Kemampuan Otak Menurun? Yuk Pertajam Lagi

Jakarta, Kirani – Pernahkah Anda merasa mulai mudah melupakan hal-hal penting akhir-akhir ini? Atau kadang sulit menangkap penjelasan penting dari bos seputar pekerjaan? Menurut penelitian, memasuki usia 24 tahun kemampuan otak manusia mulai mengalami penurunan. Mengesalkan? Memang. Tetapi itu adalah siklus alami yang dilalui oleh setiap orang.

 

Penurunan fungsi otak ini terjadi karena berbagai alasan. Mulai dari semakin melambatnya proses regenerasi saraf otak, semakin sedikitnya jumlah neotrasnmitter (zat untuk membantu ‘komunikasi’ antar sel di dalam otak), kadar hormon yang tidak seimbang, hingga penyusutan volume otak.
Jangan sedih, meski penurunan performa otak merupakan proses alami, namun kita dapat melakukan beberapa hal untuk mencegahnya terjadi secara dini atausetidaknya memperlambat proses tersebut. Yuk, simak langkah-langkahnya :

 

 

1. Sarapan dengan roti tawar gandum
Agar mampu berfungsi secara optimal, otak membutuhkan gula dari karbohidrat. Namun tentu saja karbohidrat yang baik. Muffin gandum atau setangkup roti tawar gandum dengan telur mata sapi serta segelas jus berry di pagi hari, mampu membantu otak untuk bekerja secara maksimal.

 

2. Olahraga
Hasil studi menunjukkan, kita akan mengingat kosa kata 20% lebih cepat setelah melakukan olahraga dengan level menengah daripada olahraga ringan. Cobalah untuk mengikuti kelas bela diri seperti kickboxing, thai boxing, atau kalau Anda merasa jenis olahraga tersebut terlalu berat, jogging di pagi hari pun cukup untuk memacu otak.

 

 

3. Berselancar di dunia maya saat istirahat siang
Meluangkan waktu saat istirahat makan siang untuk mencari sesuatu yang menarik di internet, terbukti mampu menstimulasi bagian otak yang berkaitan dengan memori jangka pendek. Bagi Anda penggemar travelling, cobalah mencari lokasi menarik untuk dikunjungi saat istirahat makan siang. Sementara Anda yang hobi belanja, memanfaatkan waktu satu jam saat istirahat siang untuk berburu barang-barang menarik di online shop tak hanya mengasikkan tetapi juga mampu memperlambat penurunan kinerja otak Anda.

 

4. Bersihkan gigi sebelum tidur
Gigi yang tidak bersih bisa memicu radang gusi dan mudah mengundang kuman masuk ke dalam aliran darah. Kuman yang masuk ke dalam aliran darah dapat menyebabkan radang ke seluruh tubuh, termasuk otak, yang pada akhirnya akan menyebabkan terjadinya disfungsi kognitif. Karenanya, gosok gigi setiap pagi setelah makan, dan malam sebelum tidur.

 

Teks : Tya      Foto : Dok. Istimewa

 

 

 

Facebook Comments