3 Ibu Hebat Menerima Penghargaan Orami Parenting Awards

Jakarta, Kirani – Menilik jauh ke belakang, puluhan tahun lalu masih banyak pihak yang merendahkan peran ibu ataupun perempuan di dalam mengembangkan atau bahkan memajukan suatu bangsa. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan zaman, kita patut bersyukur bahwa kini peran ibu sudah semakin dilihat. Sudah semakin banyak orang yang menyadari betapa perempuan memegang peranan penting dalam pembentukan keluarga yang berujung kekuatan sebuah negara.

 

Berkaitan dengan hal tersebut, Orami sebuah platform parenting yang dikenal lewat e-commerce produk ibu & bayi serta layanan konten dan komunitas parenting, dalam rangka menyambut Hari Ibu, mengumumkan Orami Parenting Awards, sebuah bentuk apresiasi kepada para ibu di Indonesia.

Melalui segmen bertajuk “Moms Story”, channel YouTube Orami Indonesia menampilkan betapa kuat dan tegarnya para ibu di Indonesia, dalam keterbatasan mereka masih memberikan yang terbaik untuk keluarganya, bahkan mampu berdampak positif bagi lingkungan dan masyarakat. Dan dari tampilan inilah dipilih para nominasi penerima Orami Parenting Awards.

 

“Orami berkomitmen untuk terus hadir sebagai support system bagi para Ibu di Indonesia. Bagi kami, Ibu adalah sosok yang kehadirannya memberikan dampak sangat besar bagi generasi yang akan datang. Para Ibu yang kami pilih di Orami Parenting Awards ini hanyalah sedikit kisahnya, kami yakin setiap Ibu punya kisahnya masing-masing yang juga tidak kalah menakjubkan. Semoga para Ibu di Orami Parenting Awards ini dapat menginspirasi semua Ibu di Indonesia untuk tetap berdaya baik sebagai Ibu, maupun sebagai perempuan,” papar Cynthia Tenggara, Head of Parenting Orami.

 

Dibagi menjadi 3 kategori penghargaan, yaitu The Most Impactful (sosok yang paling memberikan dampak di kehidupan orang lain), The Most Inspiring (sosok yang memiliki perjalanan hidup paling menginspirasi), dan The Most Influential (sosok yang paling memiliki pengaruh besar di sosial media hingga mampu menjadi panutan).

 

Dengan juri yang terdiri dari para ibu dari beragam latar belakang, seperti Angkie Yudistia (Staf Khusus Presiden Gugus Muda & Pendiri Thisable), Ajeng Raviando (Psikolog), dan Prita Apresianti (Head of Content Orami Parenting) untuk kategori The Most Impactful dan The Most Inspiring, sementara kategori The Most Influential dipilih berdasarkan voting di Instagram.

 

Para nominator Orami Parenting Awards

 

Delapan orang ibu pun dinominasikan untuk 3 kategori tersebut, yaitu Nina Widharetna (RIP), breast-cancer survivor dan co-founder Kita+kita Food Studio, yang terdiagnosis kanker payudara tipe langka jenis triple negative. Ibu satu anak ini terus berjuang dan akhirnya wafat pada 31 Mei 2019. Selanjutnya Hages Budiman, ibu 4 anak dengan HIV positif yang terus berjuang selama 13 tahun yang fokus melakukan pendampingan terhadap ODHA. Paturahmi, supir ojeg online dan ibu tunggal yang mengurus 3orang anak, sosok ibu pekerja keras demi kelangsungan hidup dan pendidikan anak-anaknya.

 

Ada juga Yola Tsagia, Ibu yang memiliki anak dengan Treacher Collin Syndrome, penyakit langka yang membuat pengidapnya kehilangan pendengaran dan penglihatan. Yola membentuk Indonesia Rare Disorder untuk memberi dukungan kepada ibu lainnya. Selanjutnya Namira Monda, ibu dengan anak pengidap Craniosynostosis dan ubun-ubun kepala tertutup sejak lahir. Lalu ada drh. Nyoman Sakyarsih, seorang Mom Traveler yang berhasil mengajak anak semata wayangnya yang menyandang autism menaklukan 36 puncak gunung di Indonesia. Dr. Ratih Citra Sari MH Kes, ibu 3 anak yang kerap datang ke daerah bencana untuk bertemu dan mengobati pasiennya. Dan terakhir Putri Santoso, Co-founder Kopi Tuli dan pendiri Yayasan Sampagulia yang memberi pelatihan untuk penyandang tuli.

 

“Tidak banyak perusahaan teknologi yang memiliki fokus perhatian amat besar terhadap peran ibu. Padahal kita semua tahu betapa besarnya pengaruh seorang ibu terhadap generasi yang akan datang. Perempuan-perempuan ini merupakan simbol dari jutaan kisah ibu hebat lainnya di Indonesia. Kisah-kisah yang harus terus kita angkat sebagai penyemangat bagi semua ibu di luar sana,” ujar Angkie Yudistia.

 

Senada dengan Angkie, Ajeng Raviando menambahkan, “Menjadi seorang ibu adalah sebuah anugerah luar biasa yang datang bersamaan dengan tanggung jawab dan tuntutan yang besar. Naluri seorang ibu untuk melindungi keluarganya, menjadikan ia secara alamiah bisa menjadi sangat kuat. Kedelapan perempuan ini merupakan sebuah bukti bahwa keterbatasan bukanlah penghalang bagi perempuan untuk selalu berdaya.”

 

Dan akhirnya terpilih untuk menerima penghargaan kategori The Most Influential adalah Namira Monda, Yola Tsagia untuk kategori The Most Impactful, dan Hages Budiman untuk kategori The Most Inspiring.

 

Teks : Tya          Foto : Dok. Orami

 

 

Facebook Comments