Keindahan Pepohonan Tabebuya, Pesona Kota Surabaya

Surabaya, Kirani – Boleh dibilang kini warga Surabaya sedang berbahagia layaknya seorang juara merasakan kemenangan paripurna. Bagaimana tidak, kini masyarakat kota Pahlawan itu mulai merasakan ketagihan menikmati keindahan pohon Tabebuya yang tumbuh subur di sana.

 

Masyarakat sangat berharap Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini membuat taman khusus dengan ditanami lebih banyak pepohonan Tabebuya. Menurut mereka keberadaan pohon atau tanaman Tabebuya belum merata, hanya ada di sekitaran jalan protokol kota Surabaya.

 

Oleh karena itu, masyarakat Surabaya berharap dan menginginkan Wali kota Risma membuat taman khusus Tabebuya dengan harapan saat berbunga akan tampak lebih indah. Apalagi saat bunganya yang berwarna-warni berguguran, akan menjadi pemandangan indah. Selain itu, bisa dipastikan taman Tabebuya akan menjadi tempat yang Instagramable.

 

Jalanan kota Surabaya yang indah berhias bunga tabebuya bermekaran

 

Warga dan masyarakat Surabaya sepakat, keindahan tanaman Tabebuya akan menjadi pesona dan daya tarik para wisatawan yang berkunjung ke kota ini. Kehadiran pohon Tabebuya ini dijelaskan Rochim Yuliadi, Kepala Seksi Ruang Terbuka Hijau Dinas Kebersihan Kota Surabaya pepohonan ini berasal dari negara tropis, Brasil. Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, mendatangkan tanaman Tabebuya dari Malang dan Kediri yang telah dibudidayakan di kedua kota tersebut sejak tahun 2010.

 

Penanaman Tabebuya masih terus berlangsung di beberapa titik sepanjang jalan dan trotoar di Surabaya. Pemilihan tanaman Tabebuya sengaja untuk memperindah pedestrian jalan dan juga berfungsi memperindah kota. Menurut Rochim untuk menanam pohon tidak semata pohon hijau saja, tetapi perlu juga memperhatikan sisi artistiknya. Dan Tabebuya dinilai selain artistik juga memiliki keindahan tersendiri. Sepintas tanaman Tabebuya mirip dengan bunga Sakura yang ada di Jepang, padahal faktanya tanaman ini berasal dari Brasil.

 

Area taman yang diperindah dengan bunga tabebuya

 

Sudah lima tahun Pemkot Surabaya sukses membudidayakan tanaman yang berwarna merah muda, kuning dan putih ini. Bulan November menjadi bulan yang tepat demi menikmati keindahan Tabebuya. Karena pada bulan ini memang tengah bermekaran. Di bulan kesebelas ini, banyak warga atau masyarakat dari luar kota Surabaya berkunjung untuk menikmati keindahan Tabebuya.

 

Pohon Tabebuya memiliki struktur ranting yang rindang, tidak terlalu tinggi dan berfungsi untuk penyerapan karbon serta polusi kendaraan. Pemkot Surabaya memilih tanaman Tabebuya yang ditanam di pinggir jalan dan trotoar, karena.dari segi kualitas bunganya selain menarik, pohon ini juga cepat tumbuh besar dan mampu bertahan dengan keadaan iklim atau cuaca apapun. Untuk perawatannya juga tidak sulit, hanya setiap empat bulan sekali diberikan pupuk organik dari pengomposan sampah.

 

Nah.., masih ada waktu bagi Anda yang ingin berkunjung ke Surabaya demi memburu dan menikmati keindahan berfoto di rimbunan pepohonan bunga Tabebuya.

 

Teks : Hadriani  P         Foto : Dok. Istimewa

 

Facebook Comments