‘Nagari’ Wujud Kerinduan Ria Miranda Pada Kampung Halaman

Jakarta, Kirani – Indonesia dan lebih dari 200 negara di dunia kini tengah menghadapi pandemi atau wabah virus corona yang juga disebut dengan Covid-19. Masyarakat pun diminta untuk menerapkan physical distancing dan bekerja dari rumah.

 

Sudah lebih dari satu bulan masyarakat melakukan aktivitasnya #dirumahaja. Namun dalam keterbatasan gerak di tengah pandemi ini, beberapa orang masih terus berusaha untuk berkarya, salah satunya adalah Ria Miranda. Bersama brandnya RiaMiranda, desainer busana muslim ini tetap menghadirkan koleksi modest fashion bagi para konsumen setianya juga pemerhati fashion.

 

Raya Collection 2020 – Nagari by RiaMiranda

 

Koleksi terbaru yang diberi nama Nagari – Raya Collection 2020, ini pun diperkenalkan kepada awak media pada Selasa, 21 April 2020, melalui RiaMiranda Digital Showcase, sebuah acara digital collection preview dan konferensi pers digital yang digelar melalui aplikasi teleconferencing ZOOM.

 

Digital showcase ini merupakan salah satu upaya Ria Miranda untuk menunjukkan kehadirannya di ranah fashion, di tengah era physical distancing.
Budaya Minang selalu menjadi inspirasi Ria Miranda dalam menyambut Hari Raya. Pada koleksi Raya 2020, kerinduan Ria untuk pulang ke tanah kelahirannya, Padang – Sumatera Barat, ini terlihat jelas. Ragam motif tenun songket serta batik Sumatera Barat mendominasi koleksi Nagari, yang diambil dari bahasa Minang dan memiliki arti Negeri ini. Sementara itu, pemilihan Rumah Gadang dan kelok Sembilan dalam bentuk motif serta teknik sulam dan bordir, membuat koleksi ini layaknya busana tradisional khas Sumatera Barat sesungguhnya.

 

Raya Collection 2020 – Nagari by RiaMiranda

 

“Berbeda dengan koleksi Minang yang pernah aku buat, eksplorasi kal iini lebih dalam dan beragam karena menonjolkan budaya tanah kelahiranku dari berbagai aspek. Saat pembuatan koleksi ini, aku igin memberikan nyawa dan rasa rinduku pada Minang. Dalam situasi pandemi seperti sekarang, akuselalu berdoa setiap kal imelihat dan mengenakan koleksi Nagari. Wahai Ibu Pertiwi, lekaslah sembuh dari wabah ini,“ papar Ria Miranda.

 

Kekayaan budaya dalam koleksi Nagari juga hadir dalam busana seluruh keluarga, yaitu busana untuk anak perempuan, anak laki-laki dan pria dewasa. Saat tradisi dan budaya bersatu padu, kehadirannya mampu menorehkan banyak kisah dan pelajaran hidup yang mendalam.

 

 

Teks Setia Bekti | Foto RiaMiranda



 

Facebook Comments