Hindari Gigitan Nyamuk Nakal Dengan Tanaman Ini

Jakarta, Kirani – Saat sedang santai menikmati waktu sambil membaca buku atau mendengarkan musik, tiba-tiba bunyi dengungan nyamuk terus terdengar di sekitar Anda. Ditambah lagi satu atau dua ekor nyamuk mungkin mendarat di kaki atau tangan dan dengan santainya menghisap darah Anda. Kesal? Sudah pasti.

 

Kabarnya, serangga penghisap darah ini berkembang biak dengan lebih cepat di musim penghujan. Dan karena kita sudah memasuki musim ini, ada baiknya kita berjaga-jaga. Ada beberapa tanaman yang dikenal mampu mengusir nyamuk. Bau menyengat yang keluar dari beberapa tanaman ini tidak disukai nyamuk. Bila kita berada di musim kemarau, ada baiknya menanam tanaman-tanaman ini di halaman rumah. Akan tetapi karena saat ini kita tengah berada di tengah musim penghujan, cukuplah membeli tanaman yang sudah jadi, sehingga tak perlu lagi menunggu lama.

 

Lalu, tanaman apa sajakah yang tidak disukai nyamuk tersebut? Ini dia.

 

1. Serai wangi
Serai wangi atau lemongrass dikenal sebagai bumbu masak. Nikmat juga bila dicampur dalam segelas teh. Selain itu ternyata tanaman ini mengandung geraniol yang mengerluarkan aroma yang tidak disukai nyamuk. Di dalam serai juga terkandung sitronelal yang dipercaya mampu membunuh nyamuk. Karenanya tak heran bila lilin aromaterapi atau losion anti nyamuk menggunakan serai wangi sebagai salah satu bahan utama.

 

Serai wangi

 

2. Lemon Balm
Aroma jeruk segar yang dikeluarkan oleh lemon balm merupakan bau yang tidak disukai nyamuk. Sama seperti serai, lemon balm juga mengandung sitronelal yang dapat membunuh nyamuk. Akan tetapi, Anda patut berhati-hati karena tanaman ini memiliki sifat invasive atau pertumbuhan yang cepat. Sehingga diperlukan lahan yang cukup luas bila Anda ingin menanam di pekarangan rumah.

 

3. Lavender
Tanaman berwarna ungu ini memiliki aroma yang sangat harum. Akan tetapi aroma harum yang disukai banyak orang tersebut, ternyata tidak disukai oleh nyamuk. Kandungan zat linalool dan linalyl di dalam lavender sangat dihindari oleh nyamuk. Karenanya, tak heran bila begitu banyak losion anti nyamuk yang dibuat dari tanaman ini. Anda ingin mengusir nyamuk, sediakan tanaman berwarna ungu ini di dalam pot di dekat jendela atau pintu di rumah Anda.

 

Geranium

 

4. Rosemary
Memiliki aroma mirip minyak telon atau minyak kayu putih, tanaman ini tidak disukai nyamuk karena menyebabkan serangga ini kehilangan kendali akan inderanya. Tanaman ini kuat terhadap cuaca panas dan tidak muda terserang hama. Anda dapat langsung menggosokkan bunga dan daun rosemary pada tubuh untuk menghindarkan diri dari nyamuk.

 

5. Geranium
Geranium juga diketahui sebagai jenis tumbuhan pengusir nyamuk. Dikenal dengan nama tapak dara, tanaman ini ini mengandung geraniol dan sitronelol. Dua zat yang sangat tidak disukai oleh nyamuk karena baunya yang harum saat tertiup angin. Anda bisa menanam tanaman ini di dalam pot dan kemudian menaruhnya di dalam ruangan untuk mengusir nyamuk yang masuk ke dalam rumah. Selain untuk mengusir nyamuk, bunganya yang berwarna cantik membuat geranium juga menjadi pilihan tepat untuk dijadikan tanaman hias.

 

 

Teks : Setia Bekti                 Foto : Dok. Istimewa

 

 

 

Facebook Comments