Cegah Diabetes bersama Lions Indonesia Distrik 307-A1

Jakarta, Kirani – Kesadaran masyarakat mengenai bahaya dari penyakit diabetes mellitus sepertinya masih belum cukup tinggi. Terlihat dari jumlah penderitanya yang terus meningkat, baik di Indonesia maupun di seluruh dunia. World Health Organization memperkirakan jumlah pasien diabetes mellitus di Indonesia akan meningkat signifikan hingga 16,7 juta pada tahun 2045.


Dalam rangka memperingati Hari Diabetes Sedunia yang jatuh setiap 14 November, Komite Pelayanan Diabetes Perkumpulan Lions Indonesia Distrik 307-A1 akan menyelenggarakan Zoom-Webinar terkait Diabetes dan pandemi Covid-19.


“Sebagai bagian dari salah satu Program 5 Pilar Lions Clubs, kami menggelar Zoom-Webinar bersama para narasumber terkemuka untuk mengajak masyarakat Indonesia semakin sadar akan bahaya penyakit Diabetes Mellitus dan cara pencegahannya,” ungkap. Dr Yuliana Resolina Pateh, Ketua Komite Pelayanan Diabetes Perkumpulan Lions Indonesia Distrik 307-A1 dalam keterangan pers, Rabu (11/11/2020) di Jakarta.


Yuliana menjelaskan, masyarakat Indonesia masih kerap menyepelekan penyakit ini, padahal Indonesia menempati urutan ke-6 dari sepuluh negara dengan jumlah pasien diabetes tertinggi, yakni 10,3 juta pasien pada tahun 2017 dan diperkirakan akan meningkat menjadi 16,7 juta pasien pada tahun 2045.


WHO menyebutkan bahwa Diabetes Mellitus adalah penyebab kematian nomor 7 di dunia. Penyakit ini juga menjadi penyebab utama kebutaan, komplikasi pada jantung, gagal ginjal, stroke dan amputasi tungkai bawah. Berdasarkan fakta tersebut, jelas bahwa Diabetes Mellitus dapat mempengaruhi kualitas hidup dan menyebabkan kematian. Disebutkan juga bahwa rentang usia penderita Diabetes Mellitus cukup jauh, yakni antara 20-64 tahun.


Pola hidup tidak sehat dan faktor keturunan sering disebut sebagai penyebab utama penyakit Diabetes. Namun demikian, bukan berarti penyakti ini tidak dapat dicegah. Komite Pelayanan Diabetes Perkumpulan Lions Indonesia pun rutin melakukan kegiatan bakti sosial untuk mengedukasi masyarakat, seperti pemeriksaan gula darah, edukasi tentang pola makan sehat, serta olahraga bersama.


Puncak dari kegiatan tersebut adalah gelar event zoom-webinar pada Sabtu, 14 November 2020, pukul 14.00-16.30 WIB. Ketua Panitia Nyoman Sudhani Sadha mengatakan, acara ini terbuka untuk masyarakat luas dan tanpa dipungut biaya.

Cukup dengan Join Zoom Meeting di https://zoom.us/j/94733267666. Meeting ID: 947 3326 7666 dan Passcode: lions. Gunakan nama Anda + melati untuk User name.

“Mari kita wujudkan hidup berkualitas tanpa diabetes,” pungkas Nyoman.



Teks Setia Bekti | Foto Lions Indonesia

Facebook Comments