Kolaborasi Bareng Jagat.io Basket Indonesia Rambah Dunia Metaverse

Jakarta, Kirani – Liga Bola Basket Indonesia atau Indonesian Basketball League (IBL) siap merambah dunia virtual dengan menggandeng metaverse inisiasi lokal Jagat.io. Kolaborasi ini dilakukan guna mendorong edukasi dan promosi olahraga Bola Basket ke kaum muda di era digital, terutama Gen Z dan Gen Alpha.

“Saya yakin dengan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, bola basket Indonesia akan semakin berkembang dan dikenal masyarakat Indonesia. Apalagi, demam atau booming basket masih terus berlanjut dan Indonesia akan menjadi tuan rumah FIBA World Cup 2023,” jelas Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah.

Menurut Junas, sebagai tahap awal dari kolaborasi ini, Jagat.io akan menghadirkan kreasi lapangan basket di Metaverse dan baju basket yang dirancang unik dengan karakteristik khas IBL.

Adapun kehadiran IBL di metaverse Jagat.io juga turut memeriahkan IBL Musim 2023 yang akan bergulir selama 6 bulan mengelilingi  Bali, Malang, Surabaya, Solo, Semarang, Yogyakarta, Bandung, dan Jakarta. 

Menurut Barry Beagen, CEO dan Co-Founder Jagat.io, pendekatan IBL memupuk fanbase terhadap basket Indonesia melalui metaverse ini sangat progresif, sejalan dengan energi yang Jagat.io ingin tangkap.

“Terlebih Jagat.io sebagai platform sosial juga memiliki beberapa fitur yang dapat memudahkan fans basket Indonesia dalam berkomunitas, dari kemudahan membuat acara, berkumpul, atau bahkan berbincang seperti di grup chatting,” kata Barry Beagen.

Selanjutnya, Barry Beagen juga menjelaskan bahwa user-user di Jagat.io memiliki antusiasme yang tinggi dalam bidang olahraga. “Hal ini, terlihat selama ajang Piala Dunia tahun lalu banyak user kami yang berkomunitas secara organik untuk membahas ajang Piala Dunia,” ujar dia.

Jagat.io pertama kali diluncurkan pada tanggal 28 Oktober 2022, bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda, dan diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo. Sementara Indonesia Basketball League merupakan partner pertama Jagat.io yang datang dari industri olahraga, setelah sebelumnya bermitra dengan berbagai brand dari industri teknologi dan lifestyle diantaranya Noice, Play3, Bumilangit, dan Indozone.

“Semangat IBL dalam menyambut inovasi harapannya dapat memantik antusiasme dari industri lain juga. Metaverse adalah tempat bersosialisasi dan berkomunitas, semua orang maupun brand dapat dengan mudah untuk masuk ke dunia baru ini dan menjalin hubungan yang otentik dengan kaum muda di era digital ini,” kata Barry Beagen.  Tentang ragam bentuk kolaborasi IBL dan metaverse Jagat.io akan terus di eksplorasi secara bertahap. Kehadiran lapangan basket dan jersey basket ala IBL di metaverse dapat diakses publik mulai tanggal 12 Januari 2023 melalui desktop dan mobile app Jagat.io

Teks: Hadriani Pudjiarti  | Foto: Dok. Istimewa

Facebook Comments