Jakarta, Kirani – Era digital telah membawa perubahan yang sangat besar terhadap kehidupan sehari-hari. Sebagian orang masih melakukan penyesuaian, sebagaian lagi telah mendapatkan keuntungan dari perubahan ini. Salah satunya adalah Meissie, atau lebih dikenal melalui akun media sosial Itsmeissie. Keisengan mengunggah video di media sosial menjadi babak baru dalam kehidupan perempuan usia 25 tahun ini. Kini, dengan 15 juta subscribers di akun YouTubenya, Meissie bergabung dalam YouTube Shopping Affiliates yang membuka kesempatan baginya untuk mendapat pendapatan tambahan.
Karir Meissie sebagai kreator YouTube dimulai ketika dirinya pertama kali mengunggah video pada Juli 2021. Alumni jurusan Komunikasi ini banyak menghabiskan waktu di rumah sambil berusaha mendapatkan pekerjaan tetap. Waktu luang tersebut dimanfaatkannya untuk mengakses dan menonton video di media sosial. Terinspirasi untuk membuat sendiri, ternyata videonya diminati oleh para penonton. Melalui akun YouTubenya, Meissie banyak menyajikan beragam konten kreatif, mulai dari vlog daily dan traveling, review produk yang unik dan seru, hingga konten jenaka lainnya. Kini dengan akun YouTubenya yang semakin besar, video Meissie tidak lagi hanya berisi ulasan rekomendasi produk, tetapi ia juga menyematkan link produk Shopee untuk bisa membantu penontonnya menemukan dan membeli produk tersebut dengan mudah lewat program YouTube Shopping Affiliates.
“Dengan proses yang mudah, aku bisa mendapatkan penghasilan tambahan hingga 15% lewat komisi program YouTube Shopping Affiliates dan Shopee. Menjadi seorang konten kreator adalah hal yang tidak terduga, dan justru membuat aku bisa menggali potensi dalam diriku yang tidak aku tahu sebelumnya.” Ujar Meissie.
Sempat berpikir akan menjadi karyawan kantoran, Meissie tak menyangka malah menjadikan akun YouTube ini sebagai penghasilan utama. “Ditambah lagi dengan kehadiran YouTube Shopping Affiliate sejak akhir tahun lalu, aku bisa dapat komisi tambahan dengan menambahkan link produk Shopee di videoku untuk bantu penontonku yang mungkin tertarik untuk beli. Komisinya lumayan banget, sedikit-sedikit lama-lama bisa jadi bukit,” lanjutnya.
Meraup kesuksesan bersama YouTube Shopping Affiliates dan Shopee
Siapa bilang jadi konten kreator itu susah? Bagi Meissie, siapa saja bisa memulai perjalanan bersama YouTube, kuncinya adalah konsisten dan pantang menyerah. Meissie mengungkapkan proses sederhana yang ia lalui dalam membuat konten.
- Mencari Ide Konten dari Barang Unik dan Aneh
Meissie memulai proses pembuatan konten dengan mencari ide dari barang-barang yang unik, aneh, atau lucu yang jarang ditemukan di pasaran. “Biasanya kalau lagi cari ide konten, aku suka scroll Shopee biar ketemu inspirasi produk unik yang bisa aku review. Barangnya gak harus mahal, karena yang murah pun banyak banget yang menarik! Biasanya aku dan followers aku menyebutnya sebagai ‘barang random’. Contohnya aku pernah battle review hair curler, dimana aku mencoba kedua produk di rambut aku bagian kanan dan kiri. Selain mencontohkan cara pakai dan menunjukkan hasil dari keduanya, aku juga mencantumkan link produk di Shopee sehingga para penonton bisa langsung memilih dan membeli produk mana yang lebih sesuai kebutuhan mereka.”
2. Merekam Video di Rumah dengan Alat Sederhana
Setelah barang tersebut diterima, langkah selanjutnya adalah proses unboxing. Konten Meissie biasanya dimulai dari merekam momen membuka paket sembari memberikan video reaksi, sebuah langkah yang sederhana namun efektif. Peralatan yang ia butuhkan pun cukup mudah: kamera ponsel, ruang terang yang kedap suara, dan produk yang akan di-unboxing. Ketika merasa ada bagian dalam konten yang kurang memuaskan, ia akan melakukan perbaikan dan merekam ulang videonya.
3. Mengedit Konten dengan Aplikasi Sederhana
Setelah merekam konten, dilanjutkan dengan proses editing video. Ia menggunakan aplikasi editing sederhana dan mudah untuk diakses oleh semua orang, atau bahkan langsung menggunakan aplikasi YouTube Shorts untuk membuat video yang cepat dan menarik. “Teknik editing yang digemari subscribers aku itu yang cepat dan banyak cutting, fokus di bagian zoom-in zoom-out, dan pakai sound effect lucu-lucu, bisa juga pakai auto-caption untuk memberikan kesan yang menghibur,” ujarnya.
4. Menciptakan Beragam Jenis Konten
Selain konten review dan unboxing ‘barang random’, Meissie juga sering membuat berbagai jenis konten lain, seperti dance trend, bermain filter aplikasi, travel vlog, “a day in my life”, hingga momen makan malam-malam. Keberagaman konten ini memberikan variasi yang menarik bagi para penonton, serta meningkatkan engagement.
5. Menyesuaikan dengan Target Audiens
Tiap kreator memiliki gaya atau konsep konten yang berbeda, dan menurut Meissie, konsep tersebut sangat bergantung pada karakter pribadi. Sebagai seorang yang memiliki sifat ceria, ia menciptakan persona diri yang lucu dan seru. “So far audiens aku banyak yang lebih suka kalo aku bikin video mainan atau video yang seru-seruan. Audiens aku kebanyakan anak muda yang di bawah umur aku, dari anak TK-SMA dan anak kuliahan. Dan karena aku sering beli barang khas cewek, audiens aku juga 70% perempuan, karena pasti kan kita kalau nonton konten akan lebih memilih postingan yang relate sesuai dengan minat kita. Nah maka dari itu penting untuk menciptakan konten yang relevan dan sesuai dengan animo penonton aku.”
6. Memberikan Rekomendasi Produk
Semenjak bergabung dalam program YouTube Shopping Affiliate, Meissie tidak pernah lupa untuk menambahkan link produk Shopee di dalam videonya sehingga para penonton bisa langsung membeli produk yang muncul di konten videonya tersebut. “Ibaratnya gini, kita postingvideo yang banyak dan tinggal taruh aja link keranjang, siapa tau ada yang klik dan checkout. Sesimpel itu dan bisa otomatis dapat komisi! Dan pakai Youtube Shopping Affiliates juga mudah banget sih, karena tinggal copy paste link Shopee dan taruh di product tag sebelum kita upload videonya di YouTube. Selama ini, untuk produk yang paling banyak dibeli sama audiens aku itu buku stiker dan gelang craft, dan blind box,” ujar Meissie.
“Aku senang dan bangga sekali semenjak mulai jadi konten kreator. Selain bisa punya pekerjaan yang fleksibel, penghasilan yang aku dapatkan juga luar biasa dan pertemanan aku makin luas karena aku jadi kenal banyak orang-orang hebat yang ada di industri ini. Tapi aku tidak pernah lupa dan selalu terapkan mindset kalau aku bisa beli sesuatu yang aku inginkan, jangan lupa untuk di video-in. Siapa tau bisa jadi sumber pendapatan dan balik modal lagi kalau aku rekomendasiin produk nya lewat YouTube Shopping Affiliates,” tutup Meissie.
Bagi para kreator yang ingin mengikuti jejak sukses Meissie, bisa bergabung dengan YouTube Shopping Affiliates!
Teks: Setia | Foto: Shopee