Jakarta, Kirani – Jakarta Doodle Fest (JDF) 2025 sebuah ajang selebrasi seni visual yang digawangi oleh TFR News kembali hadir dengan tema baru: “Welcome Home, Doddlers!”.
JDF 2025 yang kali ini hadir di Mall Senayan City mulai 9-12 Oktober 2025, dan merupakan edisi ketiga JDF sejak peluncuran perdananya pada 2023. Selain itu, tahun ini JDF menghadirkan tema dan sederet aktivasi baru.
Pertama adalah dengan hadirnya Paperoni sebagai curated booth dari JDF yang menguratori dan menampilkan karya sejumlah seniman terpilih, sekaligus merupakan label baru garapan TFR News yang akan meluncurkan produk perdananya dalam ajang ini.
Kedua, dengan diluncurkannya JDF versi anak atau LittleDoodle pada tahun ini, pengunjung dapat merasakan experience LittleDoodle versi mini di JDF 2025, sehingga acara ini tidak hanya menarik untuk orang dewasa tapi juga anak-anak. Terakhir, diluncurkannya tema tahun ini, “Welcome Home, Doodlers!”, yang menyorot turunan karya seni visual berupa home goods.
Tema ini dipilih karena JDF ingin menyorot kreasi seni visual yang tidak hanya menjadi sebuah karya tapi juga digarap menjadi barang fungsional, seperti perabot rumah seperti table mat, sarung bantal, lampu, peralatan makan, dan sebagainya.
Seni bukan hanya sesuatu yang turunannya dapat dinikmati secara visual, tetapi juga dapat dipakai dan memiliki fungsi. Barang-barang ini dapat ditemukan di Creator’s Market JDF.
“Harapannya, produk dari ilustrator dan desainer bisa menghiasi rumah-rumah dan tentunya digunakan juga, karena karakter dan visual pada produk akan memberikan sentuhan khusus di rumah”, tutur Christine saat jumpa pers.
Tentunya, berbagai karya seni visual lain dari kreator lokal dan mancanegara akan kembali memanjakan mata dan kebutuhan belanja pengunjung. Di antara kreator yang akan berpartisipasi di Creator’s Market adalah Joyfull Odyssey, Senikanji, TABI, Kidbash, Nadya Noor, Punopals, Rool Rama, dan masih banyak lagi.

Disini pengunjung dapat berinteraksi dengan berbagai kreator dan brands khusus anak seperti Majalah Bobo, Sylvanian Families, dan Hompimpah. Area LittleDoodle juga akan dimeriahkan dengan berbagai aktivitas menarik untuk si kecil, seperti workshop melukis bersama Bartega dan dan kegiatan mewarnai bersama Majalah BoboS.
Menurut Willy Apriando, Head of Marketing & Branding Bank Saqu mengatakan tahun ini, Bank Saqu hadir sebagai main sponsor JDF 2025, berkolaborasi dengan komunitas kreatif, bukan hanya sebagai lembaga finansial, tetapi sebagai teman seperjuangan yang membantu ide-ide kreatif berkembang menjadi nyata dan mendorong mereka menjadi versi terbaik.
“Jakarta Doodle Fest dan Bank Saqu memiliki semangat yang sama, menjadikan kreativitas sebagai ruang tumbuh bagi generasi muda. Melalui fitur dan produk inovatif, salah satunya fitur Set Target, kami membantu para kreator mewujudkan tujuan finansialnya secara terarah dan konsisten,” kata Willy Apriando, Head of Marketing & Branding.
Banyak Keseruan Menarik
Seperti tahun-tahun sebelumnya, JDF kembali menghadirkan sederet pre-events menarik sebelum acara utama, yaitu campus roadshow dan Creator’s Speed Dating. Campus roadshow tahun ini didukung oleh Tolak Angin dan mengusung tema #ForTheWind yang mengajak untuk merayakan setiap kemenangan, sekecil apapun.
Roadshow ini mengunjungi tiga universitas di Jakarta, Bandung, dan Surabaya, yaitu Universitas Multimedia Nusantara, Universitas BINUS Bandung, dan Petra Christian University. Selain berkolaborasi dengan kampus dan mahasiswa, Tolak Angin juga menghadirkan kolaborasi eksklusif bersama Tahilalats dan Sherchle dengan tema yang sama, #ForTheWind, yang bisa didapatkan di Jakarta Doodle Fest.
“Melalui inisiatif ini, Tolak Angin menunjukkan komitmennya untuk hadir lebih dekat dengan generasi muda dan memberikan ruang bagi tumbuhnya industri kreatif Indonesia. Tolak Angin percaya bahwa IP (Intellectual Property) kreatif yang lahir dari talenta muda dapat menjadi fondasi penting bagi pembangunan ekonomi kreatif Indonesia yang berkelanjutan,” ujar Yana K. Anggraini, Digital Head PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk.
Adapun Creator’s Speed Dating adalah networking night yang mempertemukan sejumlah pegiat kreatif dari berbagai industri untuk salah berjejaring dan membuka kolaborasi baru. Acara Creator’s Speed Dating tahun ini telah diadakan pada 3 Oktober 2025, di Canton 108 by AKG.
Tahun ini JDF menawarkan berbagai pengalaman seru bagi seluruh keluarga, karena selain market dan workshop, ada pula spot pijat oleh Sense by Jari-Jari, photo booth, Herbal Corner by Sido Muncul, dan instalasi seni kolaborasi antara Arbiaro dan Paperina.
Setelah ajang ini ditutup, keseruan Jakarta Doodle Fest akan berlanjut dengan hadirnya “Musikal Absurd: Hidup Segan But I’m Not Done” pada November mendatang. Produksi ini merupakan kerja sama antara Jakarta Doodle Fest, Jakarta Art House, Sherchle, dan didukung oleh Indonesia Kaya.
Pastikan kamu tidak melewatkan keseruan Jakarta Doodle Fest tahun ini! Tiket sudah dapat dibeli di Loket.com melalui bit.ly/tiketjdf2025 atau klik tautan di bio Instagram @jakartadoodlefest. Nantikan terus keseruannya, dan sampai jumpa, Doodlers!
Teks : Galuh | Foto : JDF.

