Berbagi Kebaikan di Bulan Ramadhan Bisa Banyak Cara

Kendal, Kirani – Bulan Ramadhan adalah saat yang tepat untuk berbagi kebahagiaan dan kebaikan. Semua itu bisa dilakukan lewat banyak cara, seperti yang dilakukan oleh RSI Weleri dan Lazis Muhammadiyah Kendal.

 

Bulan penuh kebaikan, dimana manusia diberi banyak ujian dan pahala yang berlimpah. Sebagai pihak yang memiliki sumber daya untuk membantu keadaan sosial masyarakat sekitar, Ramadhan adalah momen tepat bagi siapa pun yang membutuhkan.

 

Seperti yang terlihat pada ibu Rondiyah (45) yang merupakan keluarga salah seorang pasien di RSI Weleri, dia bisa berbelanja sembako murah untuk kebutuhan keluarga dan hari raya. Meski lelah setelah berbelanja, tapi kepuasan tampak di wajahnya. Ini terlihat dari penuturannya pada Tim Kirani yang menghampirinya.

 

“Iya, pasar murah ini sangat membantu. Lumayan murah. Ini mau beli gula. Harganya juga lain kalau dibanding di pasar umum. Harga beras di sini 5 Kg ,40.000. Sedang gula, 2 Kg, 20 ribu,” kata Rondiyah sambil duduk di pondasi taman di halaman RSI Weleri, Sabtu (01/06/2019) pagi.

 

Selain keluarga pasien yang dapat menikmati pasar murah, warga sekitar Weleri juga bisa menikmatinya. Contohnya Tuminah (37) yang merupakan warga Gemuh Kendal yang rela dan sengaja datang ke RSI untuk membeli beras dan keperluan lainnya di hari raya.

 

“Saya sengaja datang kesini, karena mendengar ada pasar murah dan memang jauh dari harga pasar. Lumayan murah. Bisa untuk buat ketupat di hari raya juga bisa memperoleh kebutuhan lainnya,” ujarnya.

 

Terkait dengan pasar murah, Humas RSI Weleri, Farid mengatakan, menjelang lebaran RSI Weleri selalu menggelar pasar murah di halaman rumah sakit. Ada 1200 paket sembako yang dijual di pasar murah tersebut.

 

“Subsidi yang kami berikan totalnya sekitar 20 juta rupiah untuk membantu terlaksananya pasar murah kali ini. Pasar ini bisa dinikmati oleh semua masyarakat tidak hanya keluarga pasien, masyarakat sekitar Weleri dan terutama membantu pedagang dari sisi keuntungan ,” jelasnya.

 

Sembako Gratis

 

Berbeda dengan RSI Weleri, Lazis Muhammadiyah Kendal justru memilih membagikan 2.000 paket kado Ramadhan bagi mereka yang membutuhkan menjelang Lebaran. Banyak warga yang memperoleh tiket berbondong-bondong menuju ke acara tersebut. Raut kegembiraan terlihat di wajah warga kurang mampu saat memperoleh paket yang dibagikan Lazis Muhamadiyah di Pendopo Kecamatan Weleri, Minggu (2/6/2019) pagi.

 

Ketua Pimpinan Daerah Muhamadiyah (PDM) Kabupaten Kendal, Muslim Rahmadi mengatakan, pembagian paket kado Ramadhan yang berisi sembako ini hasil kerja sama Muhamadiyah, Aisyiah, dan Pengajian Ahad Pagi.

 

Warga penerima kado Ramadhan ini sebelumnya diberikan kupon yang bisa ditukarkan dengan paket sembako, berisi beras, minyak goreng, mi instan, roti dan gula pasir.

 

Lazis Muhammadiyah membagikan kado Ramadhan berupa sembako.

“Untuk tahun ini paket sembako diberikan kepada warga di wilayah Kecamatan Weleri, rencananya tahun depan akan diberikan kepada warga di daerah lain,” kata Muslim Rahmadi.

 

Acara ini juga dihadiri oleh Kapolsek Weleri, Camat Weleri dan para pemuka masyarakat yang sangat gembira bahwa kado Ramadhan ini bisa mengurangi beban menjelang hari raya.

 

“Saya senang bisa memperoleh paket sembako gratis berupa beras, gula, minyak goreng, dan roti,” kata Lilik Saefudin, penyandang disabilitas asal Desa Penyangkringan, usai menerima sembako gratis.

 

Warga berharap kegiatan ini bisa dilakukan secara rutin dan jumlah paket yang diberikan lebih banyak. “Untuk kami keluarga kurang mampu, acara ini sangat membantu menjelang hari raya. Saya berharap bisa rutin digelar dan semakin banyak yang diberikan,” kata warga Sambungsari, Rukiyah

 

Pembagian sembako ini dibagi setiap ranting atau desa agar memudahkan saat dibagikan dan tidak saling berebut. Menurut Muslim, dari data kecamatan di Weleri ada sekitar 4.500 warga miskin.

 

Jika saat ini hanya ada 2.000 paket sembako yang dibagikan gratis, berarti ada sekitar 2.500 yang belum mendapatkan. Tahun depan, tambahnya, pihaknya akan menambah jumlah sembako yang akan dibagikan.

 

Warga berbondong-bondong antri untuk memperoleh paket sembako gratis

 

Dalam Islam kita diajarkan untuk saling memberi, saling berbagi, saling membantu dalam berbagai bentuk dan kesempatan yang dihadapinya. Semua itu bisa dilakukan dari hal yang terkecil sekalipun.

 

Seperti yang tertuang hadits dan Al Quran tentang diwajibkan untuk sesama manusia untuk saling berbagi, antara lain : “Barangsiapa membantu keperluan saudaranya, maka Allah akan membantu keperluannya” (HR Bukhari – Muslim)

 

Perbuatan baik senantiasa akan memberikan kebaikan cepat atau lambat bagi mereka yang melakukannya sebagaimana disebutkan dalam Al Quran :“Barang siapa berbuat baik, sesungguhnya kebaikan itu untuk dirinya sendiri, dan jika berbuat jahat maka kejahatan itu untuk dirinya sendiri” (QS Al Isra ayat 7).

 

 

Teks : Pri                           Foto : Pri                     Editor : Galuh  

 

Facebook Comments