dan katarak. Konsumsi satu mangkuk saji jeruk atau strawberry per hari mampu mencukupi kebutuhan harian vitamin C. Lebih baik lagi bila digantikan dengan blueberry. Antioksidan yang terkandung didalamnya tak hanya melindungi dari penyakit degenaratif tetapi juga melindungi dari kanker, penyakit jantung, bahkan meningkatkan memori dan kemampuan belajar.

 

7. Makanan laut
Tak ada yang dapat menampik tingginya kandungan gizi yang ada di dalam makanan laut. Sebagai sumber asam lemak omega-3, makanan laut juga mampu meningkatkan fungsi penglihatan, penyakit mata karena usia, serta melawan sindrom mata kering. Sertakan ikan salmon, tuna, atau sarden dalam menu setidaknya 1-2 porsi dalam seminggu untuk menjaga mata kita selalu sehat.

 

8. Biji-bijian
Bukan hanya beras putih yang dapat kita konsumsi sebagai sumber karbohidrat. Mengganti beras putih dengan beras merah, quinoa, roti gandum, serta gandum utuh membuat tubuh Anda mendapatkan zinc, vitamin E, niasin, juga nutrisi lain yang dapat meningkatkan kesehatan mata secara keseluruhan. Termasuk dalam kelompok biji-bijian adalah biji bunga matahari atau kwaci yang juga mengandung zinc dan vitamin E. jadi jangan ragu untuk mengudap biji-bijian yang satu ini.

 

9. Kacang-kacangan
Satu genggam kacang almond, walnut, atau pistachio dapat memenuhi kebutuhan nutrisi kita akan vitamin E dan asam lemak omega-3. Sementara kacang merah dan kacang polong membantu menjaga kesehatan mata karena mengandung seng dan bioflavonoid yan bertugas melindungi retina dan mencegah degenarasi makula.

 

10. Daging
Zinc membawa vitamin A dari hati ke retina, kemudian digunakan untuk membuat pigmen pelindung melanin. Dan kandungan zinc yang cukup banyak dapat Anda temui pada daging sapi tanpa lemak juga daging ayam.

 

Teks : Setia Bekti | Foto : Dok. Istimewa

 

 

 

 

Facebook Comments