Kerja di Rumah Sambil Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Jakarta, Kirani – Meme “14 hari setelah #dirumahaja” dengan foto wanita atau pria bertubuh sangat gemuk, kerap berseliweran di Whatsapp Group atau media sosial. Tentu saja dengan maksud bercanda. Akan tetapi sedikit kekhawatiran tentu hinggap di benak sebagian wanita yang ingin tetap menjaga tubuh tetap ideal.

 

Ya, dengan tujuan memutus rantai penyebaran virus corona, Pemerintah menetapkan kebijakan physical distancing atau social distancing. Masyarakat pun dihimbau untuk bekerja, belajar dan beribadah di rumah. Satu atau dua hari  bekerja di rumah mungkin terasa menyenangkan. Tetapi lebih dari itu? Bahkan untuk jangka waktu yang belum dapat ditentukan? Tentu saja akan menimbulkan beberapa masalah, salah satunya adalah penambahan berat badan.

 

Berkurangnya kegiatan serta terbatasnya ruang gerak memang kerap menambah nafsu makan. Belum lagi rasa bosan yang datang setelah beberapa hari hanya melakukan kegiatan di rumah saja. Kebosanan juga sering kali mendatangkan nafsu makan atau keinginan untuk ngemil. Nah, nafsu makan yang meningkat serta cemilan tak sehat tentu berpotensi menambah berat badan.

 

Kebiasaan ngemil saat kerja di rumah

 

Lalu bagaimana caranya agar badan tetap ideal meski harus bekerja di rumah seperti anjuran pemerintah?

 

1. Rutin berolahraga

Tak perlu olahraga berat, cukup olahraga ringan saja seperti skipping, lari di tempat, senam, dan berbagai olahraga ringan lain yang bisa dilakukan di rumah. Rutin lakukan 30 menit sehari, maka lemak tubuh pun akan terbakar, dan berat badan akan tetap terjaga.

 

2. Peregangan

Saat Anda harus bekerja di rumah, ingat untuk melakukan peregangan selama lima menit, setiap satu jam sekali.

 

3. Perbanyak minum air putih

Salah satu cara menghindari virus adalah dengan memperbanyak minum air putih. Karena air putih akan mendorong virus atau bakteri yang ada di tenggorokan untuk turun ke lambung dan akhirnya mati oleh asam lambung. Selain itu, dengan banyak konsumsi air putih juga akan merangsang buang air kecil, sehingga kita akan lebih banyak jalan kaki menuju kamar mandi.

 

Olah raga bersama pasangan saat harus #dirumahaja

 

4. Jangan tiduran

Sebagian orang memiliki kebiasaan untuk mengerjakan pekerjaan di ranjang dengan posisi tidur. Usahakan hindari hal tersebut. Gunakan meja kerja, atau bila tidak ada meja kerja, Anda bisa gunakan meja lain asalkan tingginya proporsional dengan kursi sehingga tidak merepotkan Anda saat bekerja.

 

5. Olahraga ringan di sela waktu kerja

Selain peregangan yang Anda lakukan satu jam sekali, saat Anda beristirahat siang, lakukan beberapa gerakan olahraga ringan, seperti push-up, sit-up atau lunges. Akan menyenangkan lho, karena hal ini biasanya tidak dapat Anda lakukan di kantor. Dan yang lebih mengasikkan lagi, Anda bisa melakukan hal ini bersama pasangan di rumah, karena dia tentu harus bekerja dari rumah juga kan?

 

So, daripada menyantap camilan yang hanya berakibat lingkar pinggang bertambah, lakukan 5 hal di atas akan membantu Anda tetap sehat dan tetap langsing selama masa social distancing atau dirumah saja.

 

 

Teks : Setia Bekti | Foto : Dok. Istimewa

 

 

Facebook Comments