16FF, Kampanyekan Anti Kekerasan Berbasis Gender & Seksual

Film dapat menjadi alat untuk meningkatkan kesadaran akan berbagai bentuk kekerasan berbasis gender. Untuk itu Enam Belas Film Festival (16FF) kembali digelar. Festival film ini diselenggarakan untuk berpartisipasi dalam kampanye antikekerasan berbasis gender dan seksual.

kampanye 16 Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan ini diusung dengan tema global ‘#HearMeToo: Mendengar dan Berpihak pada Korban!’ sebagai upaya para korban bersuara sekaligus mengajak masyarakat untuk mendengar suara mereka.

 

Gerakan yang diinisiasi oleh Kalyana Shira Foundation dan 100% Manusia Film Festival itu mendapat dukungan dari sejumlah artis Tanah Air. Mereka adalah Ayushita, Chicco Kurniawan, Ananda Sukarlan, Hannah Al Rasyid, Ichsan Akbar, Karina Salim, Putri Ayudya, Richard Kyle. Kemudian ada Wulan Guritno bersama putrinya Shaloom Razade, Dea Panendra, Denna Rachman, Tara Basro, Tatyana Akman, Melissa Karim dan Lukman Sardi.

“Diajak melakukan kegiatan positif pasti disisihkan waktunya. Terus kadang korban kekerasan susah bersuara karena merasa sendiri. Atau korban sudah bersuara tapi lingkungannya yang tutup mulut. Mungkin dengan adanya gerakan seperti ini, pelan-pelan kita semua makin paham makin nggak sendiri,” ungkap Wulan Guritno saat ditemui belum lam aini.

 

Gerakan dalam festival ini digalangkan oleh The United Nations Entity for gender Quality and the Empowerment of Women (UN Women) ini akan diadakan pada tanggal 25 November hingga 10 Desember nanti.

 

Sejumlah film pilihan akan diputar di berbagai kota seperti Jakarta, Serpong, Surabaya, Jombang, Jambi, Semarang, Rembang, Sragen, Jogja, Bengkulu, Bandar Lampung dan Denpasar.

 

 

(PR)

Facebook Comments