Serial Musikal Payung Fantasi Raih Piala Gold Penghargaan PR Awards 2023 di Singapura

Jakarta, Kirani – Masih ingat Serial Musikal Payung Fantasi yang tayang tahun 2022 lalu di kanal YouTube IndonesiaKaya? Serial yang terinspirasi dari karya musik dan hidup dari maestro musik sekaligus pahlawan nasional Ismail Marzuki ini berhasil memperoleh apresiasi yang tinggi dari masyarakat dengan lebih dari40 juta views.

Pada Kamis (27/4/2023) yang lalu, serial musikal persembahan www.indonesiakaya.com bekerja sama dengan Garin Nugroho dan BOOW Live ini berhasil mendapatkan penghargaan Gold untuk kategori Best PR Campaign: Entertainment dalam acara MARKETING-INTERACTIVE PR AWARDS yang diselenggarakan di Island Ballroom Shangri-La Singapura.

MARKETING-INTERACTIVE PR AWARDS 2023 merupakan penghargaan definitif bagi praktisi PR di seluruh kawasan Asia Tenggara, Asia Selatan, dan Australia – New Zealand. Acara ini telah digelar selama lebih dari satu dekade oleh MARKETING-INTERACTIVE, sebuah perusahaan periklanan, pemasaran, dan intelijen media terkemuka di Asia yang menjangkau seluruh Singapura, Hong Kong, Malaysia, Filipina, Indonesia, dan Thailand.

Renitasari Adrian, Program Director www.indonesiakaya.com mengungkapkan “Setelah berhasil membawa pulang penghargaan Bronze di tahun 2022 untuk Serial Musikal Nurbaya, di tahun 2023 ini kami berhasil membawa penghargaan tertinggi yaitu Gold untuk Serial Musikal Payung Fantasi. Kabar gembira ini merupakan hasil dari kerja keras dari para pekerja seni, serta dukungan dari  rekan media dan penikmat seni yang telah menyaksikan tayangan ini. Tentunya kemenangan ini menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi kami, karena dapat bersanding dengan nama-nama besar dalam bidang entertainment di Asia.”

Pembacaan kategori dan pemberian penghargaan ini dilakukan oleh Ananya Mukherjee, Global Communications Director, Narrative & Content Cargill dan diterima langsung oleh Billy Gamaliel, Program Manager www.indonesiakaya.combeserta tim produksi Serial Musikal Payung Fantasi. Dalam kategori Best PR Campaign: Entertainment ini, www.indonesiakaya.com bersanding dengan National Geographic Asia dengan penghargaan Silver, serta Marina Bay Sands dengan penghargaan Bronze, juga beberapa finalis lainnya seperti  Orchard Turn Developments, PETRONAS, dan Tune Talk.

Best PR Campaign: Entertainment ini merupakan kategori yang melibatkan anggota media untuk meningkatkan kesadaran akan produk entertainment (hiburan) yang dapat mencakup film, acara TV, musik, konser, buku, surat kabar, acara olahraga, dan sebagainya. Dalam kategori ini, juri melihat peran dan kontribusi komunikasi dalam strategi kampanye yang mampu menguraikan elemen kreatif dan inovatif, eksekusi yang sukses, dan mampu membuktikan kemampuan kampanye untuk meningkatkan kesadaran publik di media. 

Selain tampilan visual yang memanjakan mata, telinga para pecinta musik dan seni tanah air dihibur dengan berbagai karya Ismail Marzuki yang ditampilkan dalam 6 episode Serial Musikal Payung Fantasi. Lebih dari 25 karya maestro tanah air ini dibawakan dengan apik oleh para pemain, seperti Jauh di Mata, Payung Fantasi, Juwita Malam, Dari Mana Datangnya Asmara, Gagah Perwira, Indonesia Pusaka, Sepasang Mata Bola, Sabda Alam, dan sebagainya. Juga lagu O, Sarinah,  salah satu lagu pertama ciptaan Ismail Marzuki yang ditulis dalam bahasa Belanda, simbol kehidupan masyarakat Indonesia yang tertindas di era penjajahan sekaligus menjadi sebuah penghargaan pada kehidupan warga yang sederhana.

“Terima kasih untuk semua tim yang terlibat, penikmat seni, dan juga  rekan media yang senantiasa membantu untuk menyebarluaskan informasi tentang Serial Musikal Payung Fantasi ini kepada masyarakat. Kami harap penghargaan yang kami peroleh ini juga dapat meningkatkan kecintaan dan semangat kita untuk menyebarkan kebudayaan Indonesia,” tutup Renitasari.

Teks: Setia  | Foto: dok. Indonesia Kaya