Kolaborasi UNIQLO dan Kemenkop-UKM untuk Pengembangan UKM Lokal

Jakarta,Kirani – Di masa pandemi ini, pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) menjadi salah satu roda penggerak yang membuat ekonomi Indonesia masih dapat terus berputar. Karenanya, tak salah bila pemerintah dan perusahaan yang cukup besar memberikan dukungan kepada para pelaku UKM ini.

Seperti dilakukan  PT Fast Retailing Indonesia (UNIQLO Indonesia) melalui program Kolaborasi Neighborhood,  yang berkomitmen mendukung pelaku bisnis lokal untuk terus berkembang menjadi lebih baik lagi. Sebuah program yang tentunya mendapat apresiasi dari Koperasi dan UKM (Kemenkop-UKM) dan ditegaskan dalam Memorandum of Understanding (MoU) sebagai wujud kolaborasi dan komitmen dalam mendukung pertumbuhan bisnis UKM lokal di Indonesia.

Penandatanganan MoU diwakili oleh Irma Yunita (Corporate Affairs Director PT Fast Retailing Indonesia) sebagai perwakilan dari Naoki Kamogawa, Presiden Direktur PT Fast Retailing Indonesia dan Ir. R. S. Hanung Harimba Rachman, S.E., M.S. (Deputi Bidang UKM Kementerian Koperasi dan UKM) yang disaksikan oleh Shigeru Kumano (CFO PT Fast Retailing Indonesia), Gibran Rakabuming Raka (Walikota Surakarta) dan Teten Masduki (Menteri Koperasi dan UKM) pada 28 September 2021 di UNIQLO Solo Paragon, Solo, Jawa Tengah.

Program kolaborasi Neighborhood yang diluncurkan sejak 2019 ini berwujud instalasi di area toko-toko UNIQLO Indonesia,  yang menampilkan produk serta informasi dari UKM lokal terpilih. Setidaknya 96 UKM telah berpartisipasi yang tersebar di 15 kota di Indonesia, dan dikaji setiap 6 bulan sehingga lebih banyak pelaku UKM yang mendapatkan kesempatan.

Irma Yunita, Corporate Affairs Director PT Fast Retailing Indonesia menyampaikan, “Melalui program kolaborasi Neighborhood yang selama ini sudah kami lakukan di toko-toko UNIQLO Indonesia, kami berkomitmen untuk ikut mendukung upaya pemerintah dalam pertumbuhan UKM lokal di Indonesia. Sinergitas yang dituangkan dalam MoU hari ini diharapkan mampu membuka peluang kerja sama antara UKM lokal dan bisnis skala besar agar dapat bersaing di pasar domestik hingga global serta membawa dampak positif bagi perekonomian Indonesia.”

Irma menambahkan bahwa Kolaborasi Neighborhood menjadi wujud dukungan UNIQLO Indonesia terhadap pelaku bisnis lokal untuk dapat terus berkembang semakin baik lagi. Peran bisnis skala besar dari pihak swasta seperti UNIQLO Indonesia untuk memajukan UKM ini dapat dilakukan dengan berbagai cara diantaranya dengan membantu mempromosikan produk-produk lokal serta kolaborasi dengan pelaku UKM. UNIQLO juga berharap sinergitas ini dapat berjalan dengan lancar demi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang lebih baik lagi.

Sementara itu, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, menyambut baik kemitraan ini sebagai jalur pemasaran strategis. Diharapkan kerjasama ini dapat mengangkat citra produk Indonesia di level internasional, sekaligus membuka akses pasar bagi produk-produk unggulan daerah ke jaringan pemasaran yang lebih luas lagi.

“Kemitraan antara usaha besar dengan pelaku UKM Indonesia merupakan hal yang signifikan dalam pengembangan ekosistem dukungan bagi UKM. Kami berharap program ini dapat dirasakan oleh semua UKM di seluruh Indonesia,” tegas Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

Kerjasama antara UNIQLO Indonesia dan Kementerian Koperasi dan UKM ini berlaku selama tiga tahun sejak penandatangan MoU, meliputi pendampingan serta pelatihan dalam meningkatkan keterampilan pelaku UKM lokal, kolaborasi serta akses yang lebih luas dalam bidang promosi dan ekspansi pasar di Indonesia yang dapat mendorong pertumbuhan dan perkembangan bisnis UKM lokal.

Teks : Setia Bekti | Foto: dok. UNIQLO Indonesia

Facebook Comments