Tips Untuk Tetap Cantik Selama #DiRumahAja

Jakarta, Kirani – Berada di rumah saja tanpa ada kewajiban ke kantor atau ke tempat lain, terkadang membuat kita malas merawat diri, termasuk untuk merawat kulit wajah. Terlebih pada kondisi saat ini, dimana masyarakat diminta untuk menerapkan physical distancing serta melakukan aktivitas #dirumahaja tentu rasa malas atau enggan memperhatikan kecantikan pun semakin meningkat. “Ga akan ketemu siapa-siapa juga, males lah perawatan.” Itu mungkin yang terlintas di benak kebanyakan wanita selama pandemic Covid-19 ini.

 

Wabah ini pasti akan berakhir, meski kita belum tahu pasti kapan. Pada saat ia berakhir, dan kita harus beraktivitas normal seperti semula, apakah Anda ingin orang melihat kulit wajah Anda yang kusam dan tak terawat, atau bahkan jerawatan? Tentu tidak bukan. Nah, untuk menghindari hal tersebut jagalah kulit wajah kita agar tetap bersih dan sehat meskipun kita hanya beraktivitas #dirumahaja.

 

Memang, selama menjalani physical distancing dan berada #dirumahaja mungkin Anda tidak merasa perlu mengaplikasikan riasan apapun di wajah. Akan tetapi sebaiknya tetap menjaga kulit wajah Anda tetap bersih, sehat dan cantik.

 

Kulit sehat dan cantik biasanya ditandai dengan teksturnya yang lembut dan lembap. Untuk menjaga kesehatan kulit wajah agar dapat selalu terlihat kencang dan awet muda, berikut beberapa tips yang dapat tetap Anda lakukan meski harus berada #dirumahaja.

 

Konsumsi sayur dan buah-buahan

 

Dengan beberapa langkah mudah ini, Anda tetap tampil percaya diri saat wabah ini berakhir dan aktivitas kembali normal.

1. Rutin membersihkan wajah

Meski lebih banyak beraktivitas di dalam rumah, bukan berarti Anda tidak perlu membersihkan wajah lho. Tetap rutin bersihkan kulit wajah minimal 2 kali dalam sehari, sehingga wajah akan selalu tampak bersih, cerah, dan terbebas dari bakteri. Gunakan air mengalir dan pembersih muka yang sesuai dengan kulit wajah Anda, pijat perlahan, lalu bilas dengan air bersih, agar kotoran dan sel kulit mati terangkat dari wajah.

2. Konsumsi makanan sehat

Perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan Mengurangi konsumsi makanan olahan dan makanan tinggi lemak juga mampu memberikan dampak positif terhadap kesehatan kulit. Sayur dan buah kaya akan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh kulit. Salah satunya adalah kandungan vitamin C serta beberapa nutrisi penting lain yang dapat mencerahkan kulit serta mencegah penuaan dini.

3. Konsumsi air putih

Kulit yang kurang terhidrasi dapat terlihat kusam dan kering. Konsumsi air putih yang cukup dapat membantu kulit tetap terhidrasi dan terlihat lembap dan sehat. Minumlah air putih setidaknya 8 gelas per hari, lakukan secara rutin, maka kulit Anda pun akan senantiasa terlihat lebih sehat.

 

Istirahat cukup

 

4. Kendalikan stress

Banyak orang yang merasa bosan dan stress karena harus tinggal #dirumahsaja selama berhari-hari bahkan berbulan-bulan. Terutama bagi Anda yang bekerja, biasa pergi dan bertemu teman kerja atau orang lain, kini harus berdiam di rumah untuk jangka waktu yang tidak dapat ditentukan. Ditambah lagi harus menjaga keluarga tercinta dari ancaman tertular virus corona, tentu membuat Anda merasa semakin tertekan.

 

Untuk mengatasi hal itu, kendalikan stress Anda, cobalah untuk melakukan kegiatan bersama keluarga yang dapat menghilangkan rasa bosan dan membangkitkan mood. Anda bisa memasak bersama, atau membersihkan dan menyusun ulang isi lemari yang mungkin sekian lama tidak pernah Anda perhatikan, dan banyak lagi.

 

Stres bisa mendorong kelenjar adrenal untuk menghasilkan kortisol, yang merupakan hormon utama penyebab stres yang menjadi salah satu penyebab produksi lemak berminyak dari kelenjar sebaceous. Bila jumlah lemak berminyak terlalu banyak, dapat menutup pori-pori kulit dan menjebak bakteri penyebab jerawat di dalamnya.

 

5. Istirahat cukup

Anda mungkin berkilah, sudah pasti istirahat cukup, kan #dirumahaja. Diam di rumah dan tidak pergi kemana-mana tidak menjamin Anda mendapatkan istirahat yang cukup lho. Pastikan untuk tidur 7-8 jam per hari, karena saat tidur akan terjadi proses regenerasi kulit. Kurang tidur dapat menghambat proses regenerasi kulit dan produksi kolagen, yang pada akhirnya mengakibatkan kulit terlihat kusam. Oleh karena itu, penting untuk istirahat yang cukup agar kesehatan tubuh dan kulit Anda tetap terjaga.

 


Teks : Setia Bekti | Foto : Dok. Istimewa



Facebook Comments