Charity Catwalk for Autism, Saat Anak Penyandang Autis Menjadi Model Peragaan Busana

Jakarta, Kirani – Hampir semua orang pernah mendengar kata autis. Akan tetapi seberapa paham kah kita makna autis tersebut.  Apakah kita mengerti dengan baik bagaimana kondisi anak-anak penyandang autis? Pernahkah terpikir oleh kita apa saja yang dapat dilakukan oleh anak autis?

 

Rotary Club Jakarta Menteng berkolaborasi dengan Alleira Batik dan London School of Public Relations (LSPR) melalui London School Beyond Academy (LSBA) menggelar acara “Charity Catwalk for Autism”. Bertujuan untuk meningkatkan awareness masyarakat terhadap anak-anak penyandang autis, pada gelaran kali ini para anggota Rotary Club akan berjalan di catwalk berdampingan dengan anak-anak dari LSBA dan Rumah Autis dalam balutan busana batik cantik dari Alleira Batik.

 

 

Presiden Rotary Club Jakarta Menteng, Maria Agnes menyampaikan,”Rotary Club memiliki misi kemanusiaan dalam setiap kegiatannya. Salah satunya mengajak stakeholders untuk menunjukkan kepedulian kepada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Karena memiliki ABK tidak mudah, membutuhkan waktu, biaya dan perhatian ekstra.”

 

Sementara itu Founder & Director of LSPR Jakarta, Prita Kemal Gani menyampaikan,”Tidak ada sekolah bagi orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Oleh karena itu acara ini memberikan pemahaman kepada masyarakat bagaimana anak-anak berkebutuhan khusus tersebut, agar dapat dimengerti dan diterima oleh masyarakat.”

 

 

 

 

Wujud kepedulian tersebut ditunjukkan pula dengan cara menymbangkan hasil penjualan tiket dari kegiatan ini, serta pengumpulan dana dari para donator akan diserahkan kepada Rumah Autis. sebuah Lembaga Sosial Masyarakat yang menangani anak-anak autis dan ABK lain yang berasal dari keluarga tidak mampu. Rumah Autis sendiri memiliki tiga bentuk program, yaitu layanan (terapi, sekolah khusus dan bimbingan latihan ketrampilan), sosialisasi, serta advokasi ABK.

 

Mendukung niat baik tersebut, Alleira Batik sebagai salah satu merk batik ternama di Indonesia yang mengusung batik modern dengan kualitas tinggi, menampilkan koleksi ready-to-wear untuk diperagakan. Mengangkat tema “Be Yourself” Alleira Batik menghadirkan koleksi yang kaya akan nuansa kehangatan dan kedinamisan. Sileut lurus dan sederhana tampil pada setiap koleksi dengan warna-warni khas Alleira.

 

 

Seperti dikatakan Zakaria Hamzah, Chief Operating Officer Alleira Batik,”Semua anak bisa menjadi model di Alleira Batik, begitupun dengan anak berkebutuhan khusus. Dengan tema Be Yourself ini kami ingin agar anak-anak ini menjadi diri mereka sendiri, busana seperti apa yang ingin mereka pakai, biarkanlah.”

 

Dan Rabu sore, 27 November 2019, bertempat di La Moda Café Plaza Indonesia, menjadi sore yang mengharukan melihat para pria dan wanita dari kalangan seniman, pengusaha dan lainnya yang merupakan bagian dari para donator, masing-masing menggandeng satu anak penyandang autis, dengan sabar membimbing mereka berjalan sepanjang catwalk. Pemandangan indah yang menyentuh hati.

 

Teks & Foto : Setia Bekti

 

 

Facebook Comments