Cinta Dasima Hadirkan Budaya Betawi dalam #NontonTeaterDiRumahAja

Jakarta, Kirani – Sekian bulan sudah program #NontonTeaterDiRumahAja berlangsung, peminatnya pun terus bertambah setiap minggu. Program yang dipersembahkan oleh Bakti Budaya Djarum Foundation ini telah menjadi salah satu acara yang ditunggu-tunggu oleh para penikmat seni di akhir minggu.

 

Pada Sabtu, 12 September dan Minggu, 13 September 2020 pukul 15.00 WIB, penikmat seni dapat menyaksikan Sandiwara Betawi bertajuk Cinta Dasima. Sebuah lakon yang diproduksi oleh Teater Abnon dengan tim kreatif yang terdiri dari Maudy Koesnaedi, Adjie NA, dan Imam Firmansyah, dan merupakan rekaman pementasan yang diselenggarakan pada 16-17 Mei 2009 di Gedung Kesenian Jakarta.

 


Maudy Koesnaedi, produser Cinta Dasima mengungkapkan, “Pementasan ini merupakan salah satu upaya yang kami lakukan dalam melestarikan budaya Betawi dan mengenalkannya kepada generasi muda. Menyaksikan kembali membawa kenangan pementasan teater ini, bagaimana serunya bertemu tim produksi dan sama-sama berproses untuk menampilkan pementasan yang menghibur. Proses-proses ini yang saya rindukan. Semoga penayangan lakon ini dalam kegiatan #NontonTeaterDiRumahAja dapat mengisi, mewarnai dan tentunya menjadi solusi hiburan akhir pekan bagi para penikmat seni yang sedang di rumah.”

 

Lakon yang menampilkan puluhan Abang dan None Jakarta Utara ini juga turut dimeriahkan oleh Melissa, A. Rifky, Tike Priatnakusumah, Tasa Rudman, dan Kiki Purliageng. Pementasan ini berkisah tentang Dasima yang dipaksa menikah dengan Edward William, seorang Inggris kepercayaan Gubernur jendral Batavia pada zaman itu. Namun Dasima merasa tidak bahagia dalam hidupnya, suatu hari di sebuah acara keriaan di rumah Koh Aseng, ia bertemu dengan Samiun, tukang delman.

 

 

Seiring berjalannya waktu, mereka pelan-pelan mulai saling suka meskipun Dasima masih menjaga jarak dan menjaga norma, dengan alasan dia masih istri orang dan tidak bahagia. Sementara itu, Hayati, istri Samiun, mencium hubungan ini, la melabrak Samiun yang sedang bersama Dasima, tapi malah disuruh pergi oleh Samiun. Karena sakit hati, dia minta tolong Koh Aseng, yang memiliki jagoan bernama Bang Puase, untuk memberi pelajaran ke Desima Bagaimanakah akhir ceritanya?

 

“Kegiatan #NontonTeaterDiRumahAja kerap mewarnai akhir pekan para penikmat seni di rumah sejak awal pandemi dengan beragam lakon dari para seniman tanah air yang menarik serta kental dengan unsur kebudayaan. Kali ini, penikmat seni disuguhkan dengan lakon Cinta Dasima yang mengangkat kebudayaan Betawi. Kami harap, penayangan lakon ini dapat menambah wawasan para penikmat seni tentang kebudayaan Betawi,” ujar Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation.

 



Teks Setia Bekti | Foto Dok. Indonesia Kaya

Facebook Comments