Awalnya Bucin, Venna Melinda Kembali Ke Panggung Politik, Alami KDRT dan Berakhir Cerai

Jakarta, Kirani – Artis dan politisi senior Venna Melinda harus menerima nasib menyedihkan. Pernikahannya dengan Ferry Irawan yang berlangsung pada 7 Maret 2022 lalu, berujung pada kisah mengenaskan, dimana dirinya mengalami kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) pada Minggu (8/1/2023) di sebuah Hotel di jalan Dhoho Kediri, Jawa Timur.

Pernikahan Venna dan Ferry yang dilangsungkan di sebuah vila di Desa Yeh Sumbul, Kecamatan Mendoyo, Bali, Sembilan bulan lalu, berakhir dengan kisah menyedihkan.

Dari kasus ini terungkap bahwa KDRT yang terjadi di sebuah hotel di Kediri tersebut dipicu oleh urusan seksual. Dalam pengakuannya Venna menjelaskan kalau ia dibekap, dipiting dan hidungnya ditekan sehingga dia berlari ke luar kamar dengan hidung berdarah-darah. Sprai dan handuk yang penuh dengan ceceran darah pun  menjadi barang bukti.

Dari hasil pemeriksaan polisi yang dilakukan terhadap Ferry dan Venna serta sejumlah karyawan hotel, disertai penyelidikan bertahap, maka status Ferry yang awalnya masih saksi kemudian ditetapkan sebagai tersangka, pada Kamis (12/1/2023).

Pengacara Venna, Hotman Paris Hutapea, menyebut kliennya mendapatkan kekerasan dari Ferry selama 3(tiga) bulan terakhir. Dan berdasarkan keterangan dari dokter pun diketahui kalau tulang rusuk Venna patah.


“Sudah 3 bulan terakhir dilakukan kekerasan dengan cara dibekap, dipiting, sampai kata dokter rusuknya retak,” kata Hotman, Kamis (12/1/2023).


Menurut pengacara perlente ini, Venna tidak lagi bahagia bersama suaminya, Ferry Irawan. “Pokoknya selama beberapa bulan terakhir ini dia sudah sangat tidak bahagia dan tertekan. Venna cerita, dia akan ajukan gugatan cerai,” kata Hotman.

Venna Melinda dan Hotman Sitompul

Pernikahan Sempat Ditentang

Bila ditarik garis ke sembilan bulan lalu, saat maraknya pemberitaan pernikahan Venna dan Ferry. Kala itu, banyak pihak, termasuk keluarga  sempat menentang pernikahan ini karena masa lalu Ferry yang kurang baik. Bahkan banyak yang berpendapat bahwa pernikahan ini nantinya tidak akan langgeng, paling hanya seusia jagung.

Anak sulung Venna, Verrel Bramasta sempat kurang sreg dengan pilihan Mamanya, namun demi kebahagiaan sang Mama, pemeran tokoh Pangeran di sinetron Putri Pangeran ini akhirnya melunak dan merestui pernikahan Venna dan Ferry.

Diawali kisah cinta yang terbilang sangat singkat, keduanya bertemu di akhir 2021 ketika membuat konten You Tube bersama. Tanpa tending aling, Ferry langsung menyatakan ketertarikannya dengan Venna dan mengajaknya berpacaran. Venna, awalnya sempat tidak melayani, namun kegigihan dan sikap religius Ferry hingga bisa cepat akrab dengan Vania, putri angkatnya membuat Venna luluh dan membalas ungkapan cinta Ferry.

Alhasil, mereka berdua pacaran dalam usia yang tidak lagi muda, Venna 50 tahun dan Ferry 45 tahun. Meski usia Venna terpaut lima tahun lebih tua dari Ferry, toh saat itu tidak menyurutkan api cinta dan asmara keduanya yang sering memamerkan kemesraan dan romantisme sehingga membuat iri sebagian orang.

Venna Melinda Akui Sempat Bucin

Ketika itu, Venna terlihat Bucin serta sangat menyayangi dan mencintai Abi, panggilan sayangnya kepada Ferry.

Bucin atau kependekan Budak Cinta yang berasal dari bahasa prokem atau bahasa gaul memiliki arti seperti budak yang begitu patuh kepada sang majikan. Budak Cinta diberikan kepada seseorang yang rela berkorban dalam bentuk apa saja demi pasangan yang dicintainya baik harta, jiwa dan raga.

Cintanya begitu besar sehingga tidak memperhatikan dan mempedulikan lingkungan sekitar. Bahkan berdasarkan penelitian, seorang pria maupun wanita, memiliki kemungkinan untuk menjadi Bucin pada masa awal berhubungan sekitar kurang dari tiga bulan.

Menurut teori psikologi Sigmund Freud, arti Bucin sendiri adalah ketika seseorang mengidealisasikan orang lain baik secara sadar maupun tidak. Hal ini dapat ditandai saat seseorang mencintai pasangannya dengan segenap jiwa dan raga.

Seperti sering pepatah bilang “cinta itu buta” maka orang yang menjadi Budak Cinta sering tidak melihat pasangannya dengan perspektif yang logis dan menganggapnya dengan segenap jiwa raga.

Venna Melinda mengakui saat berpacaran hingga melanjutkan ke pernikahan dengan Ferry Irawan, dirinya merasa Bucin, hingga akhirnya kekhawatiran banyak pihak terbukti dan Venna menjadi korban KDRT Ferry Irawan.

Tabiat lelaki yang menikahinya hampir setahun silam ini sebenarnya sudah masuk ke telinga Venna, namun saat itu dia dibutakan cinta, dan tetap ngotot melanjutkan hubungannya ke jenjang pernikahan.

“Sebenarnya saya sudah dikasih tau sebelumnya oleh mbak Alya (isteri Ferry sebelum menikahi Venna) bahwa Ferry kerap berbuat kasar,” ujar Venna pada Sabtu (14/1/2023).

Venna bersama kedua putranya Verrell Bramasta &  Athalla Naufal

KDRT dan Kembali ke Panggung Politik

Meski pemicu KDRT yang dilakukan Ferry adalah urusan ranjang, namun ada juga sebab lain yaitu kembalinya Venna ke panggung politik. Peristiwa di Kediri terjadi saat Venna berniat menemui konstituennya di Kediri dan Tulungagung, Jawa Timur.

Come back-nya Venna ke panggung politik karena akan kembali mencalonkan diri sebagai anggota legislatif pada 2024 dari Partai Persatuan Indonesia (Perindo). Sebelumnya, Venna memiliki jam terbang di panggung politik saat bergabung dengan Partai Nasdem dan Partai Demokrat. Venna juga sempat dua periode menjadi anggota DPR RI yaitu pada 2009-2014 dan 2014-2019.

Setelah vakum selama empat tahun dan merasa masih memiliki kemampuan juga pengalaman, sejak tiga bulan ini Venna mulai turun gunung kembali ke panggung politik yang pernah membesarkan nama mantan Puteri Indonesia 1994 ini.

Lantaran Venna mulai aktif kembali di dunia politik, Ferry dilanda perasaan cemburu dan khawatir kalau istrinya akan sering banyak kegiatan, juga bertemu dengan banyak pria dari kalangan politisi dan pengusaha. Dan karena kesibukan ini, waktu dan perhatian Venna pun tersita untuk rakyat. Hal ini membuat Ferry merasa diabaikan, apalagi permintaannya urusan ranjang sering dinomor duakan oleh Venna. Hal inilah kemudian yang memicu terjadinya KDRT.

Kondisi Venna dikabarkan masih mengalami trauma atas KDRT yang menimpanya. Emosinya belum stabil, sering mengigau, menangis dan berteriak histeris. Saat ini, kedua putra Venna, Verrel Bramasta dan Athalla Naufal sangat setia  mendampingi dan menemaninya.

Secara tegas, Venna menyatakan akan menggugat cerai Ferry. Meski di sisi lain, Ferry berulang kali meminta maaf dan memohon jangan ada perceraian. Tetapi nasi sudah menjadi bubur. Ferry harus menerima risiko perbuatannya, terancam hukuman penjara dan kembali menjadi duda untuk yang keempat kalinya.

Teks: Hadriani Pudjiarti |Foto: Dok. Istimewa    

Facebook Comments