Tips Jalani Peran Sebagai Ibu Rumah Tangga dan Wanita Karir Secara Seimbang

Jakarta, Kirani –  Sekian puluh tahun yang lalu mungkin tak terlalu banyak kita menemukan seorang wanita yang menjalankan perannya sebagai seorang Ibu sekaligus juga wanita karir. Namun beberapa tahun belakangan, hal ini merupakan sesuatu yang lumrah. Sudah tidak aneh lagi melihat seorang wanita menjalani berbagai peran sekaligus.

 

Bukan hal mudah tentunya menjalankan peran sebagai seorang ibu dan wanita karir secara bersamaan. Akan tetapi di zaman modern seperti sekarang ini, dengan adanya kemudahan teknologi, cukup banyak perangkat dan aplikasi yang memudahkan ibu bekerja dalam menjalankan peran dan tugasnya.

 

Ada beberapa hal yang penting untuk diketahui agar para Ibu bekerja merasa terbantu dalam melaksanakan perannya, baik sebagai ibu rumah tangga juga sebagai wanita karir.

 

1. Mengetahui Cara Mengatur Keuangan Keluarga

Setiap keluarga pasti memiliki aktivitas keuangan, dan kebanyakan pria yang tidak mau repot, menyerahkan urusan keuangan keluarga kepada istri. Nah, disinilah Anda sebagai manager keuangan keluarga memegang peranan penting.

 

Yang pertama adalah, pastikan diri bahwa pengetahuan Anda mengenai pengaturan keuangan cukup memadai. Karena bila tidak, bisa berantakan kondisi keuangan keluarga Anda. Selalu buat anggaran keuangan, buat pos-pos tertentu untuk pengeluaran bulanan, dan belanjakanlah uang Anda berdua sesuai dengan pos-pos yang telah Anda buat. Jangan habiskan uang untuk belanja berbagai barang yang Anda inginkan tetapi sesungguhnya tidak Anda butuhkan.

 

Untuk menambah pengetahuan mengenai pengaturan keuangan, carilah tips-tips bermanfaat di berbagai website yang menangani masalah seputar keuangan.

 

Gunakan kesempatan untuk terus mencari informasi

 

2. Temukan Info Untuk Peningkatan Karir

Setiap  orang yang bekerja pasti menginginkan peningkatan di dalam karirnya. Meski tidak mudah, namun mengembangkan karir bukanlah hal yang terlalu sulit, apalagi tidak mungkin. Anda hanya perlu melihat kembali ke dalam diri Anda, potensi apa yang Anda miliki dan belum digunakan secara maksimal? Cobalah untuk memaksimalkan potensi tersebut dalam melaksanakan pekerjaan Anda sehari-hari.

 

Tak jarang Anda merasa membutuhkan tambahan ilmu pengetahuan untuk dapat lebih meningkatkan kemampuan dan ketrampilan. Maka jangan ragu untuk mengikuti berbagai kursus di bidang-bidang tertentu yang sekiranya dapat membantu kemajuan karir Anda. Bisa saja Anda mengikuti kursus bahasa Inggris, kursus manajemen, atau kursus leadership atau kepemimpinan. Bahkan bila dirasa perlu dan Anda memiliki biaya, tak ada salahnya mengikuti kuliah yang untuk mendapatkan gelar yang lebih tinggi.

 

Tentu saja Anda harus membicarakan hal ini dengan pasangan terlebih dahulu. Mungkin, ada kebutuhan yang lebih mendesak dalam keluarga dibandingkan mengambil kursus atau melanjutkan kuliah. Bila memang harus, cobalah untuk mengikuti perbagai pelatihan secara daring, biasanya biaya yang dikenakan lebih rendah daripada pelatihan atau kursus yang dilakukan secara tatap muka.

 

3. Selalu Up-to-date

Sebagai ibu rumah tangga sekaligus wanita karir, Anda tentu memiliki kesibukan yang tinggi. Dua puluh empat jam sehari rasanya masih kurang. Akan tetapi, sesibuk apapun Anda, usahakan untuk selalu up-to-date. Hal ini penting. Kenapa? Agar saat lawan bicara Anda, apakah itu teman kerja atau rekan bisnis atau calon klien membicarakan hal terbaru yang sedang viral, setidaknya Anda bisa menjawab atau mengerti apa yang mereka bicarakan. Tidak perlu terlalu kepo sampai harus paham sampai ke detailnya, sekedar paham saja sudah cukup.

 

Dan untuk mengetahui hal tersebut tidak sulit serta tidak membutuhkan waktu khusus. Anda dapat mengakses berbagai portal berita untuk mengetahui berita terbaru saat sedang berada di perjalanan dari dan menuju ke kantor. Atau bila Anda harus mengendarai mobil, cukup nyalakan radio sebagai teman di perjalanan. Dengan begitu, Anda akan merasa terhibur sekaligus juga ter-update dengan berita-berita terbaru terutama yang tengah hangat dibicarakan.

 

 

 

Teks Setia Bekti | Foto Dok. Istimewa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Facebook Comments