Cerita Rakyat Malin Kundang dalam #MusikalDiRumahAja

Jakarta, Kirani – Komitmennya untuk menghibur masyarakat dengan kebudayaan daerah Indonesia, terutama di tengah pandemi Covid-19 ini , membuat Indonesiakaya.com senantiasa menghadirkan beragam hiburan yang dapat disaksikan para penikmat seni di rumah. Dan kini, untuk pertama kalinya BOOW LIVE X Indonesiakaya.com mempersembahkan #MusikalDiRumahAja yang menampilkan 6 cerita rakyat Indonesia dan melibatkan 6 sutradara teater, 6 sutradara film, 6 sinematografer, 7 penata musik, serta 44 aktor, aktris dan penari Indonesia, dengan format online.

 

Seperti dikatakan Renitasari Adrian, Program Director Indonesiakaya.com, “Kami menyadari pandemi Covid-19 memberikan dampak bagi banyak masyarakat, termasuk para pekerja seni. Hal ini mendorong Indonesiakaya.com yang bekerja sama dengan BOOW LIVE menyajikan ruang kreasi virtual bagi para pekerja seni untuk menampilkan karyanya. Mulai hari ini, para penikmat seni dapat menyaksikan cerita rakyat Malin Kundang dalam program #MusikalDiRumahAja yang dapat disaksikan mulai pukul 20.00 WIB di akun YouTube IndonesiaKaya secara bebas selama tujuh hari ke depan hingga episode baru diluncurkan. Semoga sajian ini dapat menghibur dan diterima dengan baik oleh para penikmat seni di rumah.”

 

Naskah #MusikalDiRumahAja yang ditulis oleh Titien Wattimena ini, mengisahkan legenda dari Sumatera Barat, Malin Kundang. Musikal ini merupakan sebuah pembelajaran bagi setiap anak, pembelajaran abadi yang tak lekang oleh zaman. Malin Kundang diajak istrinya kembali ke kampung. Di situlah kemudian pasangan kaya raya ini bertemu ibu dari Malin Kundang. Namun Malin Kundang tak mau mengakui perempuan tua dan miskin itu sebagai ibunya. Ia memaki bahkan mengusir ibunya pergi. Sang Bunda merana, semesta pun murka.

 

Nino Prabowo sebagai Malin Kundang

 

Nino Prabowo, pemeran Malin Kundang dalam musikal ini mengungkapkan, “Kisah Malin Kundang tentu sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Kisah klasik yang sudah diceritakan secara turun temurun ini, telah mewarnai masa kecil banyak anak Indonesia. Semoga penayangan kisah Malin Kundang dalam program #MusikalDiRumahAja ini dapat menghibur serta mengingatkan kembali para penikmat seni tentang nilai-nilai budaya serta pesan moral yang terkandung di dalamnya.”

 

#MusikalDiRumahAja yang diproduseri oleh Bayu Pontiagust ini, disutradarai oleh sutradara teater Rama Soeprapto yang berkolaborasi dengan sutradara film Pritagita Arianegara. Selain Nino Prabowo, program ini juga menghadirkan para peserta Indonesia Menuju Broadway, antara lain Dea Panendra sebagai Rubayah, Desmonda Cathabel sebagai Nur dan Naura sebagai narator. Ini adalah panggung virtual perdana mereka pasca mendapatkan beasiswa pelatihan untuk mendapatkan ilmu panggung dengan standar broadway di Indonesia dan juga menginjakkan kaki ke jantung industri teater broadway, New York, Amerika Serikat pada 2019 yang lalu.

 

Sentuhan melodi yang indah dari penata musik dan komposer Dian HP, serta koreografer dan gerak tari dari Davit Fitrik juga semakin mewarnai musikal bertajuk Malin Kundang ini. Selain itu banyak juga pihak-pihak lain yang terlibat seperti, Dimitri Hariastuti selaku asisten sutradara film, Mayk Wongkar selaku sinematografer, dan Vida Sylvia selaku penata artistik. Penata suara dipegang oleh Ichsan Rachmaditta dan alunan selaku audio post. Tim produksi ini juga diisi oleh Patrice Isabelle, Tania Soeprapto dan Elly Kasim Collection selaku penata busana, Talia Subandrio selaku penata rambut dan rias, Super 8MM Studio selaku penyunting video dan BOOW LIVE selaku tim di balik panggung.

 

Dea Panendra sebagai ibu Malin Kundang

 

“Bagi kami, #MusikalDiRumahAja ini merupakan wadah untuk berkreasi dan menuangkan kreativitas di tengah pandemi Covid-19. Jika sebelumnya kami bisa bertatap muka secara langsung dengan para penikmat seni, kali ini kami memanfaatkan teknologi yang ada. Menggunakan studio dengan blue screen dan properti pendukung, Malin Kundang mengambil setting suasana rumah Indonesia dan daerah pesisir laut untuk menunjang suasana cerita. Semoga, walau tidak bertatap muka secara langsung, kami harap sajian ini dapat melepas kerinduan para penikmat seni dengan dunia seni pertunjukan. Selamat menikmati!” ujar Rama Soeprapto, Sutradara Teater dalam #MusikalDiRumahAja: Malin Kundang.

 

Dan berikut adalah jadwal lengkap penayangan #MusikalDiRumahAja:
1. Malin Kundang : Kamis, 23 Juli 2020, pukul 20.00 WIB
2. Timun Mas : Kamis, 30 Juli 2020, pukul 20.00 WIB
3. Rara J : Kamis, 6 Agustus 2020, pukul 20.00 WIB
4. Sangkuriang : Kamis, 13 Agustus 2020, pukul 20.00 WIB
5. Bawang Merah Bawang Putih : Kamis, 20 Agustus 2020, pukul 20.00 WIB
6. Lutung Kasarung : Kamis, 27 Agustus 2020, pukul 20.00 WIB



Teks Setia Bekti | Foto Indonesia Kaya

 

Facebook Comments