Tips Menjaga Kebugaran Tubuh Dengan Ramuan Alami

Jakarta, Kirani – Setiap perempuan pasti ingin selalu tampil bugar agar dapat menjalani beragam aktivitas sehari-hari. Mulai dari pekerjaan kantor, mengurus rumah, menemani anak-anak bermain dan belajar, hingga beramahtamah dengan relasi dan teman kerja. Semua hanya dapat dilakukan bila tubuh Anda dalam kondisi fit dan prima.

 

Untuk menjaga tubuh tetap bugar, ada beragam cara yang bisa Anda lakukan. Mengonsumsi minuman bernergi misalnya. Akan tetapi, apakah itu baik untuk kesehatan Anda? Karena umumnya minuman jenis ini mengandung gula berlebih dan bahan pengawet. Lalu apa cara yang lebih aman? Anda dapat mencoba ramuan tradisional. Warisan nenek moyang yang mengandung bahan-bahan alami sehingga tidak berbahaya dan memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh Anda.

 

Ingin tahu apa saja ramuan tersebut? Yuk, kita simak bersama:

1. Jahe hangat
Jahe merupakan tanaman obat yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur, namun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Sudah cukup banyak orang yang mempercayakan kesehatan tubuhnya pada ramuan tradisional ini. Beberapa manfaat yang dimilikinya adalah menyembuhkan rematik, mengatasi gangguan masuk angin hingga sakit kepala.

Cara membuatnya : Cuci bersih satu ruas jahe, potong kecil-kecil atau digeprek untuk lebih keluar rasa hangatnya, kemudian rebus dengan air hingga mendidih. Tuang ke dalam gelas kemudian tambahkan sedikit gula aren atau madu, dan perasan lemon jika suka. Minuman ini sangat nikmat jika disajikan dalam keadaan masih hangat.

 

Jamu kunyit asam

 

2. Kunyit asam
Jamu favorit para wanita ini merupakan ramuan alami dengan bahan dasar kunyit. Memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, diantaranya bisa menangani menstruasi yang tidak teratur, juga memperlancar sirkulasi darah sehingga tubuh tetap segar dan bugar.

Cara membuatnya : Ambil seperempat kunyit segar, cuci hingga bersih, kemudian diparut. Selanjutnya campurkan parutan kunyit dengan seperempat asam jawa, dan tambahkan gula jawa secukupnya, beri satu liter air dan sedikit garam. Minum satu gelas perhari lalu rasakan manfaatnya.

 

3. Beras Kencur
Selain kunyit asam, beras kencur juga menjadi jamu favorit mereka yang tidak menyukai rasa pahit. Kencur sebagai salah satu komponennya, mempunyai banyak manfaat sehat bagi tubuh, antara lain menghangatkan tubuh, menurunkan berat badan hingga menyembuhkan jerawat. Dua hal terakhir tentu penting bagi setiap wanita yang selalu ingin tampil cantik maksimal di tengah beragam kegiatan.

Ramuan beras kencur : memarkan kencur, jahe, kunyit, lalu masukkan ke dalam air, tambahkan air asam, gula pasir dan gula jawa, rebus hingga mendidih. Setelah mendidih, saring air rebusan, pisahkan ampas dengan air yang jernih, lalu masukkan sedikit beras yang sudah direndam dan dihaluskan ke dalam air rebusan. Aduk rata dan tunggu hingga pati kencur atau beras mengendap di bawah. Minum beras kencur selagi hangat untuk membuat tubuh hangat dan nyaman.

Untuk menyembuhkan jerawat : Seduh kencur, temulawak, jinten dan gula aren, lalu saring. Beri sedikit perasan jeruk nipis agar rasanya lebih segar.

 

4. Rebusan Sirih
Tanaman merambat ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah menghilangkan bau badan. Kelelahan atau stress terkadang memicu tubuh untuk mengeluarkan keringat berlebih yang juga memicu bau kurang sedap di badan. Cobalah rebusan sirih untuk mengatasi hal ini.
Caranya : ambil sebanyak lima atau tujuh lembar daun sirih yang masih segar dan hijau lalu didihkan dengan air. Air rebusan sirih ini selain dapat diminum, dapat juga digunakan untuk membasuh area kewanitaan agar area tersebut terhindar dari bau tak sedap.

 

Siap untuk mencoba?

 

 

Teks : Setia Bekti Foto : Dok. Istimewa

 

 

 

Facebook Comments