Jakarta, Kirani – Di era digital ini, setiap individu memiliki kesempatan untuk mengembangkan bakat dan minat mereka. Seperti Amel Queens misalnya, kecintaannya terhadap fashion mendorong ibu rumah tangga ini menekuni karier baru sebagai kreator di fitur Shopee Live.
Aktif membagikan beragam fashion tips untuk perempuan di seluruh Indonesia, dan kreativitasnya dalam menyajikan konten OOTD (outfit of the day) yang selalu up to date menjadikannya sebagai salah satu fashion kreator paling populer di Shopee Live.
Kesuksesan ini membawanya mampu meningkatkan kualitas hidupnya bersama keluarga hingga merdeka secara finansial, dengan penghasilan tambahan hingga ratusan juta rupiah per bulan.
Amelia Hasanah, pemilik akun Shopee Live @amel_queens mengatakan, “Perjalanan saya membangun karier sebagai kreator di Shopee Live mengajarkan banyak hal. Saya belajar cara melakukan live streaming yang efektif, mengikuti tren terbaru, dan memahami apa yang dicari oleh audiens.”
Menurut Amel, meski prosesnya tidak selalu mudah, namun ia tidak menyerah. Bertekad untuk menghasilkan uang tanpa harus meninggalkan rumah, konsisten dengan apa yang dilakukan membuatnya mahir dan mampu menciptakan keseimbangan antara mengurus rumah dan membangun karir sebagai kreator di Shopee Live.
“Dukungan penuh dari ekosistem Shopee sangat membantu saya menapaki tangga kesuksesan sebagai Shopee Affiliate live streamer di Shopee Live. Terlebih lagi, hadirnya komisi Xtra untuk setiap kreator turut menjadi faktor pendorong tambahan bagi saya untuk terus konsisten berkarya. Ditambah, kisah sukses top kreators Shopee Live yang berhasil mengubah perekonomian keluarga mereka sangat menginspirasi saya. Melihat pencapaian mereka memotivasi saya untuk terus berkembang dan meraih kesuksesan serupa. Hingga kini saya pun telah menciptakan ribuan konten fashion tips dan fashion hacks, yang mempromosikan produk-produk lokal, seperti hijab, gamis, gaun, dan aksesoris lainnya”, jelas Amel.
Dari hobi berhasil raih mimpi, Amel raup ratusan juta lewat live streaming
Setelah dua bulan aktif sebagai kreator di Shopee, Amelia meraih pencapaian luar biasa dalam hidupnya. Penghasilannya kini mencapai ratusan juta tiap bulannya. Dengan penghasilan tersebut, ia dapat merenovasi rumah, pergi umroh, dan membiayai pendidikan anak-anaknya di sekolah terbaik.
Amelia turut merasa bangga karena kontribusinya sebagai kreator live shopping dapat membantu banyak brand lokal dan UMKM untuk berkembang dan dikenal khalayak luas, lewat berbagai produk fashion lokal yang ia promosikan.
Tak hanya itu, kesuksesannya saat ini pun mengantarkannya untuk berdampak lebih luas. Demi meningkatkan kapasitas live streamingnya, ia membangun “Rumah Shopee”, sebuah studio yang berfungsi sebagai tempat tinggal bagi segenap tim yang membantunya. Di Rumah Shopee itu seluruh kini seluruh karya dan inspirasi konten-konten berkualitasnya tercipta.
Berfungsi sebagai markas besar, di Rumah Shopee ini semua tahap proses kreatif berlangsung mulai dari brainstorming, ideation, persiapan properti, gimmick, hingga shooting video.
“Rumah Shopee bukan hanya tempat kerja, tetapi juga ruang di mana ide-ide segar dikembangkan dan setiap detail diperhatikan agar konten yang kami hasilkan dapat memukau audiens. Keberadaan Rumah Shopee hadir berangkat dari cita-cita mulia saya untuk membuka lapangan pekerjaan bagi enam karyawan saat ini. Tiga di antaranya bekerja sebagai co-host yang mendampingi saya di setiap live streaming, sementara tiga lainnya terlibat dalam proses kreatif, mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan,” ungkap Amel Queens.
Cara Amel Queens mengoptimalkan Shopee Live untuk menjangkau audiens lebih luas
Menurut Amelia, kunci sukses berkreasi di Shopee Live terletak pada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mampu mengoptimalkan fitur ini secara maksimal, antara lain:
1.Memahami fitur secara mendalam
Sangat penting untuk memiliki pemahaman mendalam tentang beragam kemudahan yang ditawarkan Shopee Live. Caranya, dengan memanfaatkan berbagai kalender kampanye, beragam paket bundling, dan voucher khusus yang dapat menarik minat audiens dan meningkatkan konversi penjualan dari setiap konten yang diciptakan. Penting juga untuk menjalin hubungan erat dengan brand lokal dan UMKM yang produknya sering kita promosikan. Koordinasi yang baik dengan seller memungkinkan kita menyediakan produk tepat waktu, relevan dengan tren terkini, dan sesuai dengan permintaan audiens.
2.Mempersiapkan teknis & membangun interaksi
Persiapan teknis lokasi shooting video. Amelia menekankan bahwa pencahayaan yang baik, terutama untuk produk fashion, membantu menampilkan warna produk dengan jelas, sehingga lebih menarik. Persiapkan juga aspek teknis lain seperti tata letak, properti, dan gimmick untuk meningkatkan kualitas konten. Juga, bangun interaksi dua arah yang kuat dengan audiens dengan menampilkan sikap ceria dan ramah saat live.
3.Mempelajari tren yang terus berkembang
Tips terakhir dan paling penting bagi Amel adalah kemauan untuk mempelajari tren yang terus berkembang. Kedepannya, ia pun bertekad untuk terus belajar banyak hal baru agar dapat menyuguhkan lebih banyak konten kreatif untuk menginspirasi lebih banyak perempuan Indonesia. Dan Amel juga berharap Shopee dapat terus menjadi wadah kolaborasi brand Lokal dan UMKM bersama konten kreator untuk saling memaksimalkan potensi. Dengan terus memperluas jangkauan traffic live streaming kepada audiens baru, para kreator seperti dirinya akan mampu menjangkau lebih banyak orang dan terus berkembang.
Baca juga: Shopee Moms Club Tawarkan Solusi Kebutuhan Ibu Masa Kini
Baca juga: Lebih Bahagia Dengan Self-Care di Shopee 12.12 Birthday Sale
Teks: Adhisty| Foto: Shopee