Peluncuran KRAFBINA

Jakarta,Kirani – Kepedulian pada perkembangan serta keinginan untuk membangun, memajukan dan meningkatkan nilai jual hasil produk industri kreatif di Indonesia,  menjadi awal diluncurkannya KRAFBINA yang merupakan singkatan dari KREATIF BANGSA INDONESIA, dan digagas oleh Yayasan Kreatif Bangsa Indonesia (KRAFBINA).  Ratusan pelaku bisnis dan individu kreatif berhasil disatukan dalam sebuah komunitas KRAFBINA untuk saling berbagi informasi bisnis dan industri.

“Kami membangun sebuah motto Gerakan Kreatif – Indonesia Cerdas. Kami ingin membangun masyarakat Industri Kreatif agar lebih giat lagi bekerja. Gerakan Kreatif ini dimulai dari masing-masing individu dalam mengkaryakan diri secara maksimal dengan meningkatkan Kecerdasan Kreatifnya, sehingga menciptakan efek yang berkelanjutan dan masif agar terciptanya Indonesia cerdas,” jelas ketua KRAFBINA, Luwi Saluadji Purboningrat.

Ia juga menambahkan bahwa KRAFBINA juga sebagai langkah awal tindakan inspiratif dan komunikatif bagi sesama pelaku industri kreatif. Implementasi awal gerakan ini adalah membangun Grass Root Industri kreatif, yaitu: desa. Pembangunan sarana dan prasarana desa sangat mempengaruhi berkembangnya desa yang merupakan sarang dari UMKM dan industri besar, dalam hal ini adalah desa pariwisata yang dapat menjadi ujung tombak peningkatan kreatif. Implementasi dengan skala prioritas akan dikembangkan dari desa ke kabupaten hingga provinsi. Efek dari implementasi ini akan menciptakan individu kreatif dalam satelit-satelit kreatif yang kemudian akan menjadi proyek percontohan bagi desa di sekelilingnya.

Mulai September 2018 keragaman acara kreatif dilaksanakan dalam sebuah Minggu Kreatif yang di beri tajuk Creative Art, Fashion & Lifestyle, akan diisi dengan talkshow, lomba di berbagai bidang seperti Fashion, Beauty & Photography, Culture Heritage, Food & Beverages, Craftmanship & Handicraft, Film & Animation, Entertainment, dan Desa Kreatif Cerdas.

Beberapa organisasi/ lembaga ikut terlibat seperti: IPMI (Ikatan Perancang Mode Indonesia), IFC (Indonesia Fashion Chamber), IPEMI (Ikatan Pengusaha Muslim Indonesia), ESMOD, LA Salle, Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), Darwis Triadi School of Photography.

Hadir pada acara peluncuran KRAFBINA yang diselenggarakan Di gedung Financial Club Graha CIMB Niaga Jakarta, pada Senin, 20 Agustus 2018 antara lain Marcella Zalianty dan Wanda Hamidah.

Teks : Dessy Rahmawati

Facebook Comments