Tokopedia Berhasil Kumpulkan Zakat Hingga Rp 7,8 Miliar di Ramadan 2024

Jakarta, Kirani – Tokopedia ungkap tren donasi sepanjang Ramadan 2024, termasuk nilai Zakat Fitrah dan Donasi yang terkumpul di platform Tokopedia mencapai lebih dari Rp7,8 miliar.

Sepanjang Bulan Ramadan 2024, Tokopedia jalin kolaborasi dengan berbagai lembaga kemanusiaan untuk mempermudah masyarakat menjalankan ibadah sekaligus berbagi kebaikan.

“Tokopedia bekerja sama dengan sejumlah lembaga kemanusiaan–termasuk BAZNAS, LAZIS NU, Dompet Dhuafa, Rumah Yatim, Rumah Zakat dan masih banyak lainnya–telah menghadirkan berbagai pilihan fitur untuk mempermudah masyarakat dalam berbagi kebaikan, tidak terkecuali selama Ramadan 2024, mulai dari zakat fitrah, donasi, wakaf, fidyah, dan lainnya,” kata Rizky Juanita Azuz, External Communications Senior Lead Tokopedia.

Lebih lanjut Rizky mengatakan, jumlah Zakat dan Donasi yang terkumpul di platform Tokopedia mencapai lebih dari Rp7,8 miliar sepanjang Ramadan 2024. Antusiasme masyarakat dalam melakukan pembayaran zakat fitrah secara online melalui Tokopedia yang melonjak lebih dari 3,5 kali lipat empat hari jelang Lebaran 2024 dibandingkan dengan periode seminggu sebelum Lebaran 2024. Sedangkan jumlah transaksi pada fitur Zakat Mal lewat Tokopedia melonjak hampir 1,5 kali lipat di periode yang sama.

Tokopedia akan memberikan bukti setor yang disahkan oleh pemerintah pada masyarakat yang telah membayar zakat.

Selain itu, masyarakat yang telah membayar zakat akan mendapatkan Bukti Setor Zakat yang disahkan oleh Pemerintah untuk mengurangi penghasilan kena pajak. Hal ini tertuang dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang pengelolaan zakat, termasuk peraturan di bawahnya seperti Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 14 Tahun 2014 dan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2014 tentang zakat. Peraturan Dirjen Pajak Nomor 11 Tahun 2017 juga menegaskan zakat/sumbangan keagamaan yang bersifat wajib dapat dikurangkan dari penghasilan bruto sebagai penghitungan pajak.

Selain zakat fitrah, Tokopedia juga mencatat minat masyarakat dalam berbagi kebaikan melalui donasi masih sangat tinggi. Hal ini terbukti dari jumlah transaksi pada fitur Donasi melejit hampir 2 kali lipat sepanjang Ramadan tahun 2024 dibandingkan dengan periode Ramadan pada tahun 2023 lalu.

“Melalui kolaborasi dengan para mitra lembaga kemanusiaan, donasi dari masyarakat secara berkala terus menjangkau berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Aceh, Medan, DKI Jakarta, Bandung, Deli Serdang, Pekanbaru, Lombok Barat hingga Papua. Semoga donasi yang terkumpul dari masyarakat dapat membantu masyarakat Indonesia yang membutuhkan sekaligus menginspirasi lebih banyak masyarakat berbagi kebaikan dengan sesama,” tutup Rizky.

Teks : Galuh | Foto : Tokopedia.