Sean Connery – Selama Lima Dekade, Sang Legenda Mr. Bond yang Tak Pernah Pudar

Jakarta, Kirani – Sosok ini dikenal ketika menikmati film agen 007 James Bond. Ya, aktor Sean Connery menjadi aktor pertama yang memerankan Mr. Bond. Aktor kelahiran Edinburgh, Skotlandia, Britania Raya, 25 Agustus 1930, ini meninggal dunia di Nassau, Kepulauan Bahama pada Sabtu (31/10).

Tentu saja wafatnya aktor yang sudah menekuni dunia seni peran selama lima dekade ini meninggalkan duka mendalam di industri perfilman manca negara. Semua pasti mengingat dengan baik bagaimana sosok aktor bertubuh tinggi, tampan dan memiliki suara serak. Di film-film James Bond, dia berhasil mencocokkan kepribadian yang terkadang kaku sebagai mata-mata Inggris.

Connery mendapatkan peran sebagai James Bond, agen 007 saat bermain di film Dr. No pada 1962. Aktingnya sebagai mata-mata Inggris sangat ciamik dan memesona. Hal ini bisa disaksikan dalam film berperan sebagai Mr. Bond yang beredar dalam rentan waktu tahun 1962 hingga 1983.


Ya, Connery berperan sebagai agen rahasia Inggris, 007 James Bond dalam tujuh film Bond yaitu Dr. No, From Russia With Love, Goldfinger, Thunder Ball, You Only Live Twice, Diamond Are Forever dan Never Say Never Again.

Dengan gayanya yang tampan, perlente dan cerdas, Connery berhasil menjadi kekuatan karakter agen Inggris itu.

Sebagai Bond, Connery juga memiliki sikap debonair dan humor masam dalam menggagalkan penjahat dan berkoar-koar dengan wanita cantik memungkiri sisi yang lebih gelap dan kejam.

Memang kepiawaian Connery mampu menciptakan karakter yang mendalam dengan menetapkan standar bagi mereka atau para pemeran Bond selanjutnya yang mengikutinya di dalam peran tersebut.

Yang menarik, melalui Connery juga yang memperkenalkan dirinya dalam film dengan tanda tangan, “Bond – James Bond.” James Bond sendiri merupakan tokoh karakter fiksi yang diciptakan tahun 1953 oleh penulis Inggris bernama Ian Fleming.


Dalam kariernya, Connery dikenal sebagai aktor berbakat, sejak usia muda setelah sukses membintangi Mr. Bond menjadi idola yang dielu-elukan. Bahkan, Connery juga mencuri perhatian melalui beberapa peran selain sebagai Mr. Bond.


Connery pernah sukses membintangi film Alfred Hitchcock, “Marnie” tahun 1964. kemudian Connery juga mengambil peran di “Murder on the Orient Express” tahun 1974.


Pada tahun 1975, Connery juga sukses berperan di film “The Wind and the Lion” dengan sutradara Candice Bergen.


Lalu masih di tahun yang sama berperan di “The Man Who Would be King” bersama aktor Michael Caine yang disutradarai John Huston.


Connery juga main di film dengan sutradara Steven Spielberg yakni “Indiana Jones and the Last Crusade” (1989) dan kisah Perang Dingin “The Hunt for Red October”. Lalu di tahun yang sama, 1990, Connery juga bermain di film “The Russia House bersama aktris cantik Michelle Pfeiffer.


Connery pun sempat bermain di film Highlander. Kemudian aktingnya banyak dipuji ketika berperan di film The Rock. Sinfilm ini, Connery, sebagai mantan narapidana dan pelarian Alcantraz yang menerima pengampunan sebagai imbalan atas keahliannya dalam membantu menghentikan skema penculikan di Pulau Alcantraz.

Sempat juga membintangi film Entrapment bersama Catherine Zeta Jones pada tahun 1999. Di film ini, saat usia gaek Connery jelang 70 tahun mampu mengimbangi aktingnya dengan Catherine.

Pada tahun 1987 Connery memenangi penghargaan Academy Award for Best Supporting Actor untuk perannya dalam film The Untouchables.

Kemudian berkat dedikasi dan kontribusinya, Connery juga mendapatkan gelar kehormatan sebagai Ksatria Britania Raya dari Ratu Elizabeth II pada bulan Juli 2000.

Pada tahun 1989, ketika Connery berusia 59 tahun pernah dinobatkan sebagai “Pria Terseksi” oleh Majalah People.


Terlahir sebagai Thomas Connery yang merupakan sulung atau anak yang tertua dari dua anak laki-laki. Ayahnya seorang sopir truk jarak jauh dan ibunya bekerja sebagai tukang bersih-bersih. Connery mengalami putus sekolah saat usia 13 tahun dan mulai “survive” dengan bekerja berbagai pekerjaan kasar.

 



Connery remaja tak pantang semangat, hingga dia usia 16 tahun atau dua tahun setelah Perang Dunia Kedua berakhir, Connery direkrut menjadi Angkatan Laut Kerajaan Inggris dan bertugas selama tiga tahun.

“Saya bangkit kembali tanpa gagasan tentang karier, apalagi akting,” katanya suatu kali dalam sebuah wawancara. “Saya pasti tidak pernah merencanakannya. Itu semua kebetulan, sungguh.”

Connery sempat memainkan peran kecil sebelum terjun ke film dan televisi. Sebagai bintang asal Scotlandia, Connery merupakan pendukung kuat kemerdekaan Skotlandia dan memiliki tato kata “Scotland Forever” di lengannya saat bertugas di Royal Navy.

Kisah asmaranya, Connery menikah dengan aktris Diane Cilento pada tahun 1962. Sayangnya pernikahan ini hanya bertahan sebelas tahun dan berujung pada perceraian, meski memiliki seorang putra, Jason Connery, yang juga menjadi aktor.

Kemudian Connery menikah lagi dengan artis Prancis Micheline Roquebrune, yang dia temui saat bermain golf, pada tahun 1975. Sang istri ini juga yang menemani Connery saat menutup mata.

Tentu saja banyak pihak berduka dengan kematian Connery. Seperti Produser James Bond Michael G. Wilson dan Barbara Broccoli mengatakan mereka “terpukul” oleh berita kematian Connery dalam sebuah pernyataan yang diposting ke akun Twitter resmi 007.

“Dia akan selalu dikenang sebagai James Bond asli yang kehadirannya tak terhapuskan ke dalam sejarah sinema dimulai ketika dia mengumumkan kata-kata tak terlupakan ‘nama James Bond’.”

“Dia merevolusi dunia dengan penggambarannya yang berani dan jenaka tentang agen rahasia seksi dan karismatik,”kata produser.

“Dia tidak diragukan lagi berperan atas kesuksesan serial film dan kami akan selamanya berterima kasih padanya.”

Sementara aktor Daniel Craig, pemain Bond terbaru, mengatakan Connery telah “menentukan era dan gaya” dan merupakan salah satu pemain film terhebat yang sejati.

Kecerdasan dan pesona yang dia gambarkan di layar bisa diukur dalam mega watt; dia membantu menciptakan blockbuster modern.”

“Dia akan terus mempengaruhi aktor dan pembuat film di tahun-tahun mendatang,” kata Craig dalam pernyataan yang dibagikan oleh aku 007 di Twitter.

Dari dalam negeri, aktor, sutradara, musisi dan politisi, Erros Djarot juga mengaku respek pada sosok Sean Connery yang memiliki kontribusi dan dedikasi di dunia perfilman Hollywood.

“Dia adalah legenda dan inspirasi sejati di film James Bond.”

Selamat jalan Sang Legenda, kami akan selalu mengingat dan mengenang dirimu melalui karya dan film-filmmu.


Teks : Hadriani Pudjiarti / Berbagai sumber | Foto: Instagram James Bond

 

Facebook Comments